Ketahui 3 Penyebab Anda Gagal Dalam Menginstall Driver Nvidia Pada Laptop

Saya sering mendapat pertanyaan dari para pembaca mykiosdriver tentang bagaimana cara melakukan instalasi driver vga nvidia yang benar, karena banyak dari mereka yang mengalami kegagalan pada saat melakukan instalasi driver setelah selesai install ulang laptop.

Meski bukanlah seorang pakar komputer yang ahli dalam mengatasi semua permasalahan komputer, saya dapat menjelaskan dimana letak kesalahan yang menyebabkan pengguna laptop dengan vga nvidia seringkali gagal pada saat menginstall driver.


Dari pengalaman install ulang laptop dengan berbagai merk dan tipe [ laptop teman tentunya ], saya menyimpulkan ada 3 hal yang menjadi penyebab kegagalan dalam instalasi driver vga dari nvidia yaitu : 


1.    Driver yang diinstall tidak sesuai dengan sistem operasi
2.    Driver tidak sesuai dengan spesifikasi vga dari laptop yang digunakan
3.    Tidak sesuai urutan dalam proses instalasi driver


#1. Driver Tidak Sesuai dengan Sistem Operasi
Faktor pertama yang seringkali menyebabkan anda gagal menginstall driver VGA Nvidia adalah salah dalam menentkan sistem operasi. Meski terlihat sepele, tetapi mengetahui seri dan tipe sistem operasi yang digunakan sangatlah penting, karena salah dalam memberikan informasi tentang sistem operasi akan membuat waktu, tenaga dan biaya yang anda keluarkan pada saat mendownload driver menjadi sia-sia.


Penting untuk diketahui, Driver untuk windows XP tidak dapat digunakan untuk laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 7 atau versi Windows terbaru seperti Windows 10. Demikian juga untuk tipe sistem operasinya, apakah itu 32 atau 64 bit.


Walaupun untuk beberapa kasus, driver untuk sistem operasi yang terdahulu dapat digunakan oleh sistem operasi versi terbaru, tetapi hal tersebut tidak dapat kita jadikan acuan.


Lalu pertanyaannya….Bagaimana cara mengetahui tipe sistem operasi yang laptop saya jalankan ?


Untuk pengguna sistem operasi Windows, buka Control Panel / System and Security / System. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


 


Perhatikan bagian yang saya tandai dengan kotak merah. Dari gambar diatas dapat kita ketahui jika laptop yang saya ambil screenshotnya menggunakan sistem operasi windows 10 tipe 32 bit.


Sampai tahap ini, anda sudah mengetahui informasi yang cukup tentang sistem operasi yang laptop anda gunakan, dan fungsinya akan kita gunakan nanti pada saat mendownload driver vga yang kompatibel.


Jadi, lanjutkan terus membaca………


# 2. Driver Tidak Sesuai Spesfikasi Vga Yang Laptop Gunakan
Pengguna komputer yang awam [semoga mereka tidak awam lagi setelah membaca artikel ini ] menganggap driver itu seperti SCTV [satu untuk semua ]. Mereka beranggapan driver dapat digunakan oleh semua laptop asalkan menggunakan vga dengan merk yang sama.


Sebagai contoh, dua buah laptop dari Acer yakni Aspire E1-470G dan Aspire E1-471G. kedua produk laptop tersebut memiliki spesifikasi yang hampir sama, mulai dari procesor yang digunakan [ sama-sama intel Core i3 tapi berbeda generasi ], jumlah memory Ram yang sama 4 GB, dan tentunya Vga sama-sama menggunakan Nvidia [ bedanya Aspire E1-470G menggunakan Nvidia Geforce 720 M, sedangkan Aspire E1-471G menggunakan Nvidia Geforce 710M ].


Dengan spesifikasi vga yang mirip wajar saja saya rasa jika banyak yang menganggap kedua laptop ini menggunakan driver vga yang sama. Tetapi hal yang sepele seperti inilah yang seringkali membuat jengkel, karena sudah terlanjur didownload dengan susah payah tetapi hasilnya nihil.


Nah…setelah mengetahui masalah utamanya maka masalah selanjutnya bagaimana cara mendapatkan driver vga nvidia yang sesuai dengan spesifikasi dari laptop yang digunakan ?.
 

Tenaaang….berikut penjelasan lengkapnya.

# 2.1. Cara Download Driver Vga Nvidia Yang Sesuai Spesifikasi Laptop
Kunjungi situs resmi nvidia berikut http://www.nvidia.com/Download/index.aspx?lang=en-us
Dan tampilan halaman dari situs nvidia tersebut akan tampak seperti gambar berikut ini :





Perhatikan form pencarian dari gambar diatas, saya telah menambahkan urutan berupa angka yang maksudnya memudahkan anda mengisis form tersebut sesuai dengan aturan [ dari nvidia ].


Sebagai contoh, saya mengambil sampel laptop Acer yang sudah saya ceritakan diawal tadi yaitu Acer Aspire E1-470G.


Pada Form yang saya beritanda dengan angka 1 untuk menentukan type dari GPU yang digunakan oleh vga laptop. Karena sebagaimana diketahui Nvidia banyak menelurkan GPU handal yang salah satunya tipe GeForce ini.


Karena Acer Aspire E1-470G tipe GPU yang digunakan adalah Geforce, maka pilihlah GeForce dan untuk tipe lainnya silahkan anda sesuaikan saja.


Sedikit tambahan informasi, Untuk mengetahui lini produk GPU nvidia apa saja yang tersedia dipasaran, klik form Product Type.


Pertanyaannya…Bagaimana cara mengetahui laptop yang digunakan menggunakan GPU tipe GeForce ?


Untuk menjawab hal tersebut, gunakan Teknik 3T dari saya


Pada form yang selanjutnya yakni No.2, pilih seri dari GPU Geforce, sesuaikan lagi dengan Spesifkasi laptop anda, untuk kasus ini Acer Aspire E1-470G yang menggunakan Geforce 720M, maka pilihannya adalah Geforce 700M series untuk Notebook.


Penting…….!
Bedakan antara seri Geforce 700 untuk Notebook dengan Geforce 700 untuk VGA Card. Karena yang kita jadikan contoh adalah Geforce seri 700 untuk laptop, maka pilih Geforce seri 700 Series untuk Notebook.


Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


 


Form selanjutnya yakni No.3 pilih Geforce GT 720M
Dan untuk form 4 dan 5, sesuaikan dengn sistem operasi yang digunakan dan format bahasa yang anda inginkan [ defaultnya gunakan english saja karena bahasa indonesia belum disupport ].


Selanjutnya, klik display result dan anda akan dibawa kehalaman download driver sesuai dengan informasi yang anda masukkan pada form diatas.

# 3. Driver Tidak Diinstall Sesuai Dengan Urutan
Faktor ke 3 yang menjadi penyebab anda gagal pada saat menginstall driver vga nvidia adalah salah urutan.


Kembali lagi saya mengambil contoh Acer Aspire E1-470G yang menggunakan kombinasi dua VGA yakni Intel HD Graphics 4000 dan Nvidia GeForce 720M.


Karena VGA utama dari laptop ini adalah Intel HD Graphics, maka driver yang pertamakali anda install tentunya driver utama, beru kemudian driver untuk vga tambahan yakni NVidia Geforce 720M.


Jika anda mencoba membalikkan urutan, saya pastikan proses tersebut akan gagal [ ternyata tertib harus diterapkan disegala tempat ya ].


Kesimpulan

  1.  Pada saat anda melakukan instalasi driver VGA nvidia, pastikan terlebih dahulu driver yang anda gunakan telah sesuai dengan seri dan tipe dari sistem operasi yang laptop anda jalankan pada saat itu.
  2. Gunakanlah selalu driver yang sesuai dengan spesifikasi dari vga yang laptop anda gunakan, karena driver itu sekali lagi saya ingatkan bukan SCTV yang satu untuk semua. Dan jika masih bingun bagaimana cara mengetahui spesifikasi dari VGA laptop yang digunakan baca panduan berikut.
  3. Pada saat menginstall driver vga pada laptop yang memiliki dual vga seperti pada kasus Acer Aspire E1-470G dan Aspire E1-471G, dahulukan untuk menginstall driver VGA utama yaitu Intel HD Graphics, baru kemudian menginstall driver VGA tambahan yakni Nvidia Geforce.
Pastikan anda Menyukai Fans Page Facebook Mykios Driver Untuk Menjadi Yang Pertama Mendapatkan Aneka Panduan Yang Akan Menambah Pengetahuan Anda Seputar Komputer dan Sistem Operasi Windows

Yang Rada Mirip: