Pengalaman Menjalankan Downgrade Sistem Operasi Dari Windows 8 Ke Windows 7

Kemarin saya telah melakukan Downgrade dari Windows 8.1 Pro 64 bit yang saya install dalam laptop acer aspire E1-470G. 

Sedangkan Aspire 4250 masih tetap menggunakan Windows 8.1. hal yang menyebabkan saya melakukan downgrade adalah kebutuhan akan windows 7 untuk melakukan flashing pada perangkat samsung yang akhir-akhir ini sering saya lakukan lebih tepatnya adalah mencoba Custom Rom android terbaru untuk perangkat samsung yang saya gunakan. 

Seperti yang telah saya informasikan dalam artikel saya tentang penyebab perangkat samsung tidak terbaca oleh sistem operasi windows, kedua laptop yag sama-sama menggunakan windows 8 selalu gagal membaca perangkat samsung saat masuk Download Mode, hal ini memaksa saya untuk menggunakan laptop orang lain dengan sistem operasi windows 7 dan jika sudah sampai 3 kali terasa tidak enak untuk minjem terus.

Atas alasan itulah saya memutuskan untuk mendowngrade acer E1-470G, dan dalam proses pasca instalasi saya mendapatkan masalah dimana Driver bawaan yang berada dalam CD tidak dapat digunakan ketika mencoba menginstallnya dalam Windows 7 32 bit. Saya mencoba alternatif lain dengan mencarinya disitus resmi Acer dan hasilnya tidak ada driver untuk Windows 7 32 bit.



Untungnya dari kegagalan yang pernah saya alami saat melakukan install ulang laptop, meberikan banyak ilmu yang membuat saya dapat dengan cepat berfikir dan segera menemukan solusinya. 

Jujur saja sangat jengkel rasanya jika melihat begitu banyaknya hardware pada device manager yang bertanda seru kuning. 

Driver yang saya butuhkan pertama dan paling penting adalah VGA. Acer Aspire E1-470G menggunakan Intel HD Graphics 4000, dan  dapat dengan mudah saya dapatkan dengan mendownloadnya langsung dari situs resmi Intel, seperti yang telah saya sahre dalam artikel saya ini. Begitu juga dengan VGA nVidia Gforce 720M tanpa masalah tinggal sedot saja dari situs resmi nVidia.

Sedangkan untuk Wifi, Ethernet, USB, Webcam,Chipset dll saya menggunakan driver yang digunakan oleh produk laptop Acer yang spesifikasinya rada-rada mirip dengan acer E1-470G yakni Acer Aspire E1-471G. 


Alhamdulillah semuanya dapat terinstall dengan baik dan semua hardware terbaca seperti menggunakan Driver bawaan.

Saya tidak menggunakan Driver Pack Solution karena saya memang lebih percaya dengan driver yang berasal dari situs resmi, dan DRP hanya saya akan gunakan jika sudah tidak ada jalan lain lagi untuk mendapatkan Driver.

Kesimpulan

Jika anda melakukan hal yang sama dengan saya yakni melakukan Downgrade dari Windows 8.1 Ke Windows 7 32bit pada laptop Acer E1-470G, Gunakan Driver dari Acer Aspire E!-471G untuk Driver Chipset, Ethernet, Wifi, Bluetooth, USB, Touchpad dll.

Yang Rada Mirip: