Perbedaan Intel Ivy Bridge Dengan Sandy Bridge

Kedua istilah yaitu Ivy Bridge dan Sandy Bridge mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan pembaca semua, karena artikel yang membahas tentang kedua topic tersebut sudah banyak dibahas dan boleh dibilang telah menjadi topic yang basi untuk diulas lagi. Tetapi seperti yang orang bijak pernah katakan “Ikatlah ilmu dengan menulisnya”,supaya tidak lekas lupa, maka saya akan tulis kembali artikel tentang Intel Ivy Bridge dan Sandy Bridge dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Pengertian

Ivy Bridge dan Sandy Bridge adalah Codename dari processor besutan intel. Ivy Bridge merupakan episode selanjutnya dari kesuksesan Intel dalam memberikan produk processor terbaik setelah sebelumnya produk Procesor Sandy Bridge laris manis dipasaran.

 Intel Ivy Bridge

Cara Membedakan

Baik intel Sandy Bridge maupun Ivy Bridge untuk membedakannya sangatlah mudah. Kita hanya perlu untuk memperhatikan penamaan yang diberikan kepada masing-masing produk processor. Misalnya Intel Core i5 2xxx, maka dapat kita pastikan jika processor tersebut adalah produk intel Sandy Bridge yang ditandai dengan angka dua setelah Core i5. Begitu pula dengan Intel Ivy Bridge yang ditandai dengan kemunculan angak 3 pada seri produknya.

Kelebihan Ivy Bridge Dibandingkan Sandy Bridge

  1. Penggunaan teknologi Tri-gate transistor 3D di dalam prosesor akan menekan konsumsi power hingga 50% dibanding pendahulunya.
  2. Prosesor Intel Ivy Bridge ini memiliki maksimum CPU multiplier sebesar 63, lebih besar 6 poin daripada Sandy Bride/Intel Core i 2nd generation. Semakin tinggi angkanya, maka performa prosesor makin tinggi karena clock speed meningkat.
  3. Prosesor Intel Ivy Bridge memiliki RAM support up to 2800MT/s pada level peningkatan 200 MHz.
  4. Prosesor Intel Ivy Bridge memiliki multiple 4K video playback sehingga pemutaran video/film berdefinisi tinggi akan semakin baik.
  5. Prosesor Intel generasi ke-3 ini juga didukung oleh grafis Intel HD Graphics 2500/4000 with DirectX 11, OpenGL 3.1, dan OpenCL 1.1 support.
  6. Mengikuti jejak prosesor Sandy Bridge E, Ivy Bridge dilengkapi dengan kontroler PCI Express generasi ketiga. Kontroler ini mampu menyediakan total bandwith per jalur sebesar 8GT/s (1GB/s).
  7. Jalur PCI Express yang disediakan oleh Ivy Bridge sebanyak 16 buah, lebih banyak daripada yang disediakan oleh Sandy Bridge 12 buah
Nah itulah perbedaan antara Procesor Intel Ivy Bridge dan Sandy Bridge, semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Yang Rada Mirip: