Bagaimana Cara Mengetahui Spesifikasi VGA Laptop Lenovo G405 ?

Cara Cek VGA Lenovo G405 Hanya 10 Detik – VGA adalah elemen penting dalam perangkat komputer yang bertanggung jawab atas kualitas grafis yang ditampilkan pada layar komputer yang anda gunakan.

Dalam sebuah perangkat hardware VGA , terdapat Procesor tersendiri yang berfungsi khusus untuk mengolah gambar.

Lenovo G405 sendiri adalah salah satu produk laptop murah yang dibekali dengan VGA yang cukup baik untuk kegiatan komputasi harian seperti mengolah dokumen, browsing internet, memutar musik dan Video.

Laptop ini salah satu dari sekian banyak produk yang menggunakan teknologi APU dari AMD, yang mana teknologi APU ini memungkinkan bersatunya dua buah procesor yaitu Procesor pengolah data AMD E 2100 dan Procesor pengolah gambar AMD RAdeon HD 8210 dalam satu buah Chip.

Baca Juga :
Pada umumnya laptop akan menampilkan spesifikasinya pada body laptop, data yang dapat kita temukan seperti : Bentang Layar, Procesor yang digunakan, kapasitas Hardisk, besarnya memory RAM, Tipe VGA, Kapasitas Daya Baterai dan Detail Wireless Adapter.

Namun jika tidak ada data yang ditampilkan pada body laptop, tips berikut bisa menjadi alternatif yang bisa anda gunakan.

Apabila anda menggunakan sistem operasi Windows seperti Windows 8.1 misalnya, anda dapat dengan mudah mengetahui spesifikasi dari VGA Lenovo G405 dengan memanfaat fitur-fitur dari Microsoft seperti Device Manager dan Windows System.

Atau...

Bisa menggunakan Software yang biasa kita install dalam komputer seperti Ccleaner, detail VGA yang laptop anda gunakan akan ditampilkan lengkap dengan besaran memory yang VGA terpakai.

Cara Mengecek Tipe VGA Lenovo G405 Dari Device Manager

Jika anda menggunakan windows 8.1, mengakses Device Manager akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan sistem operasi windows lain seperti Windows XP, Vista, Windows 7 dan Windows 8, oleh karena itu saya merasa aneh jika ada yang menganggap Windows 8.1 itu susah untuk digunakan.

Untuk mengakses Device Manager pada Windows 8.1 cukup dengan melakukan klik kanan pada tombol start, setelah itu beberapa fitur penting Windows seperti Control Panel, Device Manager, System, Disk Management dll dapat dibuka dengan satu klik saja.

Device Manager dalam sistem operasi Windows berfungsi menampilkan informasi tentang segala komponen Hardware yang Lenovo G405 gunakan baik itu yang drivernya telah terinstall maupun belum terintall.

Sebagai tambahan informasi, Hardware yang drivernya belum terinstall akan ditandai dengan ada Tanda Seru kuning Pada Device Manager.

Setelah masuk kedalam Device Manager klik pada Display Adapter dan akan ditampilkan tipe dari VGA yang laptop gunakan.

Laptop Lenovo G405 pada Display Adapternya akan menampilkan data berupa AMD Radeon HD 8210, jika hasil yang ditampilkan berbeda maka driver VGA laptop anda belum terinstall.

Baca Juga :

Gambar Device Manager
Gambar Device Manager

Dalam gambar yang saya ambil diatas adalah screenshot dari Device Manger Laptop Acer Aspire 4250 yang juga menggunakan Procesor AMD APU.

Metode pengecekan VGA dengan memanfaatkan Device Manager juga berlaku untuk pengguna Procesor lain seperti Intel, karena Device Manager adalah bawaan Windows bukan Procesor.

Cara Mengecek Penggunaan Memory VGA Menggunakan System Windows

Untuk Mengecek Penggunaan Memory VGA laptop Lenovo G405 menggunakan System Windows relative lebih mudah, karena tidak perlu klik kiri klik kanan, melainkan menggunakan kombinasi tombol “Logo Windows” dan “Pause Break”.

Metode ini juga berlaku bagi pengguna sistem operasi Windows lainnya seperti Window 7. Cara lain yang dapat digunakan untuk mengakses System Windows adalah dengan klik kanan pada My Computer lalu pilh Properties.

Gambar System Windows
Gambar System Windows


Dari Screenshot diatas dapat dengan jelas ditampilkan memory yang digunakan untuk VGA, dimana dari total RAM yang dimiliki yakni 2GB, 256 MB digunakan untuk VGA dan sisanya yang 1,7 GB untuk kelancaran sistem.

Besarnya memory yang digunakan untuk VGA akan berpengaruh terhadap kualitas grafis yang laptop tersebut tampilkan, tetapi harus seimbang juga dengan jumlah memory yang tersisa untuk sistem.

Untuk beberapa jenis laptop seperti Asus X201E, Netbook ini dapat diatur jumlah memory untuk VGA dengan merubahnya pada pengaturan BIOS.

Cara Mengecek Tipe VGA Lenovo G405 Dengan Ccleaner
 Kita semua pasti tahu jika Ccleaner itu adalah sebuah aplikasi yang fungsinya membersihkan sistem dari file-file sampah, Cache Internet dll yang jika dibiarkan menumpuk akan mempengaruhi performa laptop atau komputer.

Selain fungsi utamanya tersebut, aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengetahui VGA yang digunakan.

Gambar Ccleaner
Gambar Ccleaner

Dari Screenshot diatas dapat dengan jelas ditampilkan spesifikasi dari VGA yang digunakan, meskipun contoh diatas menggunakan Laptop Acer 4250, namun pada prakteknya nanti hasil yang ditampilkan juga akan sesuai dengan VGA laptop lain seperti Lenovo G405.
Baca Juga :
Namun kekurangan jika kita mengecek VGA laptop dengan Ccleaner adalah aplikasi ini tidak dapat membaca dengan lengkap VGA yang digunakan jika laptop menggunakan dua tipe VGA sekaligus, seperti laptop Acer Aspire E1-470G yang menggunakan Intel HD Graphics 4000 dan Nvidia Geforce 720M.

Data yang ditampilkan hanya VGA dengan bawaan Procesor yakni Intel HD Graphics.

Nah itulah beberapa alternatif cara yang dapat anda gunakan jika ingin mengetahui spesifikasi dari VGA laptop Lenovo G405 dan berlaku juga untuk merk laptop lain yang ada dipasaran meskipun menggunakan spesifikasi yang berbeda dengan Lenovo G405.

Jika ada informasi yang dirasa kurang jelas dari artikel ini, silahkan ajukan pertanyaan anda dikolom komentar tentunya dengan baik dan sopan.

Saya juga mengharapkan apabila artikel ini bermanfaat tolong di Share keteman, kerabat yang belum mengetahui cara Mengetahui spek VGA Laptop Lenovo G405.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Mengetahui Spesifikasi VGA Laptop Lenovo G405 ?"

Post a Comment