Repotnya Install Driver Aspire E1-471G

Biasanya setelah melakukan Fresh install sistem Operasi, khususnya sistem operasi berbasis Windows, hal yang dilakukan setelah itu adalah menginstall Driver, ini penting sekali dilakukan, karena anda dipastikan tidak akan mendapatkan performa yang maksimal jika salah satu hardware tidak berfungsi. Untuk itu disetiap pembelian Laptop atau Motherboard, selalu disertakan CD Driver.

Kemampuan Produk OS Windows Membaca Hardware 

Untuk sistem operasi Window Disetiap Edisinya, pihak Microsoft terus melakukan peningkatan kemampuan mengenali Hardware. Dimulai dari Windows XP, Vista, Windows 7 yang dalam pengalaman saya pribadi telah mampu membaca Driver Audio di tiap Laptop yang saya Install. Windows 8 Lebih Baik lagi, Acer Aspire 4250 Saya Hardware langusng terbaca dengan baik.

Awal Masalah

Akan menjadi masalah baru jika meski memiliki CD Driver bawaan, tetapi tidak terbaca dengan sempurna oleh sistem, inilah yang saya alami beberapa waktu lalu, Acer Aspire E1-471G tidak bisa membaca Driver bawaannya sendiri. Laptop seharga 5 jutaan ini saya pasangkan Windows 7 Ultimate 32 bit.Spesifikasi adalah sbb :
  1. Procesor Core i3 Sandy Bridge 2.0 GHz
  2. RAM 4GB
  3. VGA : GPU Intel HD 3000 1GB dan Nvidia Gforce 780 1GB
  4. USB : 2.0
  5. Hard Drive : 500 GB
Normalnya, saat cd dimasukkan akan muncul autorun yang akan membimbing kita untuk proses install Driver.Tetapi,tidak ada yang ditampilkan, saya mencoba Browse CD manual, tetapi selalu gagal dalam proses Install dan muncul peringatan jika sistem operasi tidak cocok.


Cara Saya Mengatasinya

Hal ini pernah saya alami ketika menginstall driver untuk windows xp di laptop aspire 4250, tetapi jika itu masalahnya, mengapa disitus resmi Acer, Windows 7 32bit masih suport. Untuk itu, cara paling tepat menurut saya untuk mendapatkan Driver yang suport dengan sistem operasi Windows 7 adalah dengan mendowload lagi Driver untuk Aspire E1-471G,khusus windows 7 32bit dari sits resminya, Klik disini untuk mendownload driver Aspire E1-471G dan menginstallnya satu persatu.

Cukup merepotkan memang, tetapi ini untuk menghindari ketidak cocokan driver yang dapat menyebabkan masalah lagi seperti yang sudah saya jelaskan pada posting saya ini.

Proses Instalasi berjalan lancar, dan butuh waktu yang lama karena file dalam ukuran yang lumayan besar, dan kecepatan internet hanya 200 KB/S. Masalah tak berhenti sampai disitu saja, Driver untuk VGA Nvidia tidak terbaca, meski menggunakan Driver dari Acer Driver and Suport. terpaksa mencarinya lagi dengan mengunjungi situs resmi Nvidia.

Untuk menginstall Driver VGA, terlebih dahulu setting pada bios pilihan VGA yang digunakan, jika hanya ingin menggunakan VGA Intel pilih "Integrated", jika ingin menggunakan keduanya Pilih "Switch". Install VGA Intel terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan VGA nvidia, sampai disini semua masalah selesai. Semua berfungsi dengan baik, kecuali PCI yang masih tanda seru kuning di Device Manager. Untuk itu bagi yang memiliki solusi untuk masalah saya ini, sekiranya bisa membagi ilmunya dikolom komentar.

Yang Rada Mirip: