8 Langkah Mudah Merawat Komputer Lama Anda Agar Performanya Seperti Baru

Komputer atau laptop secanggih dan segahar apapun spesifikasi yang dimiliki, lama kelamaan performanya pasti akan menurun. 

Penurunan performa adalah hal yang wajar terjadi dan wajib dialami oleh para setiap komputer, tidak peduli apapun spesifikasinya

Namun dengan perawatan yang tepat dan rutin, performa dan daya tahan komputer bisa dipertahankan serta tetap dalam kondisi yang prima dalam kurun waktu yang lebih lama.

Berikut ini adalah tips yang dapat membantu anda mempertahankan performa komputer anda tetap prima, lengkap dengan gambar sehingga mudah untuk difahami. 


Tips berikut meliputi perawatan hardware dan software yang rutin saya lakukan guna mempertahankan performa komputer tetap stabil.

Perawatan software

1. Membersihkan File-File Sampah Dari Harddisk. Untuk melakukan tugas ini windows punya tool yang dapat kita akses dengan melakukan klik kanan pada partisi sistem (Local Disk C). 

Kemudian pilih Properties, dan jalankan Disk CleanUp. Melakukan disk clean up sebaiknya dilakukan minimal satu kali dalam seminggu, agar file sampah tidak membengkak dalam harddisk.

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Disk Clean UP
2. Menginstall Antivirus. Sistem operasi windows sangatlah rentan akan serangan virus dan malware, sehingga menjalankan komputer tanpa perlindungan antivirus bukan opsi yang tepat untuk pengguna awam seperti saya. 

Antivirus yang bagus tidak melulu berbayar, seperti yang saya gunakan, Avast Free Antivirus, meskipun gratisan namun perlindungan yang diberikan cukup ampuh melindungi komputer pada saat online maupun offline. 

Yang tidak kalah penting, rutinlah untuk melakukan Update Antivirus agar komputer selalu terlindung. 

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Avast Free Antivirus


3. Mengatur Start Up Program. start up program adalah program yang pertama kali dibaca oleh sistem pada saat komputer pertama kali dihidupkan. 

Semakin banyak program start up maka akan semakin lama juga komputer dalam melakukan proses booting. 

Untuk mengatur program start up, cukup dengan membuka Task Manager, dan pada tab Start Up program, pilih opsi Enable program-program yang akan dibiarkan terload saat komputer dihidupkan, dan Disable program yang tidak penting dan memiliki prioritas High. 

Antivirus adalah program yang diprioritaskan untuk tetap standby seawal mungkin agar tidak ada celah bagi penyusup sistem menggrogoti sistem. 

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Start Up program


4. Uninstall Progam Yang Tidak Terpakai. membiarkan komputer dengan banyak program tidak terpakai masih terinstall bukanlah tindakan yang bijak, karena akan membebankan sistem pada hal yang tidak berguna dan mengurangi kapasitas harddisk. 

Gunakan tool Uninstall Program dari Windows yang dapat diakses dengan mengakses Control Panel / Program / Uninstall Program.

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Uninstall Program

Perawatan Hardware

5. Selalu Gunakan UPS. UPS berperan sebagai baterai bagi komputer desktop seperti layaknya baterai pada Laptop. 

Daya dari UPS akan digunakan saat tiba-tiba aliran arus listrik dirumah kita mati. Dengan tenaga cadangan dari UPS, kita memiliki waktu yang cukup untuk menyimpan pekerjaan yang belum tersimpan dan bisa dilanjutkan kembali nanti saat listrik kembali menyala. 

Selain itu, menggunakan UPS juga dapat menghindarkan dari Harddisk dari Bad Sector akibat proses perputaran cakram dalam harddiks terhenti dengan tiba-tiba saat aliran listrik berhenti mendadak. 

6. Membersihkan kipas Procesor. Komponen PC yang berada didalam casing seperti kipas procesor dan procesornya sendiri perlu sekali dalam kurun waktu tertentu untuk dibersihkan dari kotoran seperti debu yang terkadang tidak kita perhatikan sudah menumpuk didalam casing. 


Sekali waktu debu-debu yang berada pada kipas procesor perlu dibersihkan dengan menggunakan kuas agar Debu tidak mengotori kipas  yang akan mempengaruhi kinerja kipas yang bertugas mendinginkan procesor.

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Procesor Yang Kotor

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Kipas Procesor


7. Membersihkan Slot Memory Ram. Apakah anda sering mengalami kejadian dimana komputer saat dihidupkan blank, dan hanya terdengar bunyi bip terus menerus. 

Hal ini menandakan lot memory ram dan motherboard komputer anda perlu dibersihkan dari debu yang menumpuk didalamnya. 

Gunakan kuas dengan ukuran kecil dan tentunya kering untuk melakukan tugas ini. Tidak perlu terlalu rutin, tetapi usahakanlah setiap bulan melakukan bersih-bersih pada area ini.

8 Langkah Mudah Merawat Komputer
Slot Memory RAM

8. Membersihkan Keyboard. Tidak bisa dipungkiri jika, keyboard yang tidak nyaman digunakan akan mempengaruhi hasil kerja kita. 

Bukan saja karena keyboard yang digunakan sudah berumur lama, tetapi ada penyebab lain. Saya pribadi sering mengalami keyboard yang macet saat ditekan, dan masalahnya adalah debu yang menumpuk disela-sela tombol keyboard. 

Gunakan kuas untuk membersihkan debu tersebut secara rutin agar tombol keyboard lancar saat digunakan.

Sekian artikel tentang 8 Langkah Mudah Merawat Komputer, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: