Tips meningkatkan Kualitas Grafis Processor APU

Produsen processor seperti Intel dan AMD sepertinya tidak mau terus membiarkan anggapan orang bahwa untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus harus menggunakan vga card.
 
Oleh karena itu baik Intel maupun amd terus meningkatkan kualitas processor APU yang mereka punya, tujuannya agar kita para konsumen tidak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam untuk beli vga card.

Performa Processor APU Makin Baik 

Bukti nyata peningkatan yang dilakukan Intel dibuktikan dari pengalaman saya menggunakan processor jadul yang dulu Cuma lebih tinggi sedikit dari Pentium 4, namanya Intel E220 (Conroe).
 
Dulu saat masih menggunakan Intel E220, saya hanya bisa memainkan game sekelas Chess Windows 7, Solitaire, game house, atau WE 8 dengan setting Low (Seadanya).
 
Tapi lihat saja sekarang, Laptop Asus A450C yang hanya menggunakan Intel Celeron, sudah kuat untuk menjalankan game kelas menengah seperti Age Of Empire III dengan setting Ultra High.
 
Tidak hanya Intel, AMD juga lebih garang lagi dalam membuat processor APU, konon meski tanpa vga card sekalipun, processor mereka AMD A10 bisa meenin game sekelas Battlefield 4 dengan setting medium.
 
Tetapi jujur saja, tidak secepat itu keberadaan vga card dapat tergantikan oleh teknologi APU yang memorinya numpang dari RAM.
 
Terlebih jika kita lihat spesifikasi dari game-game sekarang yang spesifikasinya Nauzubillah makin tinggi saja tiap edisinya.
 
Sebagai contoh, pas dirilisnya PES 2012 processor intel pentium 4 masih bertengger sebagai spesifikasi minimu, sekarang dengan hadirnya PES 2014 minimal core 2 duo.
 
Makanya bagi yang hanya menggunakan processor dengan kualitas low end seperti AMD E1, dan masih ngotot ingin main PES dilaptop, saran saya install saja PES 2012, dijamin masih enak dimainkan.

Cara Meningkatkan Performa Processor APU

Untuk meningkatkan kualitas grafis processor APU baik itu buatan intel dan AMD, setidaknya ada 4 cara yang dapat ditempuh, meski tidak menjamin akan mendongkrak performa begitu jauh dari semula.

 

Cara Pertama

Update Driver VGA, seperti yang sering saya jelaskan dalam beberapa artikel, update driver vga akan memberi efek kepada pendayagunaan hardware (processor) agal lebih optimal lagi kerjanya.
 
Meskipun saya pernah punya pengalaman tidak menyenangkan saat update vga amd yang saya gunakan.

 

Cara Kedua

Ubahlah setting kualitas gambar pada control panel grafis menjadi maksimal. Jangan gunakan Save Mode atau Normal yang hanya berfungsi untuk mengurangi pemborosan daya.
 
Yang menggunakan AMD biasanya untuk masuk control grafis, cukup klik kanan dan klik AMD Vision Control yang berada paling atas.
 
Pengguna intel sama saja, Cuma untuk masuk ke control panel grafis, ada pilihan Graphics Option pada saat klik kanan di dekstop.
 
Bagi anda yang menggunakan laptop, mengubah settingan kualitas gambar menjadi maksimal (high) berpotensi membuat anda selalu dekat dengan charger (boros daya).

 

Cara Ketiga

Menambah RAM bisa membantu meningkatkan performa grafis dari processor APU, dengan RAM yang lebih besar, kita bisa menambah VRAM yang semula 256 menjadi 512 MB.
 
Dari sebuah artikel yang saya lupa alamatnya, idealnya VRAM memiliki ukuran:
  • RAM 2GB=256 MB VRAM
  • RAM 4GB=512 MB VRAM
  • RAM 8GB=1 MB VRAM

 

Cara Keempat

Jika saat ini komputer yang anda gunakan menggunakan processor versi jadul yang vga masih loyo, upgrade hardware bisa menjadi pilihan yang paling tepat.
 
Seperti yang saya ceritakan diawal, meskipun hanya processor pentium atau celeron, kualitas grafis processor sekarang jauh melebihi pentium jaman dulu.
 
Apa sebab ?, teknologi yang mereka ditanamkan pada processor pentium sekarang sama dengan generas intel core i, namun fitur-fiturnya dikurangi untuk menyesuaikan harga.
 
Untuk Harga Processor (CPU) juga saat ini boleh dibilang sangat terjangkau, jadi opsi upgrade hardware masih tergolong mudah untuk dilakukan.

Bagi yang menggunakan laptop, mau tidak mau ya mesti ganti laptop atau upgrade processor jika kondisi processor laptopnya tidak tertanam mati pada motherboard.
 
Akhir kata semoga kedepannya Intel dan AMD mampu menciptakan sebuah processor yang benar-benar mampu menggantikan vga card, dan semoga artikel saya kali ini juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih

Yang Rada Mirip: