Panduan Lengkap Update Otomatis Driver VGA AMD Radeon Pada Laptop

Panduan Lengkap Update Otomatis Driver VGA AMD Radeon Pada Laptop - Pada saat anda telah selesai melakukan install ulang system operasi windows, saya ingatkan bahwa “Anda Belum Bisa Menggunakan laptop Tersebut Untuk Menjalankan Beragam Aktifitas Komputasi”..

Mengapa ?

karena ada satu tugas lagi yang harus anda selesaikan yaitu menginstall driver yang kompatibel untuk masing-masing hardware pada laptop .

Tanpa driver yang kompatibel, hardware didalam laptop tidak akan bisa berfungsi secara optimal, akibatnya : Laptop cenderung lambat, monitor tidak bisa menampilkan gambar dengan resolusi maksimal, kualitas gambar jelek, terkadang tidak bersuara ( biasanya terjadi pada system operasi windows lawas seperti windows xp) dsb.

Salah satu hardware utama yang harus segera mendapatkan driver terbaru adalah hardware VGA. Karena hardware inilah yang bertanggung jawab atas kualitas gambar yang ditampilkan pada monitor.

Walaupun setelah install ulang windows, monitor Laptop langsung bisa menampilkan gambar, kualitas gambar yang ditampilkan sangat rendah.

Hal tersebut disebabkan karena driver yang digunakan masih bersifat universal dan merupakan bawaan windows, hanya sebatas membantu sampai kita mendapatkan driver yang kompatibel.

Terkait dengah hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan tentang bagaimana menjalankan update driver VGA, khusunya VGA AMD radeon secara otomatis.

Otomatis yang saya dimaksud, anda tidak perlu mengetahui secara persis spesifikasi VGA AMD yang anda gunakan,

Untuk itu pada saat menjalankan update kita menggunakan jasa sebuah program yang akan melakukan sebagian besar tugas tersebut.

Selain itu, saya juga menyertakan cara alternative yang bisa anda gunakan apabila cara pertama mengalami kegagalan, dan itu akan dibahas nanti setelah topic utama telah selesai kita bahas.
Tetapiiii, ada satu masalah lagi !

Bagaimana cara mengetahui sebuah Laptop menggunakan VGA dari AMD ?, bagaimana kalo Laptop tersebut tau-taunya menggunakan VGA dari nvidia atau intel ?

Tenaaaang…. untuk masalah tersebut sudah ada solusinya, dapatkan panduannya dengan membaca artikel saya sebelumnya tentang Tehnik 3T Untuk Mengetahui Spesifikasi VGA Laptop

Mari berkenalan dengan program AMD autodetect
Tujuan yang ingin dicapi oleh AMD sehingga merilis program pintar ini adalah untuk membantu para pengguna produk VGA AMD yang tidak begitu mengerti akan seluk beluk Laptop secara rinci, sebagai contoh ya driver VGA ini.

Yang mereka ingin hanya masalah mereka segera selesai tanpa harus banyak mikir dan prosesnya juga harus cepat.

Program pintar yang bernama AMD autodetect memungkinkan kita mendapatkan driver AMD catalyst terbaru hanya dengan melakukan beberapa klik mouse dan progam ini secara otomatis akan mencari driver yang kompatibel dengan spesifikasi hardware dan software yang Laptop kita gunakan.

Bagaimana Cara penggunaan AMD Autodetect…?

Download terlebih dahulu program AMD Autodetect yang memiliki ukuran kurang lebih 4 MB saja pada link berikut http://www2.ati.com/drivers/auto/amddriverdownloader.exe , lalu jalankan program dengan izin sebagai administrator.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut yang akan menjelaskan step demi step penggunaan program AMD autodetect.

gambar 1

Gambar 1 Adalah tampilan awal program saat dijalankan, terdapat tombol “browse” pada bagian atas yang fungsinya untuk mengatur lokasi penyimpanan driver yang akan didownload (biarkan dilokasi default ).

