Cara Install Ulang Notebook Agar Dua Kali Lebih Cepat Dibandingkan Dengan DVD Drive

Cara Install Windows Pada Notebook Tanpa DVD RoomMenginstall ulang Windows pada perangkat Netbook memang agak sedikit merepotkan jika dibandingkan dengan menginstall OS untuk perangkat Komputer Desktop atau Notebook. 

 Bukan karena adanya proses Instalasi yang berbeda dengan PC atau Laptop, tetapi karena Netbook tidak memiliki DVD Room yang merupakan sarana yang menjadi sarana utama untuk melakukan Instalasi Sistem operasi (Install Ulang).

Setidaknya itulah yang saya alami ketika mendapat tugas untuk instalasi Windows pada sebuah Netbook sebelum metode Install ulang Windows menggunakan Flashdisk saya ketahui.  

Ya, sekarang kita sudah tidak begitu butuh lagi yang namanya DVD Room untuk Install ulang Windows pada Netbook. Selain itu jika melakukan instalasi Windows dengan menggunakan DVD, proses berlangsung lebih lama, lain hal jika kita menggunakan flashdisk, apalagi Port USB yang laptop miliki adalah port USB 3.0.

Untuk menginstall Windows dengan Flashdisk, kita hanya membutuhkan file ISO dari sistem operasi Windows yang akan kita Install, kemudian file ISO tersebut kita Restore kedalam Flashdisk. 

 Untuk merestore file ISO dari sistem operasi Windows, kita tidak bisa hanya sekedar mengcopy isi dari file image yang kita punya, tetapi perlu program khusus yang akan menjadikan flashdisk memiliki fungsi dan cara kerja yang sama layaknya kepingan DVD Installer Windows.  

Program paling baik yang dapat kita gunakan  untuk membuat Installer Windows dalam bentuk flashdisk, biasanya saya menggunakan Universal USB Installer, sebuah tool gratis yang sebenarnya dikhususkan untuk sistem operasi Linux.

USB Installer

Program ini bersifat gratis, sehingga tidak perlu mencari crack atau serial yang kaya akan malware. Untuk membuat Installer windows via flashdisk, ada 3 langkah yang harus kita lakukan :

  • Memilih Installer apa yang akan kita buat, seperti gambar yang saya upload diatas, saya akan membuat Installer windows 7, jika ingin membuat installer windows 8, anda tinggal mendownload versi terbarunya saja, karena setiap ada sistem operasi baru, update list untuk sistem operasi tersebut akan segera ditambahkan.
  • Selanjutnya, tambahkan ISO windows 7 yang akan anda buat
  • dan yang terahir, pilih apa nama partisi dari flashdisk yang akan anda jadikan sebagai Installer,dan perlu diingat  agar flashdisk usahakan dalam keadaan kosong, karena akan diformat saat proses pembuatan Installer dijalankan, lalu klik tombol create
  • Tunggu proses hingga selesai.
Jika sudah selesai, maka proses Instalasi bisa dilakukan seperti saat anda menggunakan DVD Room. Dan jangan lupa untuk mensetting Bios Netbook agar booting dari flashdisk.

Untuk Program lain yang memiliki fungsi yang sama dengan Universall USB Installer dapat anda download Programnya disini

Share Jika Artikel Ini Bermanfaat...!!!  

Yang Rada Mirip: