Mana Yang Lebih Baik, OS 64bit Atau 32bit ?

os 32bit
Gambar Oleh : icdn3.digitaltrends.com
Salah seorang teman saya yang bernama Suryadi Harman yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ditempatku bertanya, Mana yang lebih baik bang, OS yang 64bit atau 32bit untuk Laptop Acer Aspire E1-471G milikku ?

Saya balik bertanya, spesifikasi Laptopnya apa, dia menjawab Laptopnya lumayan bagus, dimana Procesornya menggunakan Intel Corei3 2.0 GHZ, VGA Nvidia Gforce 710 2 GB VRAM, Memory RAM 4GB, Harddisk 500GB,  plus USB 2.0.

Sayapun menjelaskan jika Laptopnya memang sudah cukup rukun untuk jika menggunakan sistem operasi dengan arsitektur 64bit, baik itu sistem operasi Windows, Linux, atau Mac OS X (Hackintosh).

Tanpa fikir panjang, teman saya itupun langsung pergi dan beberapa hari kemudian kembali dengan wajah murung dan mengeluh dimana banyak aplikasi yang biasanya terinstall, namun setelah install ulang dan mencoba menginstallnya kembali mendadak tidak bisa terinstall.

Sayapun menjelaskan kembali jika sistem operasi yang menggunakan arsitektur 64bit memiliki konsekuensi dimana aplikasi yang bisa terinstall juga harus suport dengan OS 64 bit. Betul saja setelah saya cek beberapa aplikasi yang dia punya, kebanyakan dari aplikasi tersebut adalah aplikasi yang hanya suport untuk 32 bit saja. Meskipun banyak pula aplikasi / program yang suport untuk kedua jenis OS tersebut.

Lebih jauh saya jelaskan jika memang benar sistem operasi 64 bit itu kecepatan proses datanya lebih cepat dibandingkan 32 bit. Angka 64 bit itu maksudnya adalah komputer tersebut mampu mengolah data sejumlah 64 bit dalam satu detik, tetapi dengan syarat spesifikasi Hardware juga suport untuk 64 OS.

Untuk Procesor keluaran terbaru, rata-rata sudah suport 64 bit, sedangkan untuk RAM standardnya itu 4GB. Tetapi dari penjelasan berbagai forum diskusi Online yang pernah saya ikuti, seringkali terjadi masalah dalam hal driver yang terkadang tidak cocok dengan OSnya.

Setelah mendengarkan penjelasan saya tersebut, akhirnya diapun kembali mengganti OS pada laptopnya dengan OS 32bit.

Yang Rada Mirip: