Keunggulan Laptop Lenovo G405 & Informasi Harga Terbaru Tahun 2016

Review Lenovo G405Setelah hampir satu pekan penuh artikel dalam blog ini membahas Komputer All In One, maka sekarang tiba saatnya untuk membahas produk komputer yang lebih ringan alias Laptop. Dan pada kesempatan kali ini, akan saya share artikel yang akan mengupas produk laptop dari yakni Lenovo G405.

Lenovo yang dulunya dikenal sebagai produsen PC Lokal China kini telah menjelma menjadi produsen PC terbesar dunia. Kesuksesan Lenovo ini ditunjang dengan beberapa tindakan strategis dengan mengakuisisi beberapa lini bisnis perusahaan top yang salah satunya adalah Motorola.

Lenovo tidak hanya Super dalam menciptakan produk komputer, tapi telah melebarkan sayap kebisnis Smartphone. Kabar terbarunya, Lenovo tengah berniat membeli Blackbery yang dalam beberapa tahun ini hancur lebur dan kalah bersaing dengan Apple dan Samsung.

Kunci keberhasilan Lenovo juga didukung dengan taktik dagang yang mengedepankan produk dengan kualitas bagus namun harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk dari perusahaan top Amerika seperti Dell dan Hp.

 Lenovo G405
 Lenovo G405

Salah satu produk dari Lenovo yang mendapatkan resfons positif dipasar komputer tanah air adalah Lenovo G405. Lenovo G405 adalah seri Notebook dari Lenovo yang menyasar pasar menengah kebawah (Kelas Low End). Ini dapat dilihat dari spesifikasi yang menyusun laptop dengan harga pasaran 3 jutaan ini.

Sebagai gambaran, berikut spesifikasi lengkapnya :

•    Processor : AMD E1-6010 Processor 1GHz
•    Memory : 2GB DDR3
•    Hard Drive : 500 GB HDD
•    Optical Drive : DVDRW SuperMulti
•    Display : 14" WXGA LED 1366x768
•    Video Graphics : ATI Radeon 8210
•    I/O Ports : 1x USB 2.0, 2x USB 3.0, HDMI, LAN, Audio
•    Power : 6 Cell
•    Operating System ; DOS
•    Warranty : 1 Year Limited Warranty by Authorized
 

Desain Lenovo G405

Untuk masalah desain, tim desain Lenovo membuat Laptop Lenovo G405 terlihat sederhana, tidak ada bagian yang begitu ditonjolkan. Hanya sebuah laptop dengan desain konvensional namun lebih mengedepankan kenyamanan dalam pengoperasian.

Salah satu element penting dari Lenovo G405 yang akan membuatnya begitu nyaman digunakan adalah desain tombol keyboard yang menerapkan teknology Accutype dengan bentuk permukaan tuts keyboard melengkung kedalam, sehingga sulit untuk salah pencet tombol ketika melakukan aktifitas mengolah dokumen dan sejenisnya.


Lenovo G405


Lenovo G405


Lenovo G405

Kelengkapan Konektifitas Lenovo G405

Untuk masalah ini, Lenovo G405 bisa berbangga, karena segala kelengkapan konektifitas yang dibutuhkan sebuah laptop modern telah tersedia dan diatas rata-rata. Lenovo G405 dilengkapi dengan 3 buah port USB yang masing-masing 2 buah USB 3.0 yang ada pada sebelah kir dan berdampingan dengan Port HDMI, LAN, dan Audio.

Jika kita bandingkan dengan laptop dengan spesifikasi diatasnya seperti Acer Aspire E1-470G yang hanya memiliki 1 Port USB 3.0 dan 2 buah port USB 2.0. Lenovo G405 lebih unggul karena punya lebih banyak port USB 3.0 yang akan menjamin proses transfer data dari perangkat USB seperti Flashdisk atau Harddisk External akan berjalan singkat. Dari pengujian yang saya lakukan, transfer data dari laptop ke Flashdisk pada Port USB 3.0 mampu menembus kecepatan 27 MB/PS. 


Keberadaan 2 buah Port USB 3.0 terasa sekali kegunaannya saat menginstall sistem operasi Windows 8.1 pro 64 bit. hebatnya lagi waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit saja, jauh lebih cepat jika dibandingkan melakukan install ulang menggunakan media DVD.

Konektifitas Nirkabel juga patut untuk mendapat perhatian, karena Lenovo G405 telah dilengkapi dengan fasilitas Bluetooth yang akan memudahkan kita mentrasfer file dari perangkat Mobile seperti Smartphone. Dengan demikian anda tidak perlu lagi harus repot-repot mencolokkan kabel USB untuk mengirim file dari laptop ke Smartphone atau sebaliknya.

Tampilan Gambar Lenovo G405

Untuk urusan kualitas tampilan gambar, Lenovo G405 tidaklah terlalu mengecewakan, karena dengan sokongan tenaga dari AMD Radeon HD 8210, laptop ini akan mampu untuk menampilkan gambar yang jernih. Tidak hanya gambar, Video dengan kualitas gambar 1080P juga sanggup untuk ditampilkan dengan sangat baik.

Performa Lenovo G405

Melakukan beragam test dengan software pengujian tentunya tidak perlu dilakukan untuk mengetahui performa Lenovo G405, karena dari awal sudah saya jelaskan jika laptop ini adalah laptop kelas Low End.

Jangan berharap terlalu banyak jika anda ingin menggunakan laptop ini untuk memainkan beberapa judul game dengan spesifikasi sedang seperti PES 2014. Saya sudah coba, dan hasilnya sangat-sangat mengecewakan. Gambar goyang-goyang dan dijamin game tersebut akan anda langsungn Uninstall.

Sebagai Alternatif bagi anda yang ingin menikmati waktu santai anda dengan bermain game, Age Of Empire III dapat berjalan dengan baik (dengan setting disesuaikan). Atau PES 2012 yang memiliki spesifikasi lebih rendah dapat anda coba. Agar lebih sreg lagi main bolanya, menginstall Game Booster bisa menjadi solusi agar dalam memainkan game tersebut (PES 2012) tidak terlalu sering terjadi Lag.


Tetapi akan lebih baik jika nanti anda menambah RAM setidaknya menjadi 4 GB agar performanya tambah kencang.

Apabila anda masih bingung tentang cara memilih RAM yang sesuai untuk Lenovo G405, baca panduan Cara Memilih RAM. 

Kesimpulan

Lenovo G405 adalah laptop yang sangat pas bagi anda yang mencari laptop untuk menjalankan aktifitas ringan seperti mengolah document, mendengarkan mp3, menikmati video kesukaan, dan browsing internet. Sedangkan untuk game, anda akan terbentur dengan spesifikasi yang artinya terbatas hanya untuk game-game ringan saja.

Harga Lenovo G405

Anda bisa mendapatkan Lenovo G405 seharga Rp.3.449.000 di Sololaptop.com. jauh sedikit lebih mahal dari Laptop Compaq 510 yang dibanderol dengan harga 2 jutaan saja. Ingin tahu lebih banyak produk laptop dengan harga 3 jutaan lainnya, cek 3 produk laptop piliha saya berikut disini.

Yang Rada Mirip: