Mengapa Komputer/Laptop Saya Selalu Restart Saat Booting

Pertanyaan yang selalu saya tanyakan sendiri ketika PC Desktop jadul kesayangan selalu Restart sendiri saat booting, proses tersebut terus berlanjut sehingga berbagai artikel yang telah saya persiapkan untuk mengisi blog urung saya publikasikan. Hal ini sangat menjengkelkan memang, terlebih lagi jika kita tidak tahu harus berbuat apa.

Komputer, baik itu Laptop atau Desktop PC yang sering mengalami restart sendiri sebelum masuk system dapat kita indikasikan mengalami masalah dalam softwarenya, apa saja yang menyebabkannya ?
  1. Ketidakcocokan Activator (Loader)  Bagi Pengguna Windows 7 KW
  2. Ketidakcocokan Driver VGA

Aktivator (Loader) Yang Tidak Cocok
Sebagian besar dari kita tentu tahu apa itu Activator (Loader), yang merupakan software biasa kita gunakan untuk Aktivasi W7, karena diciptakan secara tidak resmi dan tidak mensuport beragam jenis Hardware, sering sekali system tidak bisa mengenali Hardware yang kita gunakan, sehingga terjadilah Booting yang terus berulang.

Untuk mengatasinya maka kita tidak menggunakan Loader tersebut secara otomatis saat proses Booting, caranya :
  • Booting kembali menggunakan CD Installasi W7
  • Pada saat masuk kedalam menu Instalasi Pilih opsi "Repair your computer". Pilih opsi "Command Prompt". Ketikan " bootsect.exe /nt60 c: " atau " bootsect.exe /nt60 all "
  • Lakukan restart.
Driver VGA Tidak Cocok
Untuk masalah ini tentunya kita harus yakin dulu jika Driver VGA penyebabnya, misalkan booting yang berulang tadi terjadi setelah menginstall Driver VGA setelah Install Ulang.

Maka kita harus menghapus Driver VGA yang sudah terinstall, caranya adalah dengan masuk kedalam system via Safe Mode. Setelah itu baru install driver yang baru dan pas dengan hardware yang kita gunakan.

Untuk menghindari ketidak cocokan Driver VGA, maka sangat dianjurkan menginstall Driver itu selalu menggunakan File Driver dari Bawaan Motherboard atau laptop yang telah diberikan dalam bentuk CD/DVD, atau mendownloadnya langsung dari situs resmi Hardware yang anda gunakan.

Misalnya anda menggunakan VGA AMD, maka kunjungi situs AMD disini, dan perhatikan juga driver yang anda download memang telah pas dengan seri dari Hardware yang anda gunakan.

Saya Tidak Menggunakan VGA Card, Tapi VGA Bawaan Motherboard
Jika itu masalahnya, yang harus anda lakukan juga sama, yaitu mendownload langsung file Driver dari situs resmi Produsen Motherboard yang anda gunakan. Seperti yang telah saya jelaskan dalam artikel cara mencari driver untuk Mobo Gigabyte , baca selengkapnya disini

Motherboard Saya Versi Lama, Dan Tidak Ada Jaringan Internet
Untuk Motherboard versi lama seperti Merk Amptron memang rada-rada susah, karena Amptron Motherboard produk lama yang sudah tidak diproduksi lagi. Terlebih jika jaringan Internet tidak ada. Solusinya kita bisa menggunakan jasa sebuah software yang bernama Driver Pack Solution yang memang sudah teruji keampuhannya dalam membaca hardware dengan baik. 

Jika anda tidak punya, anda bisa minta keteman anda yang memiliki softwarenya, atau pilihan Akhir bawa ketukang Service saja. Dan setelah itu Back Up Driver komputer sebagai persiapan jika nanti harus install ulang lagi.

Yang Rada Mirip: