Cara Setting VGA Laptop Acer AMD Untuk Game

Saat ini laptop tidak hanya digunakan untuk keperluan komputasi ringan seperti mengolah dokumen dan memainkan file audio maupun video, namun saat ini laptop juga sudah mampu untuk menjalankan aktifitas komputasi yang menuntut spesifikas tinggi seperti bermain Game. Ini terbukti dengan dirilisnya beragam laptop khusus gaming seperti Alienware dari Dell dan Laptop gaming dari MSI. Laptop –laptop tersebut sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi, mulai dari Procesor High End seperti Core i7 atau AMD A10, VGA Yang tangguh dan tentunya harga yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk laptop yang khusus didesain untuk game seperti Alienware tentu tidak diperlukan setting khusus agar dapat menampilkan kualitas gambar yang tinggi saat memainkan game berat seperti Battlefield. Namun untuk laptop yang memiliki spesifikasi yang standard namun masih dipaksa juga untuk memainkan game dengan spek sedang, mengharuskan kita melakukan optimalisasi pada laptop khususnya VGA.

Sebagai contoh saya sendiri yang menggunakan laptop Acer Aspire 4250 dengan procesor AMD E450 dengan speed clock 1,5 GHz, dan VGA AMD Radeon HD 6320 APU dengan 256 MB VRam. Dengan memory RAM 2GB DDR 3, tentunya saya tidak memiliki banyak opsi untuk memainkan beragam judul game, paling-paling mentok pada Age Of Empire III Asian Dinasty, PES 2012 dan Kebawah, Company Of Heroes, Shougun Total War dll dan itupun dengan kualitas gambar yang disesuaikan untuk meminimalkan Lag. Dan satu hal lagi, gunakanlah Driver VGA AMD terbaru yang bisa didownload pada situs resmi AMD atau menggunakan Toll AMD Auto Detect yang lebih gampang.

Selain dengan mengatur resolusi dan kualitas gambar pada setting gamenya sendiri, saya juga melakukan pengaturan pada VGA laptop sebagai support agar gambar saat memainkan game tersebut tidak buruk-buruk amat. Berikut adalah setting yang saya lakukan pada VGA laptop Acer 4250 AMD saya.

Buka AMD Vision Enggine Control Center dengan melakukan Klik kanan pada Desktop, kemudian pilih AMD Vision Enggine Control. Disini kita bisa melakukan pengaturan pada Game Performance dan Image Quality.




  1. Klik pada Sub Menu Game kemudian Gaming Performance. Kemudian pada starndard 3D setting atur performa grafