Cara Mendapatkan Update Android Smartphone Samsung

Perangkat Smartphone Android menjadi perangkat Smartphone yang paling banyak digunakan oleh pecinta gadget seluruh dunia. faktor yang menyebabkannya sedemikian terkenal adalah sifat dari Sistem Operasi Android yang terbuka dan bebas dikembangkan oleh siapa saja. 

selain itu perangkat android juga tersedia dalam berbagai segmen yang memudahkan pengguna memilih produk smartphone yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan dana yang calon pengguna miliki.

Kemudahan pengoperasian juga menjadi faktor penting yang menyebabkan Android begitu disukai oleh banyak orang seperti saya. Termasuk jika ingin mendapatkan pembaharuan perangkat lunak (firmware) android terbaru yang disediakan secara berkala oleh masing-masing produsen perangkat smartphone. Untuk mendapatkan pembahruan perangkat lunak smartphone Android khususnya Samsung dapat dilakukan dengan dua metode yaitu : secara langsung dan tidak langsung.

Cara Langsung
yang dimaksud dengan cara langsung adalah kita mendapatkan update perangkat lunak terbaru langsung dari perangkat smartphone yang kita gunakan. Umumnya perangkat smartphone android, kita dapat mengecek apakah ada update yang perangkat smartphone kita dapatkan dengan mengakses Menu Setting, Tentang Ponsel dan Update Perangkat Lunak.

Jika ada file update yang disediakan, maka kita dapat langsung mendownloadnya langsung dengan bantuan jaringan Wifi atau menggunakan paket data. Menggunakan jaringan Wifi adalah metode yang paling direkomendasikan karena ukuran file update khususnya peningkatan versi OS (Jelly Bean Ke Kit Kat) memiliki ukuran file yang lumayan besar, bahkan bisa mencapai 200 MB lebih. Kita juga bisa menggunakan paket data dari Provider Internet Indonesia, tetapi berdasarkan pengalaman pribadi saya, proses Update sering kali gagal dikarenakan signal yang tidak stabil. Pasti jengkel downk jika update telah mencapai 70% kemudian proses download gagal karena signal tiba-tiba down.

Cara Tidak Langsung

Yang saya maksud cara tidak langsung adalah kita mendownload terlebih dahulu firmware yang terbaru dari perangkat yang kita gunakan, kemudian menginstallnya dengan menggunakan PC atau Komputer. Metode ini memang agak sedikit ribet karena perlu proses yang lumayan agak rumit, karena kita juga membutuhkan program pembantu seperti Odin Multi Downloader dan BENI_v1.0.ops. Untungnya kedua file tersebut tersedia banyak diinternet, silahkan luangkan sedikit waktu untuk mendownloadnya.

Masalah yang paling utama dalam menggunakan metode tidak langsung ini adalah, dimana kita mendapatkan firmware terbaru untuk perangkat kita. Saya sendiri awalnya memang agak kebingungan untuk mencari Firmware perangkat Smartphone samsung Galaxy Fit dan Grand Duos yang saya gunakan. Namun akhirnya saya menemukan sebuah situs yang menyediakan Update Firmware dari smartphone khususnya Samsung.

Samsung-updates.com adalah situs yang saya maksud dan situs menyediakan beragam fimrware produk samsung yang terbaru maupun versi Lawas seperti Samsung galaxy Fit yang saya gunakan. Pada situs ini pula kita bisa mendapatkan firmware terbaru seperti Android Lolipop untuk perangkat Samsung yang secara resmi telah mendapat jatah Update Android Lolipop.


Cara mendownload File Update (Firmware) dari Samsung-Updates.com

Pertama buka situs http://samsung-updates.com/ sehingga akan tampil halaman situs yang akan meminta kita untuk memilih perangkat yang yang akan kita download firmwarenya pada kotak pencarian pojok kiri atas seperti gambar dibwah ini.


Cara Mendapatkan Update Android Smartphone Anda
Setelah kita memilih perangkat yang sesuai, maka tunggu beberapa saat situs akan menamilkan hasil berupa link download firmware yang kita butuhkan. Dalam contoh ini saya sedang mencari pembaruan perangkat lunak untuk Samsung Grand Duos dan saya harus kecewa karena sistem operasi android untuk perangkat saya ini hanya mentok pada Android jelly Bean 4.2.2.



Cara Mendapatkan Update Android Smartphone Anda


Catatan :
Sebelum anda mengklik tombol download seperti yang telah saya tandai dengan kotak warna merah, sebaiknya cek terlebih dahulu Region dari Firmware tersebut apakah untuk Region Indonesia atau Bukan. Untuk Region Indonesia, biasanya ditandai dengan Kode XSE, jika sudah sesuai, maka silahkan anda download filenya.

Sekian Informasi tentang Cara Mendapatkan Update Android Smartphone Samsung, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: