Bisakah Driver Windows 8 Digunakan Pada Windows 7

Produsen laptop dalam beberapa tahun terakhir telah sepakat untuk menjadikan windows 8 sebagai sistem operasi default dari produk-produk yang mereka ciptakan, ini tentu sejalan dengan keinginan Microsoft yang terus berupaya meningkatkan jumlah pengguna Windows 8 yang jauh dari harapan.

Apa akibatnya bagi kita ?, tentu saja kita akan sedikit mengalami kesulitan untuk mendapatkan dukungan perangkat lunak berupa driver jika tidak menggunakan windows 8, seperti masih menggunakan windows 7 untuk laptop keluaran terbaru.

Enggannya orang untuk berpindah ke windows 8 disebabkan oleh banyak hal, namun secara umum mereka masih kesulitan beradaptasi dengan antar muka windows 8 yang terbilang sedikit aneh.

Meskipun windows 8.1 sudah dirilis untuk menutupi segala kekurangan windows 8, namun toh tetap saja banyak yang lebih senang menggunakan windows 8, maklum saja windows 7 lebih mudah untuk digunakan karena tidak terlalu beda dengan pendahulunya yaitu windows XP.

Balik lagi kemasalah dukungan driver untuk sistem operasi selain windows 8. Terkait dengan masalah bisa atau tidaknya driver untuk windows 8 digunakan diwindows 7, saya punya dua pengalaman menarik yanng akan menjelaskan pertanyaan tersebut, dimana Saya pernah melakukan dua proses instalasi yang cukup rumit untuk saya kerjakan, kasus pertama saya adalah Lenovo G405 AMD dan Asus A450C Intel Celeron.

Install Ulang Lenovo G405 Dengan Window 7 Ultimate 32 bit

Cara Install ulang laptop Lenovo memang agak sedikit beda dengan produk laptop dari merk lain seperti Asus dan Acer. Bukan pada proses instalasi windowsnya tetapi saya harus mandeg pada tahap masuk bios untuk mengatur Boot Drive.

Meski pada akhirnya laptop seharga Rp.3.700.000 tersebut berhasil saya install ulang dengan Windows 7 Ultimate 32 bit dan berjalan dengan normal.

Jika anda memilih menggunakan Sistem Operasi Windows 7 seperti yang saya lakukan, untuk mendapatkan drivernya tidak perlu untuk download lagi seperti beberapa tutorial yang telah saya jelaskan.

Tetapi cukup dengan cd deriver bawaan yang memang hanya diperuntukkan untuk windows 8. Tetapi tenang saja, sebagian besarnya dapat terinstall dengan baik kecuali aplikasi Camera bawaan laptop.

Install Ulang Laptop Asus A450C Dengan Windows 7 Utlimate

Jujur saja, seri laptop Asus yang satu ini begitu membuat saya bingung, waktu yang diberikan sedikit dan perlengkapan waktu itu tidak lengkap. Sama seperti kasus lenovo tadi, driver yang tersedia hanya untuk windows 8 64 bit saja.

Untuk itu saya mencoba memasang Windows 7 ultimate tetapai dengan arsitektur 64 bit, dan alhamdulillah drivernya hampir semuanya dapat digunakan termasuk VGA intel HD Graphics.

Dari kedua pengalaman tersebut saya membuat kesimpulan jika sebenarnya bisa-bisa saja kita menggunakan driver windows 8 untuk windows 7, tetapi jenis sistem operasi juga disesuaikan, jika defaultnya windows 8 64 bit maka gunakan windows 7 64 bit juga.

Nah itulah curhat saya kali ini tentang bagaimana akhirnya saya bisa menginstall driver untuk windows 8 di laptop dengan sistem operasi windows 7, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip:

4 Tanggapan untuk "Bisakah Driver Windows 8 Digunakan Pada Windows 7"

  1. tapi laptop temen ane gak bisa gan , laptop acer...

    ReplyDelete
  2. tapi laptop temen ane gak bisa gan , laptop acer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua driver bisa gan..kalau untuk dua laptop yang saya sebut diatas insya alloh bisa gan

      Delete