Penyebab Smartphone Samsung Anda Tidak Terdeteksi Windows

Penyebab Smartphone Samsung Tidak Terdeteksi Windows - Apabila google selaku pemilik sistem operasi mobile Android versi terbaru, saya selalu menyempatkan diri untuk mencari informasi apakah dua buah smartphone yang saya gunakan juga support atau mendapat update terbaru sistem operasi android. Dan kalau ada, tidak akan saya tunda lagi untuk mencari dan mencoba fitur-fitur terbaru yang ada dalam firmware update dari google tersebut.

Tidak heran jika salah satu smartphone yang saya gunakan Samsung galaxy Fit sering sekali gonta ganti sistem operasi, Mulai Froyo, Gingger Bread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kit Kat, balik lagi ke Gingger Bread. Pokonya dicoba saja, kalau tidak suka yang balik lagi kesistem operasi awal. 


Namanya juga Hoby, meskipun resiko yang harus kita terima jika salah prosedur bisa kehilangan Smartphone, tetapi yang namanya penasaran dan sekalian dapat ilmu baru seperti kasus ketika pertama kali mencoba memasang Firmware Android Gingger Bread 2.3.6.

Terlihat sangat mudah saat membacanya didalam artikel sebuah blog, tetapi saat dipraktekkan langsung membuat keringat dingin. Masalahnya adalah saat masuk ke Download Mode, Odin Multy Downloader yang merupakan tool untuk memasang Firmware ke smartphone selalu gagal dan tidak berfungsi dengan semestinya karena Windows gagal mendeteksi Smartphone.

Karena kuota internet waktu itu sudah habis untuk mendownload firmware android 2.3.6, saya mendapat ilham berdasarkan pengalaman install laptop, dimana hal yang menyebabkan hardware tidak dapat berkerja dengan semestinya disebabkan driver yang belum terpasang.

Untuk itu saya membongkar kotak bungkus Samsung Galaxy Fit untuk mengambil CD Samsung Kies yang merupakan aplikasi yang diberikan samsung untuk mengkoneksikan perangkat samsung dengan PC. Meski tidak begitu yakin, saya memutuskan untuk menginstallnya dan alhamdulillah perangkat Samsung Galaxy Fit terbaca dan pemasangan firmware berhasil.

Solusi Jika Tidak Punya CD Samsung Kies

Jika perangkat samsung yang anda miliki tidak memiliki CD karena sudah hilang atau anda membeli perangakt Second Hand. Samsung Kies dapat anda download dengan mengunjungi situs resmi samsung dan gunakan versi terbaru yang berukuran kurang lebih 120 MB saja.

Selain menggunakan Samsung Kies, jika anda ogah untuk menginstall aplikasi baru, anda juga bisa menginstall Samsung USB Driver yang akan membantu sistem operasi windows mengenali perangkat samsung anda (Didalam Samsung Kies sudah ada Driver USB dan dalam kasus ini masalahnya adalah Driver USB).

Tambahan Informasi

Beberapa waktu lalu, saat setelah bosan menggunakan Custom Rom Kit Kat dari CyanogenMod, saya bermaksud mengembalikan sistem operasi android kembali menggunakan Ginger Bread 2.3.6. hal ini karena berbagai alasan yang lebih lengkapnya dapat anda baca dalam artikel saya Menjajal Custom Rom Androdi Kit Kat Pada Samsung Galaxy Fit.

Saat melakukan proses install menggunakan Odin dan perlengkapan lainnya, Odin tidak berjalan dan bekerja sebagaimana mestinya meskipun Samsung Kies, Samsung USB Driver versi terakhir sudah saya install. Tetapi tetap saja hasilnya Nihil.

Cuma bedanya waktu itu saya menggunakan Windows 8.1 Pro 64 bit, satelah berulang kali mencoba dan gagal membuat saya mengambil kesimpulan jika Windows 8.1 lah yang menjadi penyebab. Terpaksa meminjam laptop teman untuk flash Samsung Galaxy Fit dan alhamdulillah lancar.

Kesimpulan

  1. Install Samsung Kies atau Samsung USB Driver sebelum melakukan proses flashing terhadap perangkat samsung anda.
  2. Jangan gunakan windwos 8.1 karena dari pengalaman saya yang selalu gagal, sebaiknya gunakan OS Windwos versi lawas, Rekomendasi saya adalah Windows 7.
Sekian Informasi tentang Penyebab Smartphone Samsung Anda Tidak Terdeteksi Windows, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip: