Cara Uninstall Driver VGA AMD Yang Benar Untuk Menghindari Kerusakan System

Mengapa Harus Uninstall Driver VGA ?

Mengapa harus Uninstall Driver VGA, bukankah deriver yang satu ini adalah salah satu yang paling penting dan wajib terpasang didalam sistem ?.

Memang benar jika driver yang satu ini sangat penting, jika tidak ada driver VGA, mengerjakan aktifitas apapun dengan komputer atau laptop tidak akan optimal. 

Tanpa VGA yang sudah terinstall dengan sempurna, gambar yang ditampilkan tidak akan maksimal, mentok pada resolusi standard. 

Respon komputer menjadi lambat, dan jangan pernah berharap komputer anda bisa memainkan game favorite jika masih menggunakan VGA standard. 

 Lalu mengapa harus Uninstall, kan sudah jelas fungsi, manfaat, dan akibatnya jika tidak ada driver VGA. Tenang dulu, yuk kita cek beberapa hal yang menyebabkan pengguna komputer mau tidak mau harus Uninstall Driver VGA. 

Penyebab Harus Uninstall Driver VGA

Driver Tidak Cocok, pada artikel tentang Update VGA AMD versi 14 yang lalu, saya menjelaskan bahwa versi terbaru yang dirilis AMD ini tidak cocok dengan AMD HD 6320 yang saya gunakan. 

Bukannya menambah kinerja, malah menambha masalah baru seperti : Layar tiba-tiba hitam sesaat, laptop sering hang, Wifi lemot padahal saat menggunakan versi sebelumnya lancar-lancar saja. Ganti VGA Card, jika memilki kartu grafis yang baru dan berasal dari vendor yang berbeda dengan VGA anda sebelumnya, maka wajib hukumnya untuk mengganti. 

 Misalnya VGA anda sebelumnya menggunakan AMD dan diganti dengan nVidia, Driver AMD Catalyst wajib anda instal agar tidak terjadi konflik driver yang dapat menggangu kinerja komputer. 

Cara Uninstall Driver VGA

Tahap Pertama

Untuk Uninstall Driver VGA bisa saja dilakukan dengan memanfaatkan fitur Add Remove Program miliki Windows. Bila cara tersebut tidak berhasil, maka baru mencari alternatif lain, seperti program Uninstaller. 

Khusus untuk Driver AMD, dianjurkan untuk melakukan proses Uninstall menggunakan Uninstaller yang sudah ada dalam paket Instalasi driver. Namun bedanya, saat ada opsi untuk Install atau Uninstall, pilihlan opsi Uninstall.

Cara Uninstall Driver

Tahap Kedua

Setelah proses Uninstall Driver VGA selesai, maka tahap selanjutnya adalah tahap bersih-bersih. Bersih bersih dari apa ?, bersih dari file-file sampah berupa file, folder, dan registry. 

Untuk membersihkan sampah tersebut, tentunya tidak bisa dilakukan dengan manual dengan mendelete file-file tersebut satu persatu, untuk itu kita membutuhkan bantuan software pihak ketiga untuk menjalankan ketiga fungsi tersebut dalam satu kali aksi saja. 

Display Driver Uninstaller adalah sebuha tool dari guru3D.com, berfungsi sebagai Uninstaller disaat program uninstaller bawaan windows sudah tidak mempan untuk menghapus Driver VGA dari sistem, selain itu tool ini membersihkan sistem dari proses uninstall yang telah dilakukan. 

 Display Driver Uninstaller support untuk sebagian besar sistem operasi windows, kecuali windows XP 64 bit. Baik untuk digunakan kepada komputer atau laptop dengan grafis AMD maupun nVidia. 

Sedikit informasi dalam menggunakan Display Driver Uninstaller, dimana akan sangat baik jika dijalankan dengan safe mode, meski bisa juga dengan normal mode. 

Sebelum menjalankan program, sebaiknya kita buat sistem restore point agar nanti jika ada kerusakan pada sistem, kita punya cadangan. 

 silahkan download filenya di guru3d.com, dan baca juga keterangan lainnya tentang tool ini untuk mendapatkan info lebih jauh. 

Tahap Ketiga

Yang terakhir ini adalah menginstall kembali driver VGA yang telah di Uninstall, tentunya anda tidak ingin bekerja dengan laptop atau komputer yang tidak terinstall driver VGA nya, kan sudah dijelaskan fungsinya di awal tadi. Bagi anda yang belum mendapatkan driver VGA yang cocok.

Share Jika Artikel Ini Bermanfaat...!!!

    Yang Rada Mirip: