Rencana Upgrade Komputer Jadul

Komputer Jadul 

Saya berencana melakukan upgrade terhadap computer jadul saya yang dibeli pada tahun 2009 beberapa bulan kedepan. meski sudah umuran , saya berniat untuk tetap menggunakan computer tersebut dan lebih memilih melakukan Upgrade ketimbang membeli computer dengan  hardware baru ( keterbatasan dana juga menjadi factor utama hehehehe).

Setelah berkonsultasi dengan pemilik toko hardware yang saya kenal,  saya memutuskan hanya ada 3 komponen yang akan mendapatkan upgrade yaitu Motherboard, Memory RAM dan Procesor. Komponen lain seperti VGA card, Power Suply, Casing, DVD Room, Hard Disk Masih layak untuk digunakan.
Alasan melakukan Upgrade
  1. Memory RAM yang saya gunakan pada Motherboard PC chip adalah Type DDR2 yang saat ini sudah sulit sekali didapat,  meski diluar pulau (provinsi) stock masih tersedia, tetapi agak malas untuk memesan jauh-jauh, karena barang lama juga harganya semakin mahal karena langka, toh kedepannya kita mau tidak mau harus berali ke DDR3.
  2. Motherboard juga harus diganti, karena berbeda type memory yang digunakan. Motherboard dengan slot memory DDR2 tidak bisa dipasangi dengan Memory DDR3, selain itu harga yang memory DDR3 lebih murah ketimbang DDR2 yang sudah jarang ditemukan di toko hardware.
  3. Mengganti Procesor hanya bersifat Optional saja, karena masih dapat digunakan asalkan Motherboard yang diganti memiliki socket yang sama dengan processor. Sebagai Info, saya menggunakan Procesor Intel Dual Core 2,20 GHZ (Conroe) LGA 775. Berhubung pemilik toko yang saya kenal masih punya stock Intel Core 2 Duo LGA 775 dan hanya seharga Rp.550.000 saja, saya putuskan sekalian saja ganti Procesor.

Rincian Biaya Upgrade Komputer Jadul

Untungnya harga komponen yang rencananya akan saya beli sangat terjangkau, dan jika dihitung-hitung, biaya yang akan dikeluarkan tidak sampai Rp.2 juta. Sebisa mungkin untuk memilih Hardware yang sudah punya nama seperti Asus atau Cardex untuk Motherboard namun tetap terjangkau.

Motherboard Cardex G41 yang seharga Rp.400.000 menjadi pilihan yang pas atau Asus G41 DDR3 LGA775, karena sudah support memory DDR3. Memory RAM sendiri dengan merk Apacer yang 2GB perkeping hanya seharga Rp.200.000 saja. Jadi total anggaran biaya yang harus dipersiapkan : 400.000+200.000+550.000 =1.150 000 saja. Alangkah baiknya jika anggaran yang disediakan lebih, karena jika sudah sampai toko kebiasaan saya, yang gak ingin dibeli akhirnya kebeli juga, misalnya ingin nambah memory, Fan (Kipas) processor mau ganti dll.

Kesimpulan

Dari hasil hitung-hitungan dan konsultasi, sebaiknya jika anda juga ingin melakukan Upgrade PC seperti yang saya rencanakan, alangkah baiknya lebih teliti lagi dalam mengecek komponen apa saja yang akan di Upgrade, selain itu factor Kompatiblitas hardware yang akan dibeli juga wajib diperhatikan, jangan sampai sudah terlanjur membeli, hardware tersebut tidak dapat digunakan.

Alangkah baiknya untuk memiliki teman untuk diajak konsultasi sebelum membeli, saya pribadi punya keuntungan akrab dengan yang empunya took hardware, jadi bisa nego dan kalau kepepet kekurangan uang, bisa bayar bulan depan wkwkwkwkwkwkwk.

Yang Rada Mirip: