Mengapa Driver Komputer Bawaan Tidak Bisa Terinstall ?

Driver Komputer seperti yang telah dijelaskan pada artikel saya sebelumnya menjadi penerjemah atas perintah yang kita berikan melalui system operasi sehingga hardware dapat berfungsi dengan semestinya dan apa aplikasi yang kita jalankan dengan Komputer berjalan dengan baik pula.

Komputer membutuhkan driver terinstall dalam system, dan driver yang paling direkomendasikan adalah driver yang berasal dari CD Driver bawaan atau yang didownload langsung dari situs resmi produsen Komputer, laptop atau hardware yang anda gunakan jika memakai Komputer Rakitan.

Namun seringkali dan pernah saya alami, meskipun telah menggunakan driver yang berasal dari CD Driver bawaan laptop atau Komputer. Saat proses install tidak dapat dilanjutkan karena terjadi error, atau proses install berjalan, namun hardware tetap tidak terbaca yang ditandai dengan munculnya tanda seru kuning pada Device Manager.

Driver Komputer
CD Driver Bawaan

Penyebab Driver Komputer Bawaan Tidak Bisa Terinstall

Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana solusinya ?, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu untuk diketahui jika driver untuk sebuah system operasi tidak semuanya cocok dengan system operasi yang lain, meskipun system operasi tersebut dibuat oleh perusahaan yang sama. Misalnya driver untuk Windows Xp tidak dapat kita gunakan pada Komputer atau laptop dengan system operasi Windows 7.

Hal ini pernah saya temukan ketika mendapat keluhan dari seorang teman yang memiliki Netbook Acer Aspire V5-132 yang disitus resmi Acer merekomendasikan untuk menggunakan system operasi Windows 8.1 64 bit. Sedangkan teman tersebut menggunakan Windows 7, akibatnya menu Bluetooth yang biasanya digunakan untuk transfer file dari Smartphone ke laptop tidak bisa berjalan dengan baik, karena Laptop tidak bisa mendeteksi perangkat lain sama sekali.

Untuk mengetahui apakah laptop anda dapat bejalan dengan system operasi tertentu seperti Windows 8, maka coba cek saja logo tombol start yang ada pada keyboard laptop anda. Biasanya laptop yang telah menggunakan logo Microsoft terbaru, rekomendasinya adalah Windows 8 atau Windows 8.1.

logo windows
Logo Baru

logo windows
Logo Lama


Selain itu, Driver bawaan yang tidak dapat befungsi juga bisa disebabkan karena CD Driver yang rusak. Pengalaman tersebut saya temukan saat menginstall ulang Laptop Acer Aspire E1-471G baru.

Solusinya tentu saja dengan mendownload ulang semua driver yang ada pada situs resmi Acer sesuai dengan Sistem operasi yang digunakan, apakah itu 32 bit atau 64 bit. Untuk mengetahui apakah Windows yang anda gunakan adalah 32 atau 64 bit. Silahkan cek dengan menekan tombol kombinasi Windows + Pause Break, seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini.


 

Solusi Lain Jika Driver Komputer Bawaan Tidak Bisa Terinstall

Anda bisa menggunakan Program Kumpulan Driver seperti Driver Pack Solution. Program ini sangat ampuh membaca driver Komputer maupun laptop dengan bergam system operasi. Tak hanya itu, hardware lain seperti printer dan Modem juga dapat terdeteksi denga baik.

Bonus lainnya, Driver Pack Solution juga menyediakan beragam aplikasi yang akan terinstall bersamaan dengan proses instalasi driver. Aplikasi yang disediakan antara lain browser, antivirus, tool windows, program compress file dll.

Setelah membaca artikel diatas, semoga bisa membantu menjawab pertanyaan Mengapa Driver Komputer Bawaan Tidak Bisa Terinstall ?

Yang Rada Mirip: