Menjajal Android Kit Kat Pada Samsung Galaxy Fit

Setelah sekian lama blog mykiosdriver diisi dengan beragam tutorial dan tips seputar computer dan permasalahannya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman yang sedikit berbeda karena saya akan membahas pengalaman selama satu minggu ini menjalankan system operasi android Kit-Kat 4.4.2 pada smartphone Samsung galaxy fit jadul kesayangan.

Menjalankan system operasi yang masih terbilang baru seperti android kit-kat, pada smartphone Samsung galaxy fit yang notabene adalah smartphone yang tergolong jadul adalah tindakan yang beresiko. Karena jika salah-salah dalam proses penginstalannya akan mengakibatkan smartphone berda dalam masalah besar seperti matot dan bootloop dan beragam istilah lain yang saya sendiri tidak mengerti apa maksudnya.

Seperti yang kita ketahui bersama jika Sistem Operasi kit kat yang saya jalankan pada smartphone Samsung galaxy fit bukanlah official update yang berasal dari pihak Samsung dan merupakan hasil jerih payah pengembang yang menamakan diri Cyanogenmod. Saya takjub dengan hasil yang diberikan dalam custom rom CM 11, dimana tidak ada error yang cukup berarti dan jauh lebih baik dibandingkan dengan custom rom jelly bean yang saya coba beberapa waktu lalu dan pernah saya share dalam artikel saya sebelumnya. Selain itu juga, konsumsi RAM dan Memory Internal juga tidak terlalu banyak.

Android Kit Kat Pada Samsung Galaxy Fit

Android Kit Kat Pada Samsung Galaxy Fit


Fitur-Fitur

Tampilan yang lebih cool dengan nuansa warna biru yang elegan, Serta fungsi utama smartphone seperti kamera yang sebelumnya pada custom rom jellybean tidak berfungsi, sekarang dapat digunakan sebagaimana mestinya dan memiliki kualitas gambar yang sama jika dibandingkan dengan rom bawaan yang sampai saat ini hanya mentok pada Ginggerbread 2.3.6.

selain kamera, Wifi, Bluetooth, dan fitur utama lain seperti browser sudah tersedia dan berfungsi optimal, dan Apolo segabai MP3 player Default. Dan pastinya smartphone yang menjalankan system operasi android kit-kat ini sudah dalam kondisi root.

Kekurangan

Update yang ribet, meskipun ada update yang diberikan oleh pihak cyanogenmod untuk system operasi kit kat custom saat kita terkoneksi dengan internet, namun dari pengalaman, ternyata file update yang didapat tidak serta merta dapat langsung kita install, melainkan membutuhkan Clock Work Mod Recovery tertentu untuk dapat menginstall paket update. Saya merasa agak jengkel dimana file update yang ukuran filenya lebih dari seratus MB ternyata sia-sia dan mesti menunggu cukup lama untuk selesai dan tentunya pengurangan Quota internet yang tidak sedikit.

Boros Daya, saya mengakui jika daya yang begitu cepat habis adalah masalah pelik yang sejatinya masalah klasik system operasi android. Saat menggunakan custom rom kit-kat pada smartphone galaxy fit, saya merasakan hal yang sama, malahan lebih rakus lagi jika terkoneksi internet. Untuk itu wifi, paket data, program yang tidak begitu sering digunakan sebaiknya dimatikan atau dibekukan saja.

Tidak Ada Google Apps, Tidak adanya Google Apps atau yang lebih akrab disingkat GApps adalah hal yang benar-benar membuktikan bagaimana parahnya ketergantungan kita terhadap google. Aplikasi google seperti Gmail, Maps, Playstore, dan Youtube tidak dapat digunakan dalam custom rom ini. Namun ada beberapa trik yang saya gunakan untuk mengganti aplikasi google yang begitu penting keberadaanya. Gmail saya akses dari Opera Mini yang didapatkan dari situs resmi Opera. Playstore Google saya ganti dengan 1 Mobile Store yang kurang lebih sama dengan playstore meskipun koleksi aplikasinya tidak selengkap playstore. Sedangkan untuk Youtube saya menggantinya dengan Tubemate yang dapat juga digunakan untuk mendownload video dari Youtube.

Aplikasi Yang Tidak Berfungsi, Saya telah mencoba beberapa aplikasi dari 1 Mobile Market seperti BBM yang bisa terinstall dengan mulus namun harus saya hapus lagi karena tidak dapat digunakan. Meskipun demikian, aplikasi seerti Link2SD dari 1 Mobile Store dapat berjalan baik.

Kesimpulan

Sejauh ini Custom Rom Kit Kat 4.4.2 yang berjalan pada Smartphone Galaxy Fit S5670 cukup memuaskan, karena sebagian besar fungsi yang mesti ada dapat berjalan dengan baik atau setidaknya dapat digantikan dengan aplikasi lain. Nilai lebih lain dari custom Rom ini adalah kemudahan dalam instalasi yang tidak memerlukan PC, karena cukup menggunakan CWM Recovery V6.0.4.5.
Sekian artikel tentang Menjajal Android Kit Kat Pada Samsung Galaxy Fit, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: