Masalah VGA Acer E1 470G Dan PES 2014

Acer aspire E1 470G adalah salah satu dari sekian jajaran produk laptop dari Acer yang memiliki kemampuan grafis cukup baik bila dibandingkan dengan laptop sekelasnya.

Laptop yang dipasaran dibanderol dengan harga Rp.5.700.000 ini memiliki GPU yang cukup baik bila hendak menjadikannya sebagai Laptop gaming, dimana nVidia Gforce GT 720 M dengan VRAM 2GB terbilang cukup untuk memuaskan hasrat gaming anda.

Tapi untuk beberapa jenis game yang membutuhkan power extra seperti Battlefield 3 harus diubah lagi settingan grafis ke mode Medium.

Menyingkap lebih jauh spesifikasi Acer Aspire E1 470G, processornya sudah terbilang bagus dimana untuk urusan dapur pacu dipercayakan kepada produk processor intel generasi ketiga yaitu Intel Core i3 3217U yang diklaim sangat hemat daya. 


Dengan speed clock 1,8 GHZ 3MB L3 cache dan mampu ditingkatkan lagi speednya menjadi 2 GHZ dengan teknologi Turbo Boost dari Intel.

GPU nVidia Tidak Terdetect Oleh PES 2014

Seperti yang sudah saya sebutkan dari awal tadi, jika Acer Aspire E1 470G memiliki GPU nVidia Gforce 720M dengan VRAM 2GB dan Intel HD Graphics 4000. 

Namun ada hal yang menarik perhatian saya, dimana salah satu game yang menjadi santapan saya sehari-hari, yakni Konami PES 2014 membaca spesifikasi laptop ini dengan berbeda.

Maksud saya, ketika membuka menu setting pada game PES 2014, lebih tepatnya pada tab Spesipfcations, hanya VGA Intel HD 4000 saja yang dibaca, sedangkan nVidia Gforce tidak terdetect sama sekali.

VGA Acer E1 470G

Penyebab

Berdasarkan berbagai informasi dan keterangan yang saya dapat dari beberapa sumber, ternyata ketidak mampuan game PES 2014 untuk mendetect secara tepat spesisifkasi hardware yang ada pada Laptop Acer Aspire E1 470G, bukanlah hal yang menjadi patokan sehingga menyimpulkan GPU nVidia yang ada belum terpasang secara penuh dalam sistem operasi.

Satu lagi tambahan informasi yang saya dapat yaitu Acer Aspire E1 470G menggunakan teknologi Optimus yang hanya akan aktif secara otomatis ketika aplikasi seperti game, video, program olah gambar maupun editing video mulai dijalankan.

Mengapa tidak bisa aktif semenjak laptop dihidupkan ?, mungkin dari sudut pandang produsen, cara ini adalah metode yang paling tepat untuk menghemat daya dalam baterai laptop.

Sebagai informasi tambahan untuk anda, jika laptop Acer Aspire E1 470G hanya memiliki 4 cell Li-ion yang hanya mampu bertahan 2-3 jam untuk penggunaan laptop secara normal, seperti mengolah dokumen, memainkan file mp3, memainkan video, dan browsing Internet.
Solusi
  1. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, laptop ini menggunakan teknologi Optimus yang akan aktif dengan sendirinya saat aplikasi yang membutuhkan grafis tinggi dijalankan. Namun jika ingin lebih yakin lagi GPU nVidia Gforce anda berfungsi, lakukan langkah-langkah berikut ini :
  2. Buka Nvidia Control Panel untuk masuk kedalam pengaturan GPU laptop
  3. Pada menu 3D setting ->Manage 3D setting -> Program Setting, cek apakah aplikasi atau game yang ada pada laptop anda mendapatkan service dari GPU
  4. Jika belum, klik Add dan pilih program yang inginkan kemudian klik Apply, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Nvidia Control Panel


Nah itulah pembaca semua, artikel singkat yang isinya sebagian besar curhat saya kepada anda tentang masalah VGA nVidia Acer Aspire E1 470G yang tidak terbaca dengan benar oleh game PES 2014 kesayangan.

Sebelum saya lupa, bagi yang ingin update driver vga intel HD dengan versi terbaru untuk laptop Acer E1-470G anda, silahkan baca artikel saya berikut ini.

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat kepada pembaca semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Terima Kasih

Yang Rada Mirip: