Cara Mendapatkan Driver Windows 7 Yang Tidak Disupport

Cara Mendapatkan Driver Windows 7 Yang Tidak Disupport Produsen Laptop. Semua produsen produk komputer atau laptop selalu merekomendasikan kepada pengguna produknya untuk mendapatkan driver dari driver bawaan yang biasanya dalam bentuk CD dan satu paket dengan Buku Manual. Atau pengguna juga mendownload driver-driver yang dibutuhkan dari situs resminya (itu kata mereka). Namun bagaimana jika kondisinya berbeda, dimana driver bawaan yang anda miliki dan situs resmi produsen laptop yang anda gunakan tidak mendukung sistem operasi yang anda gunakan ?.

Kejadian diatas pernah saya alami ketika melakukan Downgrade Windows 8.1 Pro 64 bit yang telah terinstall dengan mantap dalam laptop Acer Aspire E1-470G yang keren itu (wkwkwkwkwk). Namun karena suatu alasan tertentu saya harus merelakan sistem yang sudah nyaman saya gunakan, dan aplikasi yang sudah saya pasang juga terlanjur banyak.

Tak sampai disitu masalah yang dapatkan, setelah dengan berat hati melepas Windows 8.1 saya dihadapkan lagi dengan kenyataan yang mana CD Driver bawaan tidak dapat saya gunakan. Karena dalam label CD Driver tersebut telah jelas tertera jika Driver yang ada hanya Support untuk Windows 8 32 dan 64 saja.

Menelusuri Penyebab

Membaca sebuah artikel berita online nasional yang menginformasikan bahwa Penjualan Windows 8 meningkat berkat dukungan dari sebagian besar produsen produk komputer. Berita tersebut membuka fikiran saya jika pelan-pelan Microsoft dengan halus memaksa kita untuk menggunakan produk terbaru, begitu juga dengan seterusnya jika Microsoft kembali menelurkan produk sistem operasi terbaru.

Seperti yang kita tahu sebagian besar produsen laptop tunduk terhadap Microsoft karena Windows sistem operasi kesukaan pengguna komputer dunia, dan masih terlalu besar jumlahnya jika dibandingkan dengan pengguna Linux dan OS X Apple.

Microsoft mendesak produsen laptop untuk mengurangi support terhadap sistem operasi lawas seperti Windows 7 yang masih menjadi favorite sebagian besar pengguna Windows. Karena jika tidak Microsoft pasti rugi karena sistem operasi Windows 8 yang telah dibuat dengan susah payah dan dengan biaya yang tidak sedikit harus mengikuti jejak Windows Vista yang berpredikat sebagai produk gagal. 

Solusi Yang Dapat Diandalkan

Setelah mengetahui permasalahan sekarang saatnya mencari solusi untuk masalah yang saya dapatkan. Setelah memperhatikan dengan teliti beberapa driver yang saya koleksi bertahun-tahun dari hasil download dari situs resmi khususnya produk Acer (sebagai informasi saya sering diminta teman untuk install ulang laptop yang terkadang mengharuskan saya mendownload ulang driver dari situs resmi, dan driver dari laptop-laptop yang saya instll saya koleksi). Ternyata memiliki banyak kemiripan atau bahkan sama sehingga saya memiliki kesimpulan :
  1. Driver laptop untuk produk Acer yang masih satu tipe, misalnya seri E1-4xxx drivernya bisa digunakan pada produk laptop Acer dengan seri yang masih mirip-mirip.  Misalnya Acer Aspire E1-470G yang tidak disupport menggunakan Windows 7 32 bit kemungkinan drivernya bisa memanfaatkan driver Acer Aspire E1-471G untuk windows 7 32 bit. Dugaan saya benar, hardware seperti Ethernet, Wireless Lan, Audio, USB 3.0, Chispet, Touchpad, Card Reader semua dapat berjalan dengan lancar dan terinstall dengan sempurna tanpa menyebabkan kerusakan terhadap sistem operasi Windows 7 32 bit.
  2. Teori tersebut tidak berlaku untuk Driver VGA, karena kedua laptop tersebut menggunakan procesor yang berbeda meskipun sama-sama Core i3. Acer Aspire E1-471G menggunakan Intel HD 3000 dan Acer E1-470G menggunakan Intel HD 4000. Solusinya download saja Driver VGA dari situs resmi Intel, caranya ? silakan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Update VGA Intel. Sedangkan pengguna laptop AMD, tidak perlu risau juga untuk VGA, karena VGA AMD paling mudah untuk didapatkan, apalagi dengn cara otomatis ini.

Lalu bagaimana dengan anda yang tidak memiliki Driver laptop dengan spesfikasi yang mirip dengan laptop anda. Mau pinjam laptop teman, kalau ada yang punya laptop dengan spesifikasi yang mirip. 

Cara terahir yang bisa saya sarankan kepada anda adalah menggunakan program detek driver seperti Driver Pack Solution. Karena program ini sudah terbukti ampuh mendeteksi sebagian besar hardware yang ada sekarang ini, baik yang baru apalagi yang lawas. Selain database hardware yang lengkap, program ini juga menyediakan aplikasi populer seperti browser, antivirus, software compress file seperti 7zip yang dapat kita install bersamaan dengan proses instalasi driver. Walaupun besarnya ukuran file yang dimiliki oleh softwre Driver Pack Solution terkadang membuat saya ogah untuk mendownload versi terbaru, bisa sampai 7 GB Brooo. Sebelum memutuskan mendownload DRP sebaiknya tanya teman, sahabat, keluaraga siapa tahu salah satu diantara mereka ada yang memiliki program DRP.

Apa Selanjutnya Yang Harus Anda Lakukan

Apabila semua hardware dalam laptop anda sudah terinstall dan tidak ada Error yang ditemukan, tahap terahir yang saya yakin perlu untuk dilakukan adalah melakukan Back Up driver laptop anda. Ini untuk jaga-jaga siapa tahu beberapa bulan kedepan sistem anda rusak oleh virus kemudian install ulang.
Jika driver laptop sudah diback up anda pasti lebih tenang karena hanya tinggal disrestore drivernya, masalah selesai. Tidak perlu mencari laptop dengan tipe mirip, tidak perlu DRP lagi. Untuk cara melakukan Back Up Driver dan manfaatnya bisa anda baca dengan mengklik tautan berikut :

Sekian informasi tentang cara mendapatkan driver Windows 7 untuk laptop yang tidak disupport, semoga bermanfaat. Jika ada yang tidak dimengerti silahkan ajukan pertanyaan anda dikolom komentar.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mendapatkan Driver Windows 7 Yang Tidak Disupport "

Post a Comment