Pada pojok kiri bawah terdapat keterangan ukuran file dan ukuran ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstall driver. Untuk memulai proses download driver klik tombol “install”.
Gambar 2

Gambar 2 adalah screenshot dari jalannya program pada saat mendowload driver VGA yang Laptop kita perlukan.

Cepat atau tidaknya proses ini tergantung dari kecepatan internet yang anda gunakan. Apabila proses download telah selesai klik “finish”.
Gambar 3

Gambar 3 menunjukkan proses instalasi driver VGA berlangsung, kita cukup mengikuti instruksi yang diberikan oleh progam sampai proses install selesai.

Gambar 4

gambar 4 menunjukkan proses instalasi driver telah selesai dan Laptop akan menginstruksikan untuk melakukan restart agar system operasi [ Windows] dapat menyesuaikan diri dengan hardware baru yang telah resmi terbaca dan siap digunakan untuk menampilkan gambar pada monitor anda dengan resolusi dan kualitas maksimal sesuai spesifikasi, yang artinya “Misi Sukses”.

Setelah membaca panduan diatas, tentu anda ingin segera mencoba dan menggunakan program autodetect dari AMD.

Namun ada beberapa kekurangan dari program AMD Autodetect yang wajib saya sampaikan kepada anda sebelum anda memaki-maki saya dikemudian hari karena setelah mencoba, ternyata programnya tidak sesuai dengan harapan.

Kekurangan Program AMD Autodetect
  1. AMD autodetect Membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, karena seringkali proses download harus diulang dari awal padahal sudah mencapai 70% karena jaringan internet tiba-tiba down. Selain koneksi internet yang cepat, kuota internet juga harus cukup [ bagi yang menggunakan modem] setidaknya tersedia 1 GB paket data untuk mendownload installer driver yang berukuran 200 MB lebih.
  2. Tidak ada backup file installer yang dapat kita gunakan nanti apabila melakukan install ulang, itu artinya harus mengulang dari awal untuk mendownload driver
  3. Program ini hanya dapat digunakan untuk mendownload driver VGA dari Laptop yang menjalankan program. Misalnya ada dua Laptop yakni laptop merk A dan Laptop Merk B yang sama-sama menggunakan VGA AMD, sedangkan yang terkoneksi keinternet hanya laptop A, maka program tidak akan bisa digunakan untuk mendownload driver VGA untuk Laptop merk B melalui laptop Merek A.
  4. Laptop yang menjalankan Program AMD Autodetect harus bisa terhubung ke internet. Artinya driver Wifi dan LAN harus sudah terinstall. Bagaimana jika kedua driver tersebut belum terinstall ?. Untuk masalah tersebut bisa kita atasi dengan Cara Alternative Ketiga,,jadi baca terussss.
  5. AMD autodetect hanya dapat berjalan pada system operasi Windows. System operasi lain seperti Linux hanya tersedia link download manual, namun masih terbilang cukup mudah untuk diikuti panduannya.
  6. Program ini mengalami Error saat dijalankan di system operasi Windows 8.1. pada saat dijalankan muncul pesan “cant connect to AMD Web Service”. Hal ini pernah saya tanyakan pada Admin situs resmi AMD namun belum mendapatkan jawaban. Apabila ada penjelasan resmi dari AMD akan saya posting segera pada artikel ini atau artikel khusus yang akan membahas masalah tersebut. Sedangkan untuk sistem operasi Windows 7 dan 8 program ini berjalan dengan baik.
Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan dari program AMD autodetect, apakah anda masih ingin mencoba menggunakannya ?, jika anda sudah terlanjur menggunakan namun mendapat masalah seperti point 6 , maka lanjutkan untuk membaca artikel ini sampai selesai karena masih ada dua alternative yang dapat anda gunakan.

Pesan Error Saat digunakan

Cara Alternative 1, Download Manual
Mau tidak mau, suka tidak suka cara alternative yang akan saya jelaskan adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan apabila panduan pertama yang telah dijelaskan diawal mengalami kegagalan.
 
Meskipun agak sedikit ribet, namun cara ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh metode pertama yang antaralain :
  1. Pada saat mendownload driver kita bisa mempercepat proses download dengan memanfaatkan program download manager seperti Internet Download Manager atau Orbit . Dengan menggunakan program tersebut, proses download bisa distop jika ada masalah koneksi dan melanjutkannya nanti.
  2. Dengan mendownload manual, anda punya cadangan driver yang sewaktu-waktu dapat anda gunakan kembali apabila melakukan install ulang windows.
  3. Bebas didownload menggunakan laptop apa saja [ bahkan smartphone juga bisa ] meskipun laptop yang digunakan untuk mendownload file adalah laptop dengan VGA dari Intel atau Nvidia sekalipun.

Panduan Mendownload Driver VGA AMD Radeon Secara Manual
Agar panduan ini tidak seribet seperti yang saya sebut-sebut dari awal, saya akan menambahkan gambar yang dapat anda ikuti, sehingga cara alternative yang sebelumnya saya sebut ribet menjadi lebih gampang.

Gambar 1

Gambar 1 menunjukkan tampilan situs amd dengan kategori driver yang menjadi tempat untuk mendownload driver yang dibutuhkan oleh pengguna produk AMD.

Gambar 2

Gambar 2 menunjukkan form isian yang wajib kita isi pada saat menggunakan metode manual. Cara mengisi formulir adalah sebagai berikut :

1.    Klik tombok Panah pada Opsi “Please Select Value”, dan akan muncul beberapa opsi yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda dengan catatan :
  •  Pilih Notebook Graphics jika anda ingin mencari driver untuk laptop
  •  Pilih Desktop Graphics jika driver yang ingin anda download adalah driver VGA untuk Laptop Built Up yang menggunakan VGA AMD
  •  Pilih APU apabila anda ingin mendapatkan driver untuk procesor AMD yang menggunakan teknologi Grafis APU
Secara umum, tiga opsi itulah yang paling sering digunakan. Agark ribet seperti yang saya bilang dari awal bukan ?. lanjut ke form yang ketiga

Gambar 3

2.    Untuk opsi “select the  Product Family your product belongs to” dan “select your product” silahkan disesuaikan dengan spesifikasi VGA yang anda gunakan. Lagi-lagi saya harus membuat anda pusing,,cek kembali caranya dengan membaca panduan ini

3.    Ketiga dan terakhir, silahkan anda pilih sistem operasi atau versi Windows yang laptop anda gunakan, jangan sampah salah membedakan sistem operasi versi 32 atau 64 bit.

4.    Selanjutnya klik “Display Result”, lalu tunggu beberapa saat sampai situs membawa anda ke link download driver yang sesuai dengan parameter yang anda masukkan di form isian tadi.

Setelah selesai anda mendownload filenya [driver vga ] langsung install pada laptop...Misi kedua Suksess.

Cara Alternative 2, Menggunakan Program Detect Driver
alternative kedua yang akan saya sampaikan kali ini memang tepat berada pada urutan paling buncit, karena dari segi kemudahan download, kita harus berfirkir 2X jika ingin mendapatkan program detect driver yang memang benar-benar handal.

Program detect driver yang paling baik saat ini adalah Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP.

DRP terbaru saat ini adalah edisi 2016 yang memiliki ukuran file sekitar 10 GB lebih. Bisa dibayangkan berapa lama waktu dan uang yang akan anda habiskan jika mendownload program ini menggunakan modem.

Selain faktor ukuran file yang terlampau besar, faktor keamanan menjadi masalah serius Malwarebytes.org  yang merupakan produsen antivirus memasukkan DRP kedalam program yang berbahaya karena berpotensi menulari sistem dengan aneka macam malware dan adware.

Berbeda dengan Malwarebytes.org, Kaspersky Lab yang mana berisi para ahli yang faham akan segala bentuk ancaman Cyber menganggap program ini aman untuk digunakan, terbukti dengan masuknya Driver Pack Solution sebagai Whitelist program mereka.


kaspersky lab whitelist
kaspersky lab whitelist

Meski ada yang pro dan kontra dengan program ini, sebagai pengguna biasa tentu kita tidak terlalu ambil pusing dengan hal tersebut, tetapi selalu bersikap hati-hati juga perlu.

Untuk penggunaan personal seperti kita, ada beberapa keuntungan yang kita dapat dengan menggunakan DRP seperti :

  1.  Bisa menjadi aset, karena kelebihan yang dimiliki program ini adalah database driver yang super duper lengkap, sehingga sebagian besar permasalahan driver komputer dapat diselesaikan tanpa pandang merk hadware dan sistem operasi.
  2. Program ini mudah digunakan, karena dengan melakukan beberapa klik mouse saja, driver yang belum terinstall yang ditandai dengan tanda seru kuning pada device manager langsung terbaca dan terinstall
  3. Didalam program terdapat paket aplikasi yang bisa kita install pada saat menginstall driver seperti Antivirus, browser internet, tool system dll, sehingga lebih hemat waktu karena dua proses dijalankan secara bersamaan. 
  4. Program ini sangat cocok bagi anda yang menyediakan jasa install ulang windows, akan sulit jika laptop pasien yang tidak memiliki driver harus anda download manual drivernya satu-persatu.
  5. Bagaimana menurut anda alternative kedua diatas, apakah anda berminat untuk mengunakan program DRP ?, jika iya silahkan download pada link berikut http://drp.su/

Sebenarnya DRP bukanlah satu-satunya program yang bisa mendetect driver dengan baik, karena masih ada program –program lain dengan fungsi sama dan punya kelebihan masing-masing.
Berhubung artikel sudah terlalu panjang, maka topik tersebut akan saya kupas pada artikel selanjutnya.

Pastikan anda Menyukai Fans Page Facebook Mykios Driver Untuk Menjadi Yang Pertama Mendapatkan Aneka Panduan Yang Akan Menambah Pengetahuan Anda Seputar Komputer dan Sistem Operasi Windows

Yang Rada Mirip:

20 Tanggapan untuk "Panduan Lengkap Update Otomatis Driver VGA AMD Radeon Pada Laptop"

  1. Replies
    1. sama-sama gan,,senang artikel saya bisa membantu

      Delete
  2. Replies
    1. pasti bisa gan..kalo jaringan internetnya stabil

      Delete
  3. Replies
    1. cek koneksi internetnya gan..sudah sya coba dan sukses

      Delete
  4. GK MAU KELUAR MENU INSTALLNYA PADAHAL UDAH SELESAI DOWNLOAD

    ReplyDelete
    Replies
    1. semestinya bisa gan..tapi kalo mentok pake manual aja http://support.amd.com/en-us/download

      Delete
  5. download failed http 504 itu kenapa

    ReplyDelete
  6. gan,kok gak bisa padahal internet saya sudah cepat,ada tulisanya (could not connect to server)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semestinya bisa gan,, kalo boleh tau os windows versi berapa ?...cara lain pake manual aja gan http://support.amd.com/en-us/download

      Delete
  7. gan kalo instal harus unninstal yg lama kah?

    ReplyDelete
  8. Gan kok saya liat di program and features buat uninstall amd nya ga ada ya ? Maksudnya ga ada bacaan ati catalyst install manager atau adm catalyst install manager ? Tolong pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cek dilaptop saya ada gan,,tingaal saya uninstall saja...coba cek lagi apa sudah diinstall dengan benar drivernya...makasi

      Delete
  9. gan knpa waktu saya klick download ngak bisa download katanya :
    could not conect to serve : the server returned an invalid or unrecognized response di respon ya gan

    ReplyDelete
  10. gan mau tanya... di RUN display ku tertulis ati radeon... saya cari menu seting ati radeonx kok ga nemu yah... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. reinstall drivernya dengan yang terbaru,,,driver mungkin corupt

      Delete
  11. Bang klo download drivernya dari langsung vendor asus gpp kan yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh gan..tapi biasanya drivernya versi jadul namun stabil

      Delete