Cara Menggunakan Lighshoot Untuk Mengambil dan Edit Screenshot Bersamaan

Membuat screenshoot seringkali saya lakukan untuk memperjelas maksud dari artikel yang saya publikasikan. 

Biasanya saya jika ingin membuat screenshoot sebuah halaman web atau prosess instalasi untuk menunjang sebuah artikel, memanfaatkan fasislitas Print Screen yang sudah ada pada laptop dengan menekan kombinasi dari tombol “Alt dan PrtSc SysRq”. 

Tetapi metode ini memiliki kekurangan yaitu kualitas gambar yang kurang baik serta harus diedit dulu jika ingin menambahkan penunjuk seperti tanda panah atau sekedar menampilkan alamat blog.

setelah mengambil screenshoot kita bisa menggunakan photoshop, gimp atau Microsoft paint untuk menyimpan gambar screenshoot yang diambil serta mengeditnya sesuai dengan keinginan. 


Dari ketiga software tersebut, program paling baik untuk mengedit dan menyesuaikan gambar yang diinginkan tentunya photoshop. 

Sedangkan Microsoft pain maupun gimp memiliki kekurangan berupa tidak lengkapnya fitur yang dimiliki serta penggunaan yang sedikit agak ribet karena kurang biasa menggunakannya.

Lalu seperti judul yang saya tulis diatas, bagaimana cara mengambil screenshoot dan mengeditnya secara bersamaan. 


Sehari-hari saat mengambil screenshoot sebuah proses instalasi atau apa saja, saya menggunakan sebuah software yang bernama Lighshoot. 

Software ini berukuran mini dan cocok sekali digunakan bagi anda yang sering membuat artikel tutorial untuk konten blog anda.

Kelebihan Lighshoot

Ukuran file yang kecil, hanya berukuran 2 MB saja, tentunya jauh lebih kecil dibandingkan jika kita menginstall aplikasi edit gambar seperti photoshop yang berukuran ratusan MB dan lisensinya berbayar. 

Paling banter kita ujung-ujungnya akan menggunakan software bajakan. Tetapi photoshop juga butuh spek computer atau laptop yang cukup agar kinerja computer jika menjalankan beragam aplikasi bersamaan tidak droop. 

Apalagi bagi yang hanya memiliki perangkat netbook yang kita tahu punya spek yang rendah dan kinerja yang terbilang pas-pasan. Dengan lightshoot computer atau netbook dengan spesifikasi minimalpun tidak akan menjadi masalah karena sangat ringan dan tidak akan memberatkan system.

Lisensi yang  gratis, kita semua pasti lebih senang dengan program atau aplikasi yang lisensinya gratis. Karena bagi saya lisensi untuk photoshop terlampau mahal. 


Lighshoot dapat kita download tanpa harus membeli, mendaptarkan email dan segala hal lain. Untuk mendownload lighshoot, kita tinggal download saja disitus resminya.

Penggunaan yang mudah, Jika mengambil screenshoot dengan cara biasa, kita melakukan kombinasi “Alt + Print Screen”. 


Tetapi jika menggunakan Lighshoot cukup menekan tombol Print Screen saja, lebih simple bukan.

Tersedia untuk Mac dan Windows, dua system operasi yang memiliki basi pengguna terbanyak yakni windows dan mac dapat menggunakan Lighshoot. 


Tetapi sayangnya pengguna linux tidak ada support dan mesti bersabar siapa tahu kedepannya dirilis untuk linux.

Cara Menggunakan Lighshoot

Untuk mengambil screenshoot dari aktifitas desktop yang harus kita lakukan hanya menekan tombol printscreen. 

Kemudian gerakkan kursor serta atur bagian mana dari gambar desktop yang akan kita ambil. Selanjutnya untuk mengedit hasil tangkapan gambar seperti menambahkan tulisan maupun penunjuk atau tanda panah, silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Cara Mengambil dan Edit Screenshot Bersamaan

  • No 1, digunakan untuk menambah tanda panah, cara penggunaan klik dan tarik garis panah sesuai dengan kebutuhan.
  • No 2, untuk menambahkan teks atau angka, tinggal klik pada bagian yang ingin ditambahkan teks kemudian akan muncul bagan berbentuk persegi empat tempat kita menuliskan kata yang kita inginkan.
  • No 3, untuk mengatur warna dari teks yang kita tambahkan pada screen shoot, pada contoh diatas saya menggunakan warna merah agar terlihat lebih jelas dengan dengan latar belakang warna biru yang ada.
  • No 4, digunakan untuk menyimpan file gambar hasil screenshoot, format yang ada adalah PNG yang ukuran file lebih kecil jika disbanding dengan JPG atau jenis file gambar lainnya.
Nah itulah sedikit informasi tentang Mengambil dan Edit Screenshot Bersamaan semoga bisa bermanfaat dan selamat tahun baru 2015.

Yang Rada Mirip: