Cara Update Driver Komputer Windows 10 Menggunakan Device Manager

Cara Update Driver Komputer Menggunakan Device Manager – Perusahaan hardware secara berkala merilis driver baru untuk perangkat yang dibesutnya.

Tujuan mereka (Baca : Produsen Hadware) untuk meningkatkan performa dari produk hardware mereka seperti VGA Card, Sound Card, Chipset,dll. Sebut saja AMD yang sekarang ini telah merilis Driver VGA versi 14.12 yang dapat kita unduh dengan mengunjungi situs resminya yang beralamat di support.amd.com

Apa Manfaat Update Driver
Meski telah dirilis secara berkala dan dapat diunduh secara gratis, tetapi banyak yang acuh dan ogah untuk memperbaharui driver dari produk komputer yang digunakan, karena semua komponen hardware yang ada pada komputer mereka telah berjalan dengan baik yang ditandai dengan tidak adanya Tanda Seru Kuning Pada Device Manager.

Pendapat tersebut tidaklah salah, namun untuk kalangan tertentu seperti seorang Gamers menjalankan update Driver penting sekali untuk menyesuaikan Game-Game rilisan terbaru yang terkadang memiliki fitur yang hanya dapat berjalan apabila menggunakan driver terbaru guna mensupport fitur tersebut.

3 Cara Yang Sering Digunakan Untuk Update Driver
Banyak cara yang kita bisa gunakan untuk menjalankan proses Pembaharuan Driver untuk perangkat hardware yang terpasang pada perangkat komputer kita.

Cara manual menjadi cara yang paling banyak digunakan, dimana kita harus mendownload file driver pada situs resminya terlebih dahulu, memasukkan informasi hardware yang kita gunakan, sistem operasi yang terpasang dan baru kita diberikan link untuk mendownload driver yang kita butuhkan.

Menjalankan Update Driver Menggunakan Program tertentu juga seringkali digunakan guna menghindari yang namanya pengisian form seperti cara manual yang saya jelaskan tadi.

Dengan berbekal program seperti Driver Detective, Driver Genius dll, pengguna sudah bisa menjalankan Update cukup dengan beberap klik saja. Namun kekurangan dari dari metode ini adalah sebagian besar dari program untuk menjalankan Update Driver tersebut adalah software berbayar yang untuk kalangan Gretonger seperti saya tidaklah mampu untuk membeli lisensi dari sebuah program.

Alternative lain yang kita gunakan untuk menjalankan Update Driver adalah dengan menggunakan fitur Device Manager.

Lho bukankah Device Manger sudah ada pada Windows ?. Memang benar, Device Manger adalah tool bawaan windows dan tidak perlu diinstall atau mencari serial atau crack untuk mendapatkan service yang full.

Cara Update Driver Via Device Manager
Yang pertama harus anda siapkan jika ingin menjalankan update dari Device Manager adalah koneksi internet yang lumayan cepat dan stabil. Minimal kecepatan download 50 KB perdetik, alasannya tentu saja driver tertentu seperti VGA misalnya, memiliki ukuran yang besar dan bisa mencapai pulhan bahkan ratusan MB.

Untuk menjalankan proses Update menggunakan Device Manager sangatlah gampang, berikut screenshot cara penggunaannya :

Gambar Device Manager

Gambar diatas adalah screnshoot Device Manger pada sistem operasi Windows 8.1 yang dapat kita akses dengan melakukan Klik kanan pada tombol start Windows 8.1 dan pilih Device Manager.

Gambar Update Driver VGA


Apabila driver yang akan anda Update adalah untuk VGA, cukup melakukan klik kanan pada Display Adapter.

Gambar Update Driver Wifi


Apabila driver yang akan anda Update adalah untuk Wifi, cukup melakukan klik kanan pada Wireless Network Adapter.

Gambar Seacrh Driver Online

Selanjutnya kita akan diberikan dua buah opsi yaitu : Search Driver Online (membutuhkan koneksi Internet) dan Browse Driver from Mycomputer apabila kita sudah memiliki filenya.

Karena pada conoth kali ini kita tidak punya file drivernya, maka pilihlah opsi yang pertama. Apabila driver versi terbaru untuk perangkat hardware yang kita gunakan tersedia, maka secara otomatis Windows akan mendownloadnya langsung dari situs sumbernya

 Jika tidak maka akan ada Notifkasi yang menginformasikan jika Driver yang digunakan adalah versi terbaru.

Kekurangan Update Driver Via Device Manager
Ketika menjalankan proses update via Device Manager maka secara otomatis driver yang telah didownload tadi terinstall didalam sistem.

Akibatnya adalah kita tidak punya cadangan driver terbaru jika suatu saat kita melakukan install ulang. Kecuali setelah menjalankan proses Update, Driver Komputer Kita Back Up sebagai persiapan.

Yups mungkin hanya itu saja yang dapat saya informasikan tentang Bagaimana Menjalankan Update Driver Komputer dengan memanfaatkan fitur Windows Device Manager.

Semoga artikel singkat ini dapat memberikan penjelasan yang cukup kepada anda yang masih bingung bagaimana menjalankan Update Driver Komputer atau Laptop.

Yang Rada Mirip: