Agar Port USB Laptop Dapat Berfungsi Kembali

Sejak Laptop acer saya sering digunakan bermain game khususnya PES 2012, Laptop saya tersebut mendapatkan beberapa masalah serius seperti suhu yang meningkat drastis dan yang paling parah dua Port USB yang dulunya berfungsi dengan baik, sekarang tidak dapat difungsikan. Awalnya kedua Port USB tersebut sulit sekali membaca stick game dan lama kelamaan tidak dapat membaca segala bentuk device USB apapun.

Setelah dua buah Port USB yang ada tidak dapat digunakan, kini hanya tersisa satu buah Port USB. Bisa dibayangkan susahnya jika kita harus mencopy file dari flashdisk sementara Port USB satu-satunya sedang digunakan untuk modem atau perangkat USB lain.

Penyebab Port USB Tidak Berfungsi

Saya menyadari jika awal dari petaka yang saya alami akibat cara saya yang tidak memperlakukan Laptop dengan baik, khususnya saat asik bermain game bola PES. Seringkali saking asiknya, Laptop sampai terseret dan stick game sampai terlepas. Kejadian yang tidak terjadi sekali dua kali lama kelamaan menyebabkan Port USB menjadi longgar sehingga perangkat USB yang terpasang tidak tertancap secara sempurna.

Saat menancapkan perangkat USB seperti flashdisk kedalam Port USB, akan ada bagian pada ujung flashdisk yang akan menempel dan terhimpit oleh dua buah kait pada Port USB. Saat terjadi goncangan yang membuat Port USB terlepas secara paksa, maka daya himpit dari dua buah kait pada Port USB ini akan berkurang, akibatnya saat menancapkan flashdisk, kait yang berfungsi sebagai penghubung ini (kasarnya begitu saja) tidak menempel dan hasilnya tidak ada perangkat yang terbaca.


Port USB


Cara Mengatasinya

Perlu saya tekankan dari awal jika cara yang saya lakukan ini berhasil pada Laptop yang saya gunakan tetapi tidak menjamin akan berhasil untuk Laptop anda. Saya juga tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada Laptop anda bila menjalankan instruksi dalam artikel ini. Jika anda punya masalah yang sama dengan saya, maka tidak ada salahnya untuk dicoba toh pengalaman guru yang terbaik. Dan bagi yang memiliki solusi lain, silahkan share ilmunya dengan saya.

Yang saya lakukan untuk membuat Port USB yang sebelumnya tidak berfungsi adalah sangat sederhana. Saya hanya memberi tekanan  pada kait yang ada pada Port USB sehingga Port USB menjadi lebih sempit. Logikanya, dengan memberi tekanan kebawah kait yang sebelumnya agak longgar, sekarang dapat menempel dengan sempurna saat ditancapkan flashdisk.

Sebelum memasang casing Laptop kembali, sebaiknya test dengan menancapkan flashdisk atau perangkat USB lain agar tingkat kerapatannya betul-betul pas. Jika anda merasa takut melakukannya sendiri, anda bisa minta bantuan teman yang punya pengalaman dalam masalah hardware Laptop, atau baca artiel saya sebelumnya tentang Cara membersihkan kipas Laptop. Dalam artikel tersebut telah saya jelaskan step demi step yang saya lakukan saat membongkar Laptop acer dan pada kesempatan itu pula Port USB tersebut saya coba perbaiki dengan cara yang saya lakukan seperti penjelasan diatas.

Selamat mencoba

Yang Rada Mirip: