Review Samsung Galaxy Prime SM-G530H

Samsung sebagai salah satu perusahaan teknologi dunia tidak henti-hentinya menelurkan produk smartphone android baru yang membuat kita selalu ingin ganti-ganti hape. Trik Samsung ini memang telah sukses mengangkat pamor Samsung yang semula lebih dikenal sebagai produsen elektronik kelas 2 menjadi perusahaan yang disegani. 

Produk smartphone dari Samsung juga tersedia untuk semua kalangan, baik itu kelas bawahlah istilahnya, menengah dan segmen kelas atas juga ada.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sebuah smartphone kelas menengah yang beberapa waktu lalu berkesempatan saya coba yaitu Samsung Galaxy Prime SM-G530H. 


Awalnya saya berpendapat jika Galaxy Prime SM-G530H akan seperti Samsung Galaxy Grand Duos dan hanya berbeda bentuk fisiknya saja. Namun setelah saya coba periksa lagi lebih teliti, ternyata ada beberapa point yang saya catat sebagai kelebihan dan kekurangan yang akan saya share pada kesempatan kali ini.

Samsung Galaxy Prime SM-G530H

Kelebihan Galaxy Prime SM-G530H

Sistem Operasi Sudah Menggunakan Android Kit Kat 4.4.2, Saya dari awal sangat penasaran dengan system operasi Android Kit Kat yang merupakan penerus dari Jelly Bean yang telah selsesai versinya pada versi 4.3. Kelebihan android Kit Kat jika dibandingan dengan Androdi jelly Bean, serta info yang saya kemupulkan dari berbagai sumber adalah :
  • Menu Bar yang transparan, tidak seperti Android jelly Bean yang memiliki warna latar belakang hitam. Perubahan ini terbilang cukup baik karena membuat tampilan halaman awal menjadi lebih menarik danlebih menyatu dengan wallpaper yang kita gunakan.
  • Wallpaper langsung menjadi gambar latar belakang menu dan membuatnya tidak terlalu monoton seperti yang ada pada Jelly Bean yang hadir dengan latar belakang warna hitam
  • Samsung Galaxy Prime SM-G530H memiliki daya tahan baterai yang cukup baik, dimana untuk penggunaan normal bisa tahan sampai 17 jam, ini tentunya berkat Baterainya yang 2600 mah.
  • Icon aplikasi yang lebih besar dibandingkan system operasi Android Jelly Bean, jadi lumayan mengurangi kesalahan dalam mengakses aplikasi.
Kamera Yang Keren, Saya mengatakan Galaxy Prime SM-G530H memiliki kamera yang keren setelah melihat hasil jepretan yang menghasilkan gambar dengan kualitas baik dan kecepatan pengambilan gambar yang cepat. 

Kamera primer masih sama dengan Samsung Galaxy Grand Duos berupa 8 MP, dan kamera depatn 5 MP, jauh lebih baik dibandingkan Grand Duos yang hanya memasang kamera depat 2 MP. Yang lebih kerennya lagi, kita bisa merekam vdeo dengan kualitas HD menggunakan kamera Primer Samsung Galaxy Prime.
Layar Yang Lebar, Meskipun Samsung Galaxy Grand Duos juga memiliki lebar layar yang sama yakni 5”, namun bentuk body yang persegi member kesan yang lebih baik ketimbang Grand Duos. 

Performa Yang Cepat, Sektor dapur pacu yang menawarkan kinerja responsif yang power dengan ditenagai prosesor quad core berkecepatan masing-masing 1,2 Ghz, prosesor yang diusung adalah buatan qualcomm yaitu seri MSM8916 Snapdragon 410. Sedangkan untuk GPU atau unit pemrosesan grafis mengusung Adreno 306 sehingga mampu menghasilkan kinerja grafis yang baik.

Dual Sim Card, Dengan keberadaan dua buah slot SIM kita jadi tidak perlu repot-repot bongkar pasang kartu jika memiliki dua Nomor, namun hal ini bisa menguras daya baterai dengan cepat.

Konektifitas Yang Kencang, hal ini didukung keberadaan Bluetooth 4.0 yang akan membuat proses transfer file menjadi lebih cepat antar perangkat Android maupun laptop yang memiliki fasilitas Bluetooth seperti Acer Asire E1-470G yang saya gunakan.

Kekurangan Samsung galaxy Grand Prime SM-G530H

Memory RAM yang masih 1 GB dan itupun hanya tersisa 850 MB saja setelah dikurangi untuk system. Jadi jika ingin mendapatkan performa yang baik dalam bermain game menggunakan Samsung Grand Prime, sebaiknya matikan saja beragam proses yang tidak diperlukan menggunakan aplikasi optimasi memory.

Memory Internal 8 GB yang 3 GB lebih digunakan oleh system. Kondisi demikian akan membuat kita harus menambah memory eksternal minimal 4 GB untuk menyimpan beragam file seperti foto, mp3 dan video.

Yang Rada Mirip: