Bagaimana Mengatasi Bluetooth Acer V5 132 Bermasalah

Berawal dari keluhan seorang rekan kerja yang menanyakan mengapa aplikasi Bluetooth yang ada pada laptop Acer Aspire V5 132 miliknya sering sekali bermasalah. Rekan kerja tersebut menanyakan mengapa Laptop tersebut tidak bisa membaca perangkat bluetooth lain (Handphone) yang ingin melakukan transfer data, selain itu menu “Send file” dan “accept file” juga tidak ada pada menu bluetooth.

Acer Aspire V5 132 adalah salah satu produk Acer yang dilengkapi dengan aplikasi Bluetooth yang akan mempermudah kita dalam mengirim maupun menerima file dari perangkat lain seperti handphone maupun Smarphone.

Meski kecepatan transfer file menggunakan bluetooth tidak secepat kita menggunakan port USB, keberadaan bluetooth menjadi opsi yang lebih baik jika ingin mentransfer file tanpa harus repot membongkar pasang memory card dan memasangnya lagi jika proses kirim dan terima file selesai. Selain itu mentransfer file dari memory card ke laptop via port USB juga butuh perangkat tambahan lain seperti Card Reader.

Penyebab

Tidak ada tempat yang paling tepat untuk menyakan sesuatu selain dari Google, jadilah saya browsing dan mengecek beberapa keterangan tentang Acer Aspire V5 132 ini, mulai dari spesifikasi, Sistem Operasi yang direkomendasikan, hingga daftar driver yang ada pasa situs resmi Acer.

Dari informasi yang saya dapat tersebut, saya menyimpulkan aplikasi bluetooth tidak berfungsi sebagaimana mestinya disebabkan oleh hardware bluetooth yang tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan (pada waktu laptop tersebut bermasalah OS yang digunakan adala Windows 7 Ultimate 32 bit).

Sedangkan rekomendasi dari Acer, Laptop yang dipasaran dibanderol dengan harga Rp.3.500.000 ini merekomendasikan untuk menggunakan Windows 8 terbaru, cek disini tentang kelebihan windows 8 dibandingkan sistem operasi Windows 7.

Kesimpulan tersebut saya ambil karena dari daftar driver bluetooth yang ada pada situs resmi Acer, tidak dicantumkan sistem operasi Windows 7 maupun OS lain. Jadi saya minta kepada teman tersebut untuk Install ulang menggunakan Windows 8, dan driver yang digunakan harus dari CD bawaan laptop yang satu paket disetiap pembelian laptop, atau download dari situs resmi acer

Akhirnya dengan berat hati, rekan kerja tersebut menginstall ulang laptop Acer Aspire V5 132 miliknya dengan Windows 8 dan menginstall driver dari CD driver laptop. Alhasil semua fungsi bluetooth yang saat menggunakan OS Windows 7 tidak dapat digunakan, kini dapat berfungsi penuh tanpa ada masalah.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari cerita pengalaman saya tersebut setidaknya ada  3 hal berikut ini :
  1. Perhatikan dan gunakanlah sistem operasi yang direkomendasikan produsen laptop
  2. Gunakanlah selalu driver bawaan CD laptop setelah install ulang
  3. Jangan menggunakan software detect driver kecuali tidak ada alternatif lain yang bisa diambil, karena bisa kejadian seperti yang rekan saya alami dimana beberapa fungsi dari laptopnya menimpa anda.
Nah itulah dari artikel singkat saya tentang Bagaimana Mengatasi Driver Bluetooth Acer V5 132 Bermasalah, semoga bisa memberi tambahan pengetahuan dan tentunya bermanfaat untuk pembaca semua yang telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga selesai.

Terima Kasih

Yang Rada Mirip: