Tips Mengatasi Tanda Unknown Device Pada Device Manager Tanpa Software

Tips Mengatasi Unknown Device Tanpa Software - Setelah menjalankan proses Install Ulang Windows komputer langsung bisa digunakan untuk beragam kegiatan komputasi ringan seperti copy file, mengextract file zip dll. 

Tetapi performa yang diberikan sangatlah terbatas karena hardware yang ada belum dapat bekerja dengan optimal karena Driver Komputer yang belum terinstall, serta masih menggunakan Driver bawaan Windows yang sifatnya Universal. 

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Tanda Seru Kuning Pada Device Manager.

Penyebab Munculnya Unknown Device
Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi ketika Unknown Device muncul pada Device Manager, itu menandakan sistem belum bisa mengenali hardware pada perangkat Komputer anda, sehingga kita membutuhkan driver. 

Saat membeli sebuah perangkat komputer All In One atau Laptop maka kita juga akan diberikan sebuah CD yang merupakan kumpulan Driver untuk perangkat yang kita beli.  

Demikian pula dengan komponen komputer lain seperti VGA Card, Kartu Jaringan, Bluetooth USB pasti disertakan dengan sebuah CD yang sewaktu waktu dapat kita gunakan apabila kita melakukan Install Ulang. 

Program Mengatasi Unknown Device
Jika anda meluangkan sedikit waktu mencari informasi tentang Software yang dapat mengatasi masalah Driver yang belum terinstall dan ditandai dengan banyaknya Unknown Device pada Device Manager, maka kita akan menemukan banyak sekali program maupun situs yang memberikan jasa berupa jasa scan otomatis pada Website maupun jasa sebuah program yang memiliki Kemampuan dalam mendeteksi hardware dengan baik.

Beberapa Program Pendeteksi Driver yang pernah saya coba dan terbukti berhasil adalah Driver Pack Solution, Cobra Driver, dan Sky Driver.

Masing-masing program mempunyai kekurangan dan kelebihan. Cobra Driver dan Sky Driver punya kemampuan yang sangat baik dalam membaca hardware lawas dengan sistem operasi Windows lawas juga seperti Windows XP.

Samapi saat ini belum ada update terbaru yang saya ketahui untuk sistem operasi terbaru seperti Windows 8.

Sedangkan untuk Driver Pack Solution yang sekarang ini sudah ada versi 14, memiliki kelebihan berupada database driver yang lengkap dan mampu membaca hardware baru dan lama dengan sama baiknya.

Namun dengan database yang lengkap, berbanding lurus dengan ukuran file yang dari tahun ketahun semakin membengkak.

Hal ini tentunya akan menyulitkan calon pengguna yang ingin mendapatkannya namun kecepatan internetnya yang standard dan masing menggunakan  modem USB seperti saya.

Tanpa Software Juga Bisa
Sebenarnya menggunakan program untuk mendeteksi driver adalah opsi terahir yang bisa kita gunakan, karena ada cara lain yang dapat kita gunakan yaitu dengan mendapatkan driver-driver yang kita butuhkan dari situs resmi masing-masing produsen hardware.

Sebagai contoh, jika anda menggunakan produk komputer atau laptop dari Acer, anda tinggal mendownload saja filenya disini dan untuk laptop Asus silahkan baca tutorialnya pada artikel Driver Asus.

Ada Cara Lain .???
Saya mengtahui sebuah Website yang beralamatkan di devid.info yang memberikan informasi dan link download untuk driver yang kita butuhkan hanya dengan mencopy device ID hardware yang kita butuh drivernya pada situs tersebut.

Sedangkan untuk Cara mendapatkan Device ID adalah Buka Device Manager dengan Mengklik "Computer / Properties / Device Manager " lalu Klik kanan pada Hardware yang belum bisa terbaca oleh sistem (Unknown Device), pilih Properties sehingga akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini


unknown Device


unknown Device


Setelah anda dapat Device ID copy dan pastekan pada kolom pencarian yang ada pada halaman Web Devid.info, jika ada maka link download untuk hardware yang anda carikan driver ditampilkan. 

Tingkat keberhasilan tergantung dari bisa tidaknya web tersebut mengidentifikasi ID dari hardware anda. Jujur saya belum pernah mencobanya karena mendownload driver dari situs resmi adalah yang terbaik dan tentunya aman.

Yups sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentangn Tips Mengatasi Unknown Device Tanpa Menggunakan Softare / Program Apapun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mencari Driver untuk komputer anda.

Untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang cara mengatasi beragam permasalahan pada laptop, anda dapat membekali diri anda dengan membaca e-book panduan tehnisi yang dapat anda download disini.

Share Jika Artikel Ini Bermanfaat..!!!

Yang Rada Mirip: