5 Manfaat Melakukan Back Up Driver

 Mengapa Harus Back Up Driver Komputer / Laptop
"Sedia Payung Sebelum Hujan", bunyi sebuah pepatah yang selalu digunakan untuk mengingatkan kita agar selalu mempersiapkan diri sebelum terjadinya sesuatu. 

Sebagai contoh kecil, Jika suatu saat nanti anda melakukan Install ulang tetapi CD Driver Laptop anda hilang atau rusak, pilihan yang kita punya hanya dua seperti yang sering saya sampaikan pada beberapa artikel sebelumnya yaitu :
  1. Menggunakan Software Detect Driver
  2. Download Ulang Driver
Kedua cara tersebut tidak begitu efective saya rasa, karena jika menggunakan Software Detect Driver seperti Driver pack Solution, apakah pada saat anda membutuhkannya anda sudah punya filenya, karena ukurannya yang lumayan besar (6GB untuk versi 13), bisa-bisa Quota internet anda habis untuk mendownload software tersebut, itupun jika proses downloadnya berhasil, kalau tidak..?

Opsi kedua dengan Download Ulang Driver, setali tiga uang dengan cara pertama, anda harus mengunjungi situs resmi produsen laptop yang digunakan, memilih type laptop, sistem operasi dan bla bla bla bla, ukuran file juga patut diperhitungkan, belum lagi jika saat anda ingin mendownload, qouta anda habis atau tidak ada jaringan sama sekali.

Maka sungguh sangat bijak, ketika saat ini komputer atau laptop masih dalam keadaan yang baik, tidak terjangkit virus, semua hardware berfungsi dengan baik dll, anda melakukan back up driver anda agar tidak susah dikemudian hari.

Manfaat Back Up Driver

  1. Rasa Aman
  2. Mudah
  3. Murah
  4. Ukuran File Relatif Lebih Kecil
  5. All In One

Rasa Aman

Aman yang saya maksud tentunya kita tidak lagi perlu khawatir jika nanti harus Install ulang, karena saat anda butuh filenya sudah tersedia. Tidak perlu download kesana kemari, pinjam software sana-sini, pokonya aman.

Mudah

Back Up driver tidak menguasai bahasa program, cukup beberapa klik saja, proses back Up sudah selesai dan dapat kita gunakan dalam kurun waktu yang lama.


Murah

Software yang digunakan bukanlah produk berbayar yang membutuhkan Crack atau serial, yang sebagian besar dari program tersebut mengandung Malware yang berbahaya bagi sistem. 

Ukuran File Lebih Kecil

Perbedaan ukuran antara Driver dari CD bawaan Laptop atau hasil Download dari situs resmi dengan driver back up sangat berbeda jauh. Setelah saya coba, ukuran file yang dihasilkan dari proses backup hanya 70MB, bandingkan dengan file asli yang mencapai ratusan MB. Dengan ukuran yang sedemikian kecil, kita bisa dengan menyimpannya dalam bentuk CD, itupun masih terlalu banyak sisa.

All In One

Yang saya maksud All In One adalah semua hardware yang anda install, semuanya tersimpan dengan hardware laptop, baik itu Printer, Modem, USB, dll. Jika anda mau menyeleksi salah satu Driver saja yang mau anda back Up juga bisa, tinggal anda pilih Third Party Driver saja.


Tambahan

Perlu untuk diketahui jika cara yang saya jelaskan diatas mungkin hanya berlaku pada satu OS saja, maksudnya jika saat anda melakukan back up, anda menggunakan Windows 7, otomatis nanti file hasil back up tadi hanya akan berfungsi jika menggunakan Windows 7.

OS terbaru dari Microsoft juga semakin baru versinya, semakin baik pula kemampuannya dalam membaca Hardware, seperti Windwos 8 yang saya coba pada Laptop Aspire 4250 AMD, semua hardware terbaca dengan baik, namun saya kecewa dengan performa driver VGA yang terkadang tidak begitu bagus dalam menampilkan video dengan resolusi lumayan tinggi.

Ingin segera mempraktekkannya, baca artikel saya tentang cara Back Up driver dengan mudah pada artikel saya berikut ini. 

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Yang Rada Mirip: