Arti Tanda Seru Kuning Pada Device Manager & Cara Menghilangkannya

Pengguna komputer yang masih menggunakan sistem operasi windows XP pasti sering menemukan adanya tanda seru dan tanda tanya yang berwarna kuning pada device manager.

Selain kedua tanda tersebut ada juga tanda silang merah dan tanda panah hitam dalam lingkaran yang menuju kebawah, dua tanda terakhir bisa juga ditemukan pada OS windows terbaru seperti windows 7 hinga windows 10.

Keberadaan tanda-tanda tersebut memberikan informasi kepada kita kalau ada yang tidak beres dengan device yang terpasang pada komputer yang anda gunakan yang akibatnya adalah device tidak berfungsi.

Lalu pertanyaannya, apa maksud dari tanda-tanda tersebut dan bagimana cara menghilangkannya dari device manager ?

Nah..pada kesempatan kali ini saya akan berikan penjelasan atas semua pertanyaan tersebut berikut solusinya.


tanda seru kuning device manager



#1. Tanda Tanya Kuning Pada Device Manager

Pada saat membuka device manager lalu anda menemukan tanda berupa tanda tanya kuning, hal tersebut menandakan perangkat hardware penyusun yang komputer gunakan dapat terdeteksi oleh sistem operasi tetapi tidak dapat membuatnya berfungsi.

Penyebabnya adalah pada sistem belum terinstall driver yang kompatibel yang dibutuhkan sistem agar dapat mengenali hardware, sehingga segala perintah yang kita instruksikan kepada hardware tersebut dapat dijalankan.

Misalnya ada tanda tanda kuning pada Audio Device, selama driver yang dibutuhkan yakni driver audio yang sesuai untuk hardware dan sistem operasi yang digunakan belum terinstall, maka selama itu pula anda tidak akan bisa mendengarkan musik dari komputer anda.

Oleh Karena itu hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall driver yang kompatibel dengan perangkat hardware dan sistem operasi yang digunakan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Driver Yang Kompatibel ?

#. Menggunakan CD Driver Bawaan

Cara paling mudah untuk mendapatkan driver yang kompatibel adalah menggunakan driver dari CD bawaan motherboard maupun laptop.

CD tersebut wajib ada dan merupakan satu paket dalam setiap pembelian komputer atau komponen komputer tambahan seperti VGA Card, Wireless Card, Bluetooth dll.

Setiap pembelian komputer baik itu komputer built up, rakitan maupun laptop, pastinya disertakan dengan sebuah CD yang berisi driver yang dibutuhkan.

#. Mendownload Langsung Driver Dari Situs Resmi
Tetapi saya tidak memiliki CD driver bawaan karena hilang, atau saya membeli komputer second yang tidak disertai dengan CD driver bawaan ?

Jika itu masalahnya, solusinya adalah dengan mendownload driver dari situs resmi produsen komputer yang bersangkutan.

Misalnya komputer yang digunakan bermerk Acer, maka dapatkan segera driver-driver yang dibutuhkan dengan mendownloadnya dari situs resmi Acer.

Belum tahu caranya mendownload driver yang kompatibel, beberapa artikel panduan berikut ini mungkin dapat membantu :

Oia satu lagi…saya menggunakan komputer rakitan yang tiap komponennya berbeda merk, seperti Motherboard, VGA card, dll, bagaiman cara mendapatkan driver yang sesuai untuk komponen tersebut ?

Solusinya sama, download saja driver yang dibutuhkan dari situs resmi motherboard atau perangkat hardware tambahan lain yang komputer anda gunakan.

Jika tidak mengetahui merk dari motherboard, buka casing komputer dan perhatikan pada body motherboard. Pastinya ada tulisan beserta seri dari motherboard.

Catat informasi seperti Seri dan merk dan lanjutkan dengan mengunjungi situs resmi dari masing-masing motherboard yang anda gunakan.

Jika malas membuka casing komputer, gunakan program pendeteksi hardware seperti AIDA, lalu catat spesifikasi, merk dan download driver yang dibutuhkan disitus resmi produsen hardware.
Mudah bukan…

#.Menggunakan Program Pendeteksi Driver Otomatis
Jika kedua cara diatas tidak juga mempan, anda bisa menggunakan opsi terahir yang dapat saya berikan untuk menghilangkan tanda tanya kuning pada device manager.

Cara ketiga yang saya maksud adalah dengan menggunakan program pendeteksi driver populer seperti Driver Pack Solution.

Program yang satu ini adalah yang terbaik untuk mengelesaikan permasalahan seputar driver komputer, karena database driver yang dimiliki begitu lengkap dan setiap tahun mendapatkan update driver perangkat hardware terabaru.

Bagaimana Cara Mendapatkan Driver Pack Solution ?

Untuk mendapatkan program Driver Pack Solution [DRP] dapat anda unduh langsung programnya pada situs resminya di drp.ru

Ukuran file untuk versi terbaru bisa mencapai 10 GB lebih. Mengapa ukurannya begitu besar ?
Seperti yang saya katakan diawal tadi, program ini memiliki database driver yang begitu lengkap dan terus mendapatkan update setiap tahunnya.

Amankah menggunakan program pendeteksi driver seperti DRP?
Tentu saja aman, karena program ini telah mendapatkan sertfikat aman dari produsen antivirus terbaik saat ini Kaspersky.

Kelebihan Menggunakan DRP :
  1. Database lengkap dan hampir semua perangkat keras dapat terbaca dengan memanfaatkan program pintar ini.
  2. Dapat digunakan untuk semua seri sistem operasi windows, baik itu XP,vista, Seven, Windows Delapan dan OS versi terbaru Microsoft Windows 10.
  3. Memiliki opsi untuk menginstall apliksi tambahan seperti Antivirus, pemutar media, browser internet dan Tool windows, hebatnya lagi proses instalasi program dapat anda lakukan bersamaan dengan proses install aplikasi sehingga lebih hemat tenaga dan tidak perlu install aplikasi satu persatu.

Kekurangan DRP
  1. Hanya dapat digunakan pada sistem operasi windows, dan sampai artikel ini ditulis belum tersedia versi untuk OS lain seperti OS X dan Linux
  2. Ukuran file sebesar gajah yang membuat mereka yang punya koneksi internet pas-pasan akan kesulitan untuk mendownloadnya. Alternatifnya anda bisa menggunakan versi lawas dari program ini misalnya v2013 yang berukuran 5 GB lebih.
  3. Aplikasi yang disematkan dalam program sebagaian besar berbahasa rusia, maklumlah pembuatnya juga orang rusia.

#2. Tanda Seru Kuning Pada Device Manager
Selain tanda tanya kuning yang telah dijelaskan penyebab dan solusinya diatas, pada device manager windows xp juga seringkali ditemukan tanda seru kuning.

Tanda seru kuning bisa menandakan dua hal :
  •  Driver yang terinstall tidak kompatibel atau cara penginstalan yang salah
  • Terjadi konflik antar hardware

Contoh Kasus Driver Yang Tidak Kompatibel
Saya pernah mengalami kondisi dimana wifi laptop yang saya gunakan tidak dapat tersambung meskipun driver yang saya gunakan berasal dari CD bawaan.

Dan prosedur instalasinya juga telah benar, dengan cara double klik pada driver set up lalu next dan next finish terus restart.

Tetapi anehnya wifi adapter tidak dapat berfungsi meskipun signal wifi kuat. Setelah saya periksa lebih teliti lagi ternyata problemnya ada pada driver itu sendiri.

Didalam CD Driver terdapat dua jenis driver yang disediakan, ada yang berbentuk set up.exe yang biasa saya gunakan dana ada yang berbentuk file dalam.

Akhirnya saya mulai berfikir, mungkin ini driver yang diperlukan oleh sistem dan akhirnya saya coba juga.

Awalnya bingung karena tidak ada file set up melainkan file-file aneh yang biasa kita temukan pada program file di local disk c.

Dan ketemulah cara yang sebenarnya tidak terduga yaitu dengan memanfaatkan device manager.

Cara menginstallnya cukup buka Device Manager, klik kanan pada device dengan tanda seru kuning [Wifi Adapter] lalu pilih opsi Update Driver, gunakan opsi Browse Driver Form This Computer dan cari driver dalam bentuk file tadi.
Selesai.

Contoh Kasus Device Bentrok Dengan Device Lain
Permasalahan tanda seru kuning juga saya temukan pada komputer desktop jadul yang menggunakan VGA Card ATI Radeon HD 5450.

Driver telah terinstall namun audio tidak dapat berfungsi, setelah diperiksa kembali dan mencari solusi diberagam situs, masalahnya adalah terjadi konflik antar hardware yaitu perangkat audio bawaan motherboard dan VGA Card ATI Radeon yang punya fitur HD Audio.

Cara mengatasinya juga mudah, yaitu dengan mendisable driver ATI HD Audio pada Device Manager dengan cara klik kanan lalu Disable driver atau Uninstall.
Tadaaa…komputer akhirnya mengeluarkan suara.

#3. Tanda Silang Merah
Tanda silang merah pada device manager mendakan perangkat herdware yang memiliki tanda tersebut dimatikan fungsinya oleh sistem sehingga tidak dapat digunakan.

Untuk mengaktifkannya cukup dengan double klik pada device dengan tanda silang merah lalu pada tab general pilih opsi Use This Device /Enable lalu restart komputer untuk memberikan waktu pada sistem membaca ulang perangkat tersebut.

#4. Tanda Panah Kebawah
Selain ketiga tanda yang sering ditemukan pada Device Manager, tanda lain yang sering muncul adalah tanda panah kebawah yang berada dalam lingkaran putih.

Arti dari tanda ini adalah status dari device dengan tanda panah kebawah disable atau ditadakan oleh pengguna.

Untuk mengembalikannya kembali, cukup dengan klik kanan pada device dan pilih opsi enable lalu restart komputer untuk memberikan waktu kepada sistem membaca device-device tersebut dengan benar.

Kesimpulan
  1. Tanda yang diberikan pada device manager sebagian besarnya disebabkan oleh Driver yang tidak kompatibel dengan hardware atau device yang terpasang pada komputer.
  2. Untuk mendapatkan driver sebaiknya menggunakan cara-cara yang direkomendasikan seperti menggunakan driver dari CD driver bawaan atau mendownloadnya langsung dari situs resmi produsen laptop.
  3. Agar driver yang sudah anda download dari situs resmi berfungsi dengan benar, sebaiknya download driver yang sesuai dengan spesifikasi sistem yang komputer anda gunakan, misalnya Windows XP tipe 32 bit, maka downloadlah driver untuk sistem tersebut jangan coba-coba yang lain.
  4. Selalu gunakan sistem operasi versi terbaru seperti Windows 10 jika ogah bertemu dengan tanda-tanda seperti yang telah dijelaskan diatas khususnya yang berwarna kuning tadi. Alasannya sistem operasi terbaru punya kemampuan membaca perangkat hardware yang lebih baik dibanding pendahulunya. Baca panduan instalasi Windows 10 disini.
  5. Jika anda ingin menginstall sistem operasi terbaru misalnya windows 10 namun tidak yakin laptop anda mendukung sistem operasi tersebut, gunakan panduan berikut untuk mencari tahu.
  6. Apabila pada akhirnya laptop anda tidak support dengan sistem operasi terbaru [windows 10] saran saya Cuma 1, ganti komputer lama anda dengan yang baru. kalau anda bingung karena dana yang kurang untuk membeli laptop, jangan khawatir karena banyak laptop bagus diluar sana yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus, salah satunya adalah Lenovo G405 yang harganya 3 jutaan saja.
Pastikan anda Menyukai Fans Page Facebook Mykios Driver Untuk Menjadi Yang Pertama Mendapatkan Aneka Panduan Yang Akan Menambah Pengetahuan Anda Seputar Komputer dan Sistem Operasi Windows

Yang Rada Mirip: