Cara Setting VGA Intel HD Graphics Untuk Meningkatkan Performa Gaming Laptop

Cara Setting Vga Intel Untuk Game Pada Laptop. Sejak dulu yang namanya Vga yang non Vga Card (Onboard) selalu identik dengan Vga dengan kualitas grafis yang rendah dan tidak cocok digunakan untuk bermain game. 

Seperti saat saya masih menggunakan PC dengan procesor Intel Dualcore E220 dengan Vga Onboard, performanya hanya akan bagus saat digunakan untuk memainkan game seperti Onet, Chest, dan game game yang ada disitus game gratis seperti Gamepick atau GameTop.com.

Untungnya sejak Intel menerapkan Vga terintegrasi dengan Procesor atau APU istilahnya untuk procesor AMD, dimana dalam procesor sudah ada Chip pengolah grafis dan kualitasnyapun semakin meningkat. 


Vga Intel HD graphics yang kita kenal saat ini sudah bisa memainkan game dengan spesifikasi sedang seperti Game Bola PES 2012 yang berjalan dengan baik pada Intel HD Graphics 3000 pada Laptop Acer Aspire E1-471.

Tetapi tetap saja, saya sarankan agar jangan terlalu berharap Intel HD Graphics akan mampu menjalanakan  game dengan spesifikasi yang lebih tinggi. 


Namun untuk game dengan kualitas sedang, ada beberapa pengaturan guna mengoptimalkan kinerja laptop dalam bermain game.


Intel HD
  1. Pastikan Pengaturan Settingan Vga Intel HD Graphics Tidak Dalam Saving Mode. Seperti yang saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang pengaturan Vga Laptop dengan Procesor AMD, pengaturan yang kita lakukan pada Vga Intel kurang lebih sama. Jika anda sudah masuk dalam Intel Graphics Option, pada menu Power lakukan setting Maximum Performance. Ini artinya kita mendayagunakan seluruh kemapuan grafis pada laptop secara penuh, dan efeknya game yang dijalankan akan lebih lancar.
  2. Setting 3D Performance. Meningkatkan kualitas 3D Performance menjadi Maximum akan meningkatkan Frame Rate saat memainkan game. Caranya, buka Intel Graphics Option dan pada menu 3D, geser parameter 3D menjadi Maksimum.
Dua tips diatas bukannya tidak memiliki efek samping kepada laptop anda, dimana dengan setingan yang serba optimal mengakibatkan penggunaan daya baterai laptop anda semakin besar. 

Sehingga jangan salah jika dengan melakukan settingan diatas laptop akan cepat sekali lowbat, dan andapun tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya Charger dan colokan listrik.


Apakah cara Ini Tidak membuat laptop Cepat Rusak ?

Jika kita bisa mengatur jumlah jam pemakian laptop untuk bermain game meskipun dengan pengaturan grafis serba optimal seperti diatas, saya rasa tidak akan ada masalah. 

Justru akan buruk akibatnya jika setting yang dilakukan medium, namun penggunaannya untuk game seharian.

Bermain game denga  settingan grafis optimal akan menambah beban procesor, panas dari procesor akan meningkat dan perlu pendingin yang baik agar tidak terjadi Overheat. 


Sebaiknya gunakan juga pendingin eksternal yang tenaganya nyantol dari port USB laptop agar laptop tetap dingin.


Apa Efeknya Terhadap Baterai Laptop ?

Seperti yang sudah saya jelaskan, settingan diatas akan membuat daya baterai cepat habis, terlalu sering malakukan pengisian daya secara berulang tiap harinya bukanlah opsi yang bijak bagi kelangsungan baterai laptop. 

Banyak yang mengambil jalan tengah dengan melakukan pengisian daya sambil bermain game , sehingga tidak perlu lagi takut kehabisan daya ditengah permainan. 

Kebiasaan seperti ini akan mengakibatkan daya simpan baterai semakin berkurang. Solusinya jangan gunakan baterai saat main game.

Gambar Oleh : www.pvladov.com

Yang Rada Mirip:

1 Tanggapan untuk "Cara Setting VGA Intel HD Graphics Untuk Meningkatkan Performa Gaming Laptop"

  1. Bg, thinkpad x201 640 sudah bisa buat game berat apa ya...maklum newbie bg

    ReplyDelete