7 Tool Yang Perlu Anda Miliki Saat Install Ulang Laptop

Sebagai seorang tehnisi atau pengugna Laptop atau Komputer yang sering sekali dimintai tolong untuk melakukan install ulang sistem operasi windows, kita sebaiknya memiliki perkakas atau alat tempur yang dapat kita gunakan jika ditengah perjalanan memnemui kendala Sebelum dan sesudah proses install ulang laptop atau komputer. 

Saya mengibaratkan proses install ulang itu seperti perang karena jika sampai nanti ada masalah yang kita temukan tidak terselesaikan, maka harga diri juga menjadi taruhannya, meski minta tolong tapi ucapan seperti (Yaa...Yang kayak gini gak bisa, mending ke Si Anu saja .....) Sakitnya Tuh Disini.

Berkaca dari pengalaman tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan share tool apa saja yang saya butuhkan untuk menunjang proses instalasi sistem operasi Windows pada komputer atau laptop, dan saya jamin akan meringankan tugas anda. 

Tool yang akan saya jelaskan akan saya bagi menjadi dua yaitu : Tool sebelum proses Install Ulang (Pre Install) dan Tool Setelah Install Ulang (Pasca Install).

5 Tool Yang Perlu Anda Miliki Sebelum Install Ulang Laptop

Pre Install

CD Maupun File ISO Windows, adalah hal paling utama yang perlu anda miliki jika ingin melakukan install ulang komputer atau laptop. versi Windows yang ada saat ini dan masih layak digunakan yaitu Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Sedangkan untuk sistem operasi windows lawas seperti Windows XP dan Vista sepertinya sudah ditinggalkan oleh penggunanya karena rentan sekali terhadap serangan virus.

Universall USB Installer, adalah sebuah tool yang digunakan untuk menjadikan flashdisk sebagai pengganti keping DVD Windows yang akan kita gunakan untuk install ulang. 

Software ini membantu sekali karena dari pengalaman menginstall ulang laptop dengan menggunakan flashdisk, waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat, saya hitung-hitung saat install Windows 8.1 pada laptop Lenovo G405 hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, hebat bukan.

Hirens Boot CD, adalah sebuah sistem operasi yang kita gunakan sebagai media penyelamat data jika komputer atau laptop yang akan kita install ulang sistemnya sudah hancur lebur, sementara data pada harddisk laptop yang kita akan install ulang masih ada yang belum diselamatkan. 

Hirens Boot akan menjadi Sistem Operasi sementara (live CD) sehingga laptop dapat kita gunakan dan kesempatan itulah yang akan kita manfaatkan untuk mencopy file dari laptop tadi.

DVD Maupun File ISO Linux Ubuntu, sebenarnya fungsi dari DVD maupun File ISO Linux Ubuntu sama dengan Hirens Boot CD sebagai OS sementara guna menyelamatkan data yang masih tertinggal diharddisk laptop yang akan diinstall ulang. Alasan saya memilih Linux Ubuntu karena OS ini banyak digunakan dan cara pengoperasian yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan Hirens Boot.

Pasca Install
Driver Pack Solution, sebuah software yang berisikan ribuan database driver komputer. program ini buatan rusia, dan akan sangat berguna sekali jika anda tidak memiliki driver bawaan laptop dan malas untuk mendownloadnya kembali dari situs resmi produsen laptop yang anda gunakan. 

Namun yang kurang dari software ini adalah ukuran file yang begitu besar, bisa mencapai 8 GB dan butuh waktu lama untuk mendownloadnya. Lebih lengkap tentang Driver Pack Solution, baca Review lengkapnya disini.

Driver Genius, adalah sebuah program yang memiliki fungsi yang sama dengan Driver Pack Solution. Namun kelebihan dari software yang satu ini adalah ukuran file yang jauh lebih kecil yakni hanya 12 MB saja. Hal ini dikarenakan software ini tidak berisikan kumpulan driver secara langsung, melainkan berfungsi sebagai scanner yang akan mendeteksi driver laptop yang belum terinstall dan mendownloadnya langsung dari secara online dengan jaringan internet. kekurangannya dari software ini adalah, tool ini tidak akan ada gunanya jika tidak ada jaringan internet. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya tentang Driver Genius.

AMD Auto Detect, sebuah program mini dari AMD yang sangat bagus dalam membaca spesifikasi VGA laptop yang menggunakan VGA AMD. Tool ini hanya berukuran beberapa MB saja, dan setelah Vga terdeteksi, maka software ini akan mendownloadkan driver yang dibutuhkan langsung dari situs resmi AMD. Itulah 7 Tool Yang Perlu Anda Meiliki saat Install Ulang Laptop, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: