Inilah Cara Install Windows 8.1 Pada Laptop Agar Berjalan Lebih Cepat

Cara Lebih Cepat Install Windows 8.1 – Selamat sore sahabat mykiosdriver.net semua, setelah  sebelumnya saya sudah share 5 Kelebihan Windows 8.1 yang membuat saya enggan untuk kembali menggunakan Windows 7, maka pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara melakukan Clean Install Windows 8.1 pada Laptop Acer Aspire 4250 dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Cara Instalasi Windows biasa.

Dulu saya biasanya membutuhkan waktu 20-30 menit untuk setiap instalasi windows menggunakan DVD sebagai Installernya. Namun setelah menggunakan cara ini, proses instalasi Windows hanya butuh waktu 15 menit saja.

Untungnya dengan perkembangan teknologi membuat kita tidak perlu lagi menunggu sebegitu lamanya saat melakukan install ulang windows, karena sudah ada sebuah program yang memungkinkan Flashdisk menjadi pengganti keping DVD installer Windows yang sebelumnya menjadi satu-satunya media untuk instalasi.

Universal USB Installer adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan instalasi Windows menjadi lebih cepat menjadi kenyataan.

Keberadaan metode baru dalam instalasi Windows ini juga akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki Netbook.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Netbook tidak memiliki DVD Rom sehingga dengan hanya menggunakan Flashdisk, pemilik Netbook tidak harus mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli DVD Rom eksternal.

Persiapan Sebelum Menginstall Windows 8.1 Menggunakan Flashdisk
Ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan sebelum mulai menjalankan instalasi Windows 8.1 menggunakan Flashdisk diantaranya :

# File ISO Windows 8.1 – Bagi yang sudah terlanjur memburning file ISO Windows 8 pada DVD, ada baiknya DVD tersebut anda Convert dahulu menjadi format ISO menggunakan Ashampo Burning Studio.

# Flasdisk minimal 4 GB atau Lebih – Apabila didalam flashdisk masih ada data-data penting tersimpan sebaiknya pindahkan dulu untuk sementara Waktu.

# Universal USB Installer – Link download dan tata cara merestore File ISO Windows 8 kedalam flashdiks bisa dibaca disini.

# Laptop Yang Support Windows 8.1 – Carilah informasi apakah laptop atau komputer anda sudah support dengan sistem operasi Windows 8.1 Anda bisa mengunjungi situs resmi produsen dari perangkat komputer atau laptop yang digunakan. sebelum instalasi saya mengunjungi situs resmi Acer untuk melihat apakah Driver untuk laptop saya tersebut tersedia untuk Windows 8, dan untungnya driver untuk Laptop Acer Aspire 4250 tersedia.

Cara Install Windows 8.1
# Konfigurasi BIOS - Tancapkan Flashdisk pada Port USB kemudian nyalakan laptop dan masuk BIOS. Untuk masuk kedalam BIOS masing-masing merk punya cara yang berbeda. Laptop merk Acer menggunakan tombol F2 untuk masuk kedalam BIOS, sedangkan laptop dengan Merk Lenovo Menggunakan kombinasi “FN+F2”.

Setelah masuk kedalam BIOS aturlah agar booting pertama flasdisk adalah hardware pertama yang dibaca. Untuk laptop merk Acer mengunakan tombol F5 da F6 untuk memilih peragkat yang akan dibaca pertama kali, sedangkan untuk Laptop merk Lenovo menggunakan kombinasi “FN+F5 dan FN+F6”.
Install Windows 8
Boot Priority

# Tahap Install – Pada tahap ini langkah instalasi windows kurang lebih sama dengan proses install Windows 7. Untuk lebih lengkapnya perhatikan gambar berikut :

Install Windows 8

# Pilihlah bahasa yang akan diinstall, namun secara default menggunakan English USA dan untuk tahap ini kita next saja.

Install Windows 8

# Klik tombol Install dan lanjut ketahap selanjutnya 

Install Windows 8

# Masukkan serial yang Valid - Serial Windows ini biasanya terdiri dari 25 karakter yang terdiri atas kombinasi angka dan huruf. Saat memasukkannya tidak perlu memisahkannya dengan spasi atau tanda strip, karena setelah lima angka dimasukkan sistem akan menyesuaikannya.

Perhatikan pula tombol Next yang ada disamping kanan bawah, sebelum serial yang dimasukkan benar (Valid), maka tombol Next tersebut tidak akan muncul.


# Jika serial yang sudah dimasukan Valid, maka tahap selanjutnya masuk EULA. Pada tahap ini kita langsung SKIP dan klik tombol Next.


# Which of Type Instalation Do You Want ? - Saat masuk tahap ini saya menggunakan Custom : Install Windows Only (Pilihan Kedua).

Dan akan ditampilkan partisi yang ada pada laptop. Klik partisi yang akan kita gunakan sebagai partisi tempat Windows 8.1. Karena saya sebelumnya telah menggunakan Windows 7, maka saya akan memformat terlebih dahulu partisi Windows 7 kemudian klik tombol Next.


# Tahap selanjutnya dari Instalasi Windows 8.1 adalah proses pengcopyan file dari flashdisk kedalam partisi yang kita pilih sebagai partisi sistem yakni Local Disk C.

Pada tahap ini pula keunggulan install ulang Windows dengan menggunakan Flashdisk terasa, proses copy yang bisa memakan waktu yang cukup lama, akan berjalan sangat cepat.

Apalagi prot USB yang kita gunakan adalah Port USB 3.0 yang kecepatan transfernya 10x lebih cepat dari port USB 2.0.


# Setelah proses Copy selesai, sistem akan melakukan Restart dan aturlah BIOS agar Harddisk menjadi Boot Priority (yang dibaca pertama kali), dan sampai tahap ini flashdisk sudah bisa dicabut dari port USB.


# Setelah Restart maka akan muncul logo berupa ikan dan masuk ketahap Personalize yang bisa anda atur sesuai dengan keinginan yang dinataranya meminta anda memberi nama perangkat (Komputer Name) setting waktu, Windows Update dll.


# Proses Installing Apps adalah proses instalasi aplikasi bawaan yang bisa memakan waktu beberapa menit dan setelah itu anda bisa masuk kedalam tampilan awal Windows 8.1 yang keren.


Itulah Step demi step Proses Instalasi Windows 8.1 pada laptop walaupun sebenarnya kita belum bisa sepenuhnya menggunakan laptop dengan optimal karena harus menginstall driver dan aplikasi terlebih dahulu. Untuk laptop acer anda bisa membaca tutorial lengkapnya disini.

Share Jika Artikel Ini Bermanfaat...!!!

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Cara Install Windows 8.1 Pada Laptop Agar Berjalan Lebih Cepat"

Post a Comment