Tombol Pada Keyboard Sering Macet, Ini Solusinya.

Keyboard adalah salah satu komponen dari laptop atau komputer yang keberadaannya teramat penting dan menjadi salah satu komponen yang dipertimbangkan sebelum membeli laptop dengan merk tertentu. Kenyamanan dalam menggunakan keyboard akan membuat hasil kerja saat mengoperasikan komputer atau laptop semakin baik pula, untuk itu perusahaan seperti Lenovo menaruh perhatian lebih dalam keyboard produk laptop mereka sepert Lenovo G405 yang menggunakan teknologi Accutype yang memungkinkan penggunanya tidak salah ketik (Typo).

Berbicara mengenai kenyamanan dalam menggunakan Keyboard, saya punya pengalaman yang menarik tentang komponen komputer yang satu ini. Saya sering mengalami dimana salah satu tombol pada keyboard laptop sering macet, masih bisa berfungsi namun tekanannya terasa beda karena terasa lebih dangkal dan membuat tidak nyaman. Keadaan ini tentu akan membuat aktifitas mengetik yang mengharuskan kita berurusan lebih lama dengan keyboard menjadi terganggu, sering salah ketik, double clik dll, pokoknya tidak nyaman.

Sebelum tahu penyebabnya, saya biasanya terus menerus menekan tombol yang macet tersebut sampai normal kembali, atau membuka tombol keyboard tersebut dan memasangnya kembali,  meski ada perasaan was-was karena takut rusak, tapi itulah satu-satunya cara yang saya bisa lakukan untuk menormakan kembali tombol keyboard yang macet.

Tapi sekarang sudah tidak lagi, karena setelah diperhatikan dengan teliti penyebab tombol keyboard saya sering macet adalah debu yang menumpuk pada bagian bawah tombol yang berasal dari sekitar ruangan dan abu rokok yang kebetulan terjatuh saat saya mengetik sambil merokok (Kebiasaan Buruk). Saya juga termasuk orang yang  kurang perhatian terhadap kebersihan laptop meski telah memilikinya cukup lama. 

Cara Mengatasinya

Cara satu-satunya agar keyboard laptop lancar kembali tentu saja dengan membersihkan sumber masalahnya yakni debu yang menumpuk pada bawah tombol laptop. peralatan yang digunakan cukup dengan menggunakan kuas dengan ukuran mini dan agar lebih mudah dalam membersihkan sela-sela keyboard yang sempit.

Kuas Pembersih Keyboard
Kuas Pembersih Keyboard
Yang perlu diingat, gunakan kuas yang kering dan tidak dalam kondisi basah, lakukan rutin setiap hari agar tidak ada kotoran yang mengendap dan lama kelamaan dapat menyebabkan keyboard pada laptop rusak dan harus mengeluarkan biaya untuk menggantinya dengan yang baru.

Yang Rada Mirip: