Cara Memacu Kinerja Komputer Tua (Jadul)

Cara Memacu Kinerja Komputer Tua ( Jadul ) - Seperti beberapa artikel  dengan tema Komputer Tua alias jadul yang saya telah posting dan sebagian besarnya adalah curhat saya tentang bagiamana suka duka menggunakan komputer yang sudah umuran namun masih terlalu sayang untuk menjadi milik pemulung atau pengumpul barang bekas (banyak cerita indah dibalik kelusuhannya . Dan pada kesempatan kali ini, saya akan curhat lagi tentang komputer tua milik saya, yang memiliki beragam penyakit, dan salah satunya adalah performa yang lambat.

Penyebab Penurunan Performa Komputer
Performa sebuah komputer yang lambat bisa disebabkan dua hal yaitu masalah pada hardware dan masalah pada softwarenya. Hardware yang bertanggung jawab terhadap performa sebuah komputer tidak bisa kita selalu mengkambing hitamkan Procesor, karena antara komponen yang satu dengan yang lain saling berhubungan. Jika kita sudah tahu kalau processor yang kita gunakan adalah versi lama (umuran seperti pentium 4 atau E220 dualcore) sebaiknya lebih bijaklah dalam memasang sistem operasi atau program lain versi terbaru yang berat. Gunakan sistem operasi yang ringan seperti Windows 7 starter yang relatif lebih ringan dari versi windows 7 lainnya seperti profesional atau windows 7 ultimate.

Saya tidak menyarankan menggunakan Windows XP karena sistem operasi ini sudah tidak didukung lagi oleh microsoft serta banyak sekali celah keamanan yang dapat dengan mudah ditembus oleh virus dan kawan-kawannya.  Sedangkan untuk linux sepertinya masih sepi peminat, karena sudah terbiasa menggunakan Windows. Walaupun saat ini sudah ada sistem operasi linux yang tampilan dan pengoperasiannya sangat mirip dengan windows 7 yaitu Zorin OS.

Komputer yang lambat bisa juga disebabkan oleh harddisk yang sudah memasuki masa pensiun. Pengalaman saya, meskipun diinstall lagi dengan sistem operasi baru, harddisk yang sudah akan mati tetep saja lambat. Untuk mengetahui kondisi harddisk anda apakah masih dalam kondisi yang layak digunakan atau tidak, anda bisa mempraktekkan tips yang sudah saya uraikan dalam artikel Cara Mengecek Kondisi Harddisk.



 Komputer Tua

Komputer Lambat Yang Disebabkan Oleh Software Atau Aplikasi

Program seperti antivirus dengan merk Kaspersky, AVG, Komodo dll adalah beberapa merk antivirus yang terlalu berat untuk dipasang pada komputer yang sudah uzur. Saran saya gunan saja antivirus ringan namun terpercaya seperti Microsoft Security Esential yang merupakan antivirus gratisan dari Microsoft. Meski gratisan, jangan tanya tentang performanya dalam melindungi sistem dari beragam ancaman virus yang semakin hari semakin ganas.

Sebagai pelengkap, gunakan Ccleaner yang akan membantu kita membersihkan registry dan file sampah yang menumpuk didalam sistem. Selain itu fitur Ccleaner seperti Start Up Manager dapat anda optimalkan untuk menghapus beraga program yang akan diload saat komputer pertama kali dihidupkan dan menjadi salah satu penyebab komputer menjadi lambat.

Tambahan Untuk Yang Suka Main Game

Game memang menjadi program yang wajib diinstall dalam sebuah komputer atau laptop. Jika komputer yang digunakan sudah berumur. Maka tips dari saya jika ingin tetap menggunakan komputer tersebut untuk bermain game adalah :

Installah game yang sesuai dengan spek komputer, misalnya anda suka game bola seperti PES, karena menginstall game PES 2014 sudah tidak mungkin, maka anda bisa menginstall PES versi terdahulu seperti PES 2012 yang memiliki spesifikasi yang lebih ringan. Dan gunakan Game Booster untuk meningkatkan performa komputer agar performa komputer saat menjalankan game menjadi lebih optimal.

Yang Rada Mirip: