Install Windows 8.1 Pro Di Lenovo G405 Hanya 15 Menit

Install Windows 8.1 Pro Di Lenovo G405 Hanya 15 Menit - Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Spesifikasi dan Harga Lenovo G405. Untuk melengkapi artikel tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman Instalasi Windows 8.1 pada Laptop Lenovo G405. Yang hebatnya lagi, proses instalasi berlangsung singkat, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja.

Apa saja yang saya lakukan sehingga proses instalasi berlangsung begitu cepat ?, yuk simak ulasan saya berikut, dan saya pastikan tutorial kali ini akan mudah untuk anda mengerti karena saya sudah dilengkapi dengan gambar mulai dari tahap awal hingga akhir. Meskipun gambar yang mampu saya tampilkan tidak begitu bagus, karena hanya bermodalkan Blackbery Curve saja.   

Pengaturan BIOS Lenovo G405 
Hal yang pertama anda lakukan sebelum instalasi Windows 8.1 Pro di Lenovo G405 adalah melakukan setting bios. Tidak perlu khawatir dengan setting BIOS ini karena tidak ada pengaturan yang akan membuat anda pusing.

Yang kemungkinan besar akan membuat anda pusing adalah bagaimana caranya masuk kedalam BIOS, apalagi jika anda baru pertama kali memiliki laptop produk Lenovo. Untuk masuk BIOS, yang anda lakukan adalah saat proses Booting. Untuk keterangan lebih lengkap cek artikel saya tentang Pengaturan BIOS Lenovo G405.

Installer Windows 8.1 Pro Untuk Lenovo G405 
Agar proses instalasi berjalan lebih cepat dari biasanya, gunakanlah media USB seperti Flashdisk sebagai Installernya. Alasan tidak menggunakan media DVD untuk instalasi adalah, kecepatan loading data, Proses penyalinan file yang lebih cepat jika menggunakan Flashdisk. Hal ini juga didukung dengan keberadaan USB 3.0 yang melengkapi Lenovo G405.

Pembuatan Installer sebaiknya menggunakan Universal USB Installer yang telah terbukti dan teruji kemampuannya mengubah flashdisk yang sebelumnya hanya sebagai media penyimpanan, kini dapat menjadi media untuk instalasi Sistem Operasi. Selengkapnya tentang Universal USB Installer dapat anda baca pada artikel berikut.

Proses Instalasi Windows 8.1 Pro


Install Windows 8.1 Pro
Tidak ada yang perlu dirubah pada tahap ini, langsung klik Next

Install Windows 8.1 Pro
Klik Install Now

Install Windows 8.1 Pro
Tunggu Proses Loading data

Install Windows 8.1 Pro
Masukkan Serial Instalasi

Install Windows 8.1 Pro
Centang I Accept The License Of Term kemudain klik Next

Install Windows 8.1 Pro
Pilih Partisi untuk Sistem

Install Windows 8.1 Pro
Proses Copy dan Instlasai Update

Install Windows 8.1 Pro
Restart Laptop

Install Windows 8.1 Pro
Beri Nama Laptop, Misalkan Lenovo

Install Windows 8.1 Pro
Gunakan Express Setting


Install Windows 8.1 Pro
Buatlah Akun dan harus beda dengan nama laptop yang diawal tadi

Install Windows 8.1 Pro
Proses Ahir, tunggu beberapa saat dan setelah restart, Windows 8.1 pro siap digunakan
Masalah Yang Saya Temukan Saat Dan Setelah Instalasi
  1. Munculnya pesan Error saat memilih partisi harddisk yang akan kita gunakan sebagai lokasi system terinstall. Saya mendapat pesan Error berupa “Windows 8 cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks”. Karena saya sebelumnya telah menginstall Windows 7 32 bit, dan ada beberapa data pada Local Disk C, D dan E, maka saya memanfaatkan fitur Hirens Boot CD untuk menyelamatkan file-file penting ke Flashdisk. Penjelasannya akan saya share nanti, begitu juga dengan permasalahan yang No.2
  2. Setelah Instalasi, pada pojok kanan bawah ada pesan Error berupa “SecureBoot isn't configured correctly”, dengan minginstall Patch dari Microsoft, pesan tersebut hilang dan Lenovo G405 siap digunakan.
Update
Setelah Instalasi Sistem Operasi, maka tahap selanjutnya adalah menginstall driver yang diperlukan sesuai dengan spesifikasi dan OS yang digunakan. Untuk Laptop dengan merk selain Lenovo, beberapa artikel berikut mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan Driver yang Kompatibel dengan laptop anda :

Yang Rada Mirip: