Penting... ! Utamakan 4 Hal Berikut Sebelum Membeli PC Rakitan

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan apa kelebihan dan kekurangan membeli PC Rakitan, untuk melengkapi artikel tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan share tips yang kiranya patut menjadi acuan anda sebelum memutuskan membeli produk PC Rakitan.

Berbeda dengan Komputer Built Up dan Komputer All In One, PC Rakitan terdiri atas beragam hardware penyusun, merk hardware serta kualitas yang beragam pula. 

Inilah letak sulitnya, karena terdiri dari beragam merk hardware dan kualitas, perlu pengetahuan pemilihan hardware yang cukup agar Komputer yang kita pesan tidak mengecewakan.

Dalam membeli produk Komputer atau produk apapun, seharusnya  memperhatikan 4 hal dasar berikut ini, sehingga apa yang akan kita beli betul-betul sesuai dengan keinginan dan tidak ada yang terbuang sia-sia. 4 hal tersebut adalah Kebutuhan.

Dana, Pemilihan Hardware dan Rencana Mendatang. Untuk memulai bahasan kita mulai dari hal yang paling utama yakni Kebutuhan.
PC Rakitan

Kebutuhan

yang saya maksud adalah Komputer yang rencananya akan anda beli digunakan untuk apa, apakah digunakan untuk menjalankan aktifitas komputasi harian ringan, mengedit gambardan video, atau aktifitas gaming atau sebagai sarana untuk menunjang aktiftas anda di Sosial media.

Setelah mengetahui kebutuhan, kita tentunya dapat dengan mudah merencanakan dana yang telah dipersiapkan. 

Mudah yang saya maksud adalah dalam hal perencanaan, bukan cara mencarinya. Jika sekiranya Komputer rakitan yang akan dibeli membutuhkan dana yang lumayan, setidaknya anda sudah mulai menabung dari sekarang.

Dana

Setelah anda mengetahui kebutuhan anda, maka point berikutnya adalah merencanakan jumlah dana yang akan dihabiskan. 

Apakah dengan dana yang dimiliki sekarang sudah cukup untuk memenuhi keinginan memiliki sebuah PC Rakitan yang diinginkan. Jika saat ini dana yang tersedia belum cukup, alangkah baiknya untuk ditunda dulu sampai dana anda benar-benar cukup.

Pemilihan Hardware

Pemilihan hardware yang tepat menjadi kunci mendapatkan sebuah PC Rakitan dengan performa optimal. Pemilihan hardware yang asal-asalah hanya akan menyi-nyiakan dana yang akan kita keluarkan.

Dalam memilih kompnen hardware untuk PC Rakitan, hendaknya sesuai dengan kondisi keuangan dan memegang prinsip keseimbangan. 

Maksud dari prinsip keseimbangan itu adalah, kesesuaian hardware yang satu dengan yang lain.

Misalnya anda punya dana yang cukup untuk membeli sebuah processor Intel Core i7 Haswell. Dengan asumsi PC Rakitan yang akan anda pesan digunakan untuk gaming. 

Tetapi memory RAM yang anda beli hanya 2GB saja. Sedangkan Minimalnya sebuah Komputer gaming memiliki Memory RAM 4 GB.

Rencana Mendatang

Point terahir boleh dibilang opsional saja, meskipun penting juga. Hal ini terkait dengan pemilihan hardware yang ada pada point ketiga tadi. 

Saat memilih komponen hardware, hendakanya difikirkan juga kemudahan Upgrade pada masa mendatang.

Sebagai contoh, belilah produk hardware seri terbaru yang kira-kira dalam kurun waktu 3-5 tahun mendatang, hardware tersebut masih banyak ditemukan ditoko-toko sekitar anda. 

Hal ini pernah saya alami, dimana saat kemuculan memory DDR3, saya malah memilih menggunakan DDR 2 yang setelah dua tahun kemudian memory DDR 2 sangat sulit saya temukan. Walaupun ada, harganya begitu mahal.

Sekian informasi tentang Tips sebelum membeli PC Rakitan, semoga bisa bermanfaat. Dan sebelum anda menutup halaman ini, bagi anda yang ingin mengetahui harga Processor AMD terbaru, silahkan cek harga terbarunya disini.

Yang Rada Mirip: