Troubleshooting Saat Instalasi Windows 8.1 Pada Lenovo G405 Part 1

Windows 8 cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks” adalah pesan Error yang saya temukan saat melakukan  Instalasi  Windows 8.1 pro Pada Lenovo G405

Masalah ini muncul saat akan memilih pastisi yang akan saya jadikan sebagai pastisi untuk system. Meski telah memformat partisi local disk c yang sebelumnya terinstall Windows 7 32 bit, tombol next tidak kunjung muncul, sehingga saya sadari ada pesan Error yang dari tadi tidak saya perhatikan.

Untuk mengatasi pesan Error tersebut, saya telah browsing mencari informasi kebeberapa situs seperti forum Lenovo dan forum-forum lainnya. Dan yang membuat saya agak sedikit pusing, solusi yang diberikan adalah menghapus semua partisi yang ada dan membuat pastisi baru.

Ini tentu bukan perkara gampang, karena ada beberapa file penting yang ada pada partisi yang lain yang sayang sekali jika harus dihapus. Terutama file video berupa film-film terbaru seperti Hercules, Tenage Mutant Ninja Turtle, Transformer 4 dll.

Untungnya , ada system operasi yang dapat menjadi penyelamat disaat genting seperti ini. Ubuntu dan varian linux lain seperti Linux Mint dapat kita manfaatkan sebagai system operasi sementara, seraya kita mencopy file dari harddisk ke Flashdisk atau harddisk eksternal.

Sialnya, semua CD ubuntu yang saya koleksi dari versi 9 telah saya buang karena sudah lama tidak terpakai lagi. Alternative lain, saya memilih Hirens Boot CD yang untuk menjalankan system operasi sementara yang dijalankan dengan Live CD. Selain itu juga, kita bisa menggunakan jasa Avira Sistem Rescue yang memiliki fungsi dan kemampuan yang kurang lebih sama dengan Hirens Boot CD.

Setelah 4 jam berlalu, file penting dalam partisi Harddiks terselamatkan dan partisi dalam Laptop Lenovo G405 saya hapus dan membuat pastisi baru. Membuat pastisinya dilakukan tepat dimana proses instalasi terhenti saat pesan Error tadi muncul.

Instalasi Windows 8.1 Pada Lenovo G405


Untuk partisi system saya alokasikan 100 GB dan sisanya untuk data. 100 GB tadi akan terbagi menjadi 4 buah pastisi lagi yang antara lain berisi System Recovery. Setelah itu, proses instalsi Windows 8.1 pro bisa anda lanjutkan.


Artikel selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara menghilangkan "Watermak Windows 8.1 SecureBoot isn't configured correctly" yang selengkapnya akan sibahas pada Troubleshooting Saat Instalasi Windows 8.1 Pada Lenovo G405 Part 2.

Yang Rada Mirip: