Cara Praktis Membuat HD Sentinel Portable Dengan Flashdisk

Seperti yang telah saya uraikan dalam artikel saya sebelumnya tentang software untuk mengecek kondisi hardisk, dalam posting saya tersebut saya memberikan dua buah opsi metode pengecekan, yaitu melalui CMD atau menggunakan software tambahan yaitu HD Sentinel.

Saya tidak akan menjelaskan tentang HD Sentinel yang versi berbayar, karena saya belum coba, yang akan jelaskan kali ini yang versi free (gratis) karena hanya berupa tampilan DOS saja, namun mudah untuk dimengerti.

Menggunakan Media CD

Pertama  download terlebih dahulu softwarenya disini, ukuran file hanya ratusan KB saja, setelah itu buka file yang berbentuk ZIP yang sudah anda download tadi yang berformat ISO. Silahkan burning kedalam CD dan lakukan booting persis saat melakukan Instalasi Windows menggunakan CD atau DVD.

Setting Bios agar membaca DVD Rom pertama kali, tunggu beberapa saat maka akan ditampilkan hasil pengecekan yang dilakukan terhadap hardisk komputer, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.




Angka 100% dan warna wijau tersebut menunjukkan jik hardisk anda dalam keadaan 100% masih bagus dan bebas bad sector, jika kurang dari dari itu maka anda mesti waspada, lakukan back up file selanjutnya jual saja hardisk anda tersebut.

Menggunakan Media Flashdisk

Ukuran file yang terlalu kecil mungkin akan terlihat mubazir jika kita burning kedalam CD yang berukuran ratusan MB, untuk itu akan lebih baik menurut saya jika kita menggunakan media Portable yang bisa kita gunakan kembali.

Caranya Download HD Sentinel untuk USB Drive disini, setelah itu sediakan flahsdik dengan ukuran berapa 1 GB saja dan tancapkan pada laptop yang masih Normal (bukan Laptop atau Komputer yang kita akan cek Hardisknya), itu sudah lebih dari cukup. Kemudian jalankan program yang sudah didwonload tadi hdsdosusb.zip.

Ikuti prosesnya, pastikan nanti anda memilih USB Flashdisk , dan jalankan prosesnya sampai selesai yang seperti gambar berikut ini :


Jika sudah selesai, jadikan flashdisk tersebut sebagai prioritas booting pertama yang anda setting pada bios, sama sperti saat menggunakan media CD tadi.

Yang Rada Mirip: