Keuntungan Menggunakan USB 3.0

USB 3.0 merupakan standard baru USB yang akan menggantikan pendahulunya USB 2.0. Diluncurkan pada tahun 2008 lalu dan dipelopori oleh Raksasa Teknolgi Amerika Serikat Intel. Teknologi USB 3.0 telah banyak digunakan oleh berbagai Vendor produk elektronik untuk beragam produk, seperti : Hard Disk External, Motherboard, Hard Disk Internal, Flashdisk dll.

Keuntungan Menggunakan USB 3.0

Keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan USB 3.0 adalah tingkat kecepatan transfer data yang makin cepat, dimana kecepatan transfer data maksimalnya dapat mencapat 650 MB/second, mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat jika dibandingkan dengan USB 2.0. 

Selain itu juga, teknologi USB generasi ketiga ini bersifat full Duplex yang memungkinkan proses transfer data berlangsung dua arah, mengirim dan menerima dalam waktu yang sama dengan terus-menerus.

Dengan kecepatan yang sedemikian kencang, file-file dengan ukuran jumbo seperti Film, game dll akan dapat ditransfer dengan cepat ke media penyimpanan. 

UpgradeKe USB 3.0

Lalu, bisakah teknologi USB terbaru ini kita gunakan pada komputer jadul yang masih menggunakan USB 2.0 (Upgrade). Pertanyaan tersebut pernah terfikirkan, dan mencari referensi keberbagai situs yang salah satunya saya temukan ulasannya di PC World, dan disana dijelaskan bagaimana melakukan Upgrade pada komputer agar dapat mengadopsi teknologi USB 3.0.

Secara ringkasnya, motherboard yang akan diupgrade harus memiliki slot PCI Expres, dan tentunya membeli USB 3.0 PCI Card yang harganya sekitar Rp.300-Rp.400.000,. Selain itu juga kita memerlukan driver tambahan agar kartu USB PCI Card dapat bekerja dengan semestinya.

Kekurangan USB 3.0

Belum disuportnya USB 3.0 secara penuh oleh dukungan sistem operasi menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan upgrade atau membeli produk yang menggunakan teknologi ini. Selain itu juga perbandingan harga untuk produk seperti Motherboard, External Hard Drive, USB Drive yang mengadopsi teknologi ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan produk yang masih menggunakan USB 2.0.

Demikian sedikit info tentang USB 3.0, semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama, jika ada yang salah dalam penulisan artikel ini, mohon koreksinya.

Yang Rada Mirip: