Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Icon Baterai

Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Icon BateraiKali ini Mykios Driver akan share tentang pengalaman yang Sempat membuat kaget waktu pertama kali melihat adanya tanda silang merah pada icon bateri Laptop Acer Aspire 4250 dan pesan Considering Replacing Your Battery. Dari jawaban seorang teman yang saya mintai keterangan tentang kejadian yang laptop saya alami menjelaskan bahwa kemunculan tanda silang merah tersebut mengindikasikan jika baterai Laptop sudah mendekati ajal.

Setelah mendengar jawaban teman tersebut, sudah terbayang biaya yang akan saya keluarkan untuk membeli baterai Laptop yang baru yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Tetapi anehnya, daya tahan baterai Laptop masih normal meski tanda silang merah terus saja muncul dan mengganggu konsentrasi saat sedang bekerja. Ketika Laptop digunakan untuk menonton film yang durasinya dua jam lebih, baterai masih tersisa sekitar 20% dan tidak ada bedanya saat dalam kondisi baik-baik saja (normal).


Tanda Silang Merah Pada Icon Baterai
Considering Replacing Your Battery


Penyebab Munculnya Tanda Silang Pada Icon Bateri

Karena penasaran, saya mencari informasi dan menemukan jawaban di windows.microsoft.com. Dari penjelasan tersebut saya mengetahui jika kemunculan tanda silang pada icon bateri disebabkan oleh bug yang hanya ada pada sistem operasi windows 7 saja dan tidak menjangkit OS Windows terbaru seperti Windows 8.1.

Namun ada pengecualiannya yaitu: jika daya tahan baterai masih normal maka dapat kita simpulkan jika itu hanyalah sebuah bug yang dapat kita hilangkan dengan metode yang akan saya jelaskan. Sedangkan jika daya tahan baterai sudah sangat parah daya simpannya, maka sudah dipastikan pesan yang disampaikan lewat munculnya tanda silang merah pada icon baterai benar adanya (baterai sudah KO dan harus diganti).

Jika mengacu pada point yang pertama, maka kemunculan tanda silang merah pada Laptop saya adalah bug, karena daya tahan baterai masih normal, meski tidak senormal dulu saat masih baru. Dari penjelasan windows.microsoft.com, untuk menghilangkannya maka kita perlu menguras bateri saja hingga benar-benar habis.

Cara Mengatasi Munculnya Tanda Silang Pada Icon Bateri

Pertama, kita harus mengisi daya baterai hingga benar-benar penuh 100%, cek dengan meletakkan pointer pada icon baterai agar yakin baterai sudah benar-benar terisi.

Kedua, kuras habis isi baterai dengan menjalankan aktifitas apa saja yang penting baterai cepat habis. Saya biasanya memainkan game agar tidak terasa membosankan dan proses buang-buang daya baterai berlangsung cepat.

Ketiga, setelah yakin daya dalam baterai telah benar-benar habis, matikan Laptop dan isi daya kembali sampai 100% penuh yang ditandai dengan warna lampu indikator baterai berwarna biru. Hindari juga untuk membiarkan Laptop mengisi daya semalaman, hal ini adalah salah satu penyebab daya tahan baterai drop.

Keempat, setelah baterai terisi penuh cabut kembali charger dan hidupkan Laptop, dan perhatikan icon baterai apakah masih ada tanda silang merah yang muncul. Sepengalaman saya, setelah melakukan tips diatas, tanda silang pada icon baterai akan hilang dengan sendirinya.

Kelima, jika belum hilang juga, silahkan ulangi langkah diatas mulai dari awal.

Hal Yang Perlu Dihindari Agar Tanda Silang Merah Pada Icon Baterai Tidak Muncul Lagi

  1. Hindari mengisi daya semalaman, ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan karena siapapun pastinya akan malas meunggu Laptop terisi sampai penuh. Sebaiknya setting alarm jam handphone anda untuk beberapa jam kedepan sebelum tidur, ini untuk mencabut charger Laptop yang dalam waktu 4-5 jam sudah terisi penuh.
  2. Dari sebuah artikel yang pernah saya baca diharian online nasional, agar beterai tetap awet sebaiknya Isi daya baterai Laptop saat daya baterai terisia 20% atau 30%. Dan jangan biarkan daya terisi terus menerus 100%, karena dapat menyebabkan baterai menjadi soak.
Sekian Artikel tentang Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Icon Baterai, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: