Panduan Instalasi Driver VGA AMD Radeon HD Terbaru (Lengkap Dengan Gambar)

Cara Praktis Install Driver AMD Radeon Terbaru Plus Gambar – Selamat malam Pembaca Mykiosdriver.net semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana menginstall Driver AMD Radeon terbaru yang kebetulan baru saja selesai saya lakukan.

Sebagai informasi, AMD telah merilis driver terbarunya yang merupakan penyempurnaan untuk driver-driver versi terdahulu. Selain itu driver terbaru dari AMD ini juga akan meningkatkan kemapuan perangkat AMD tertentu seperti Kartu Grafis agar dapat mensupport fitur-fitur yang ada pada judul game terbaru.

Sebelum melakukan proses Install hal pertama yang kita siapkan adalah file Driver itu sendiri.

Untuk mendapatkan driver untuk produk AMD bisa dilakukan dengan 4 (empat) cara yaitu :

  1. Menggunakan Driver dari CD Bawaan, 
  2. Mendownloadnya dari situs resmi produsen Laptop jika menggunakan Laptop, 
  3. Mendownloadnya langsung dari situs resmi AMD atau 
  4. menggunakan Program Deteksi Driver Otomatis.

Mendapatkan Driver Dari CD Bawaan

Setiap pembelian Laptop atau kartu Grafis yang menggunakan GPU dari AMD pastinya kita diberikan sebuah CD yang berisi driver yang kita perlukan agar dapat berjalan pada dengan baik pada sistem operasi yang kita gunakan. penggunaannya sangat mudah, cukup dengan memasukkan CD kedalam CD Rom komuter atau Laptop dan ikuti instruksi yang diberikan.

Gambar CD Driver Bawaan Laptop

Mendapatkan Driver Dari Situs Resmi Laptop

Produsen laptop seperti Asus, Acer, Toshiba, MSI, Dell dll pasti menyediakan halaman khusus didalam websitenya yang berisi kumpulan driver untuk produk-produk yang telah mereka rilis. Beberapa merk laptop pernah saya share tutorialnya kedalam beberapa artikel seperti :

•    Laptop Asus
•    Laptop Toshiba
•    CaMotherboard Gigabyte

Mendapatkan Driver Dari Situs Resmi AMD

Untuk mendapatkan Driver AMD Radeon terbaru dari situs resmi AMD tidaklah terlalu sulit, kita hanya cukup mengetahui spesifikasi dari perangkat Procesor atau VGA Card yang kita gunakan.

jika tidak mau bingung dengan hal-hal sepele tadi, AMD juga telah menyediakan sebuah tool yang dapat mendeteksi VGA AMD yang anda gunakan, kemudian mendownloadnya langsung dari situs resmi AMD.

Selengkapnya tentang tool yang saya maksud bisa dibaca dalam artikelnya disini

Menggunakan Tool Detect Driver Otomatis
Jika anda meluangkan waktu untuk mencari informasi diinternet tentang software untuk mendeteksi driver, anda akan menemukan banyak sekali nama produk software yang akan memberikan kemudahan dalam mendeteksi driver komputer.

Namun hendaknya metode ini digunakan sebagai alternative terakhir karena menurut keterangan dari situs resmi Acer (Karena Saya Menggunakan Produk Acer) program-program tersebut tidak dijamin keamanannya.

Tetapi selama ini saya tidak merasa ada yang salah dengan program-program tersebut, karena sangat bermanfaat untuk mengatasi problem dari produk Komputer Tua yang sudah sulit didapat drivernya.

Saya telah menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari beberapa program deteksi driver yang pernah saya gunakan, dan untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya disini.

Cara Praktis Install Driver AMD Terbaru
Setelah mendapatkan driver AMD terbaru seperti 3 metode awal yang telah terangkan tadi kini tiba saatnya untuk menjalankan instalasi driver.

Untuk cara terahir yakni menggunakan software khusus untuk mendeteksi driver caranya berbeda-beda tergantung softwarenya. Selengkapnya tentang cara instalasi bisa dilihat dari gambar-gambar berikut :
Gambar Penampakan Installer Driver AMD

# Jalankan Installer Driver AMD dengan melakukan Doubel Click pada file setup. 


# Tunggu beberapa saat sehinnga muncul instruksi selanjutnya yang akan memberikan informasi yang berisikan spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan proses install.

Seperti yang gambar diatas informasikan, untuk menginstall driver AMD terbaru setidaknya dibutuhkan 477,9 MB ruang kosong pada harddisk. Sedangkan untuk folder tempat driver terinstall, biarkan defaultnya.


# Driver yang berupa installer tadi akan diextract kedalam harddisk, proses ini membutuhkan waktu yang tidak terlampau lama.



# Instruksi selanjutnya kita diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan, sampai versi yang terahir saya gunakan belum pernah ada yang support dengan bahasa Indonesia, sehingga kita harus cukup puas dengan bahasa Inggris sebagai default bahasa yang digunakan.

Untuk melanjutkan proses instalasi driver AMD klik NEXT


# Untuk metode instalasi, kita diberikan dua buah Opsi yaitu Custom dan Express. Untuk pengguna yang awam seperti saya, sebaiknya menggunakan Mode Express saja, sedangkan bagi yang sudah Expert silahkan pakai Custom. Lanjutkan proses Instalasi dengan klik NEXT


# EULA (End Of User License Agreement) yang artinya persetujuan kita sebagai pengguna terahir dengan pihak AMD sebagai pengembang software. Seluruhnya berhasa inggris dan tidak pernah sekalipun saya baca, untuk itu kita klik ACCEPT (terima) saja (daripada pusing mengartikannya).


# Proses Install berjalan selama beberapa menit, sambil menunggu proses instalasi selesai ada beberapa judul Game yang secara khusus didesain berjalan lebih baik pada produk GPU AMD.

Pada proses ini layar mungkin akan tiba-tiba gelap dan normal kembali, tetapi kita tidak perlu panik karena itu tandanya proses pembacaan hardware VGA sedang berjalan.


# Setelah proses instalasi selesai, klik tombol finish dan kita akan diminta untuk mematikan (Restart) komputer untuk menyelesaikan proses Install.

# Cek apakah driver AMD radeon telah terinstall dengan membuka Device Manager / Display Adapter. Jika pada Display Adapter sudah tertera AMD Radeon berarti instalasi sukses.

Error Saat Instalasi Driver AMD Radeon
Dari beberapa kali mengalami kegagalan dalam menginstall Driver AMD Radeon, setidaknya saya mencatat ada 2 (Dua) hal yang  seringkali menjadi penyebabnya yaitu :

# Driver Tidak Cocok Dengan Hardware – meskipun dikembangkan oleh perusahaan yang sama yakni AMD, namun driver untuk sebuah perangkat tidak dapat digunakan untuk produk AMD yang lain.

Misalnya anda memiliki VGA Card Asus EAH 5450 AMD, driver yang harus digunakan adalah driver untuk perangkat tersebut dan tidak bisa kita pasangkan dengan driver untuk AMD Radeon 6320.

# Driver Tidak Cocok Dengan Sistem Operasi – ketika mendownload sebuah driver untuk perangkat AMD yang penting juga untuk diperhatikan sebelum mendownload driver tersebut adalah sistem operasi yang disupport. Driver untuk Windows XP tidak dapat kita gunakan untuk Windowx 8.1 atau sebaliknya.

Yupz, itulah informasi yang dapat saya bagikan kepada pembaca semua tentang Cara Yang Menurut Saya Paling Tepat & Praktis Menginstall Driver AMD Radeon Terbaru yang sudah saya lengkapi dengan gambar untuk masing-masing proses yang saya harapkan dapat memberi pencerahan kepada anda yang belum mengerti bagaimana Menginstall Driver AMD Radeon dengan benar.

Jangan Share Jika Tidak Bermanfaat...!!!

Yang Rada Mirip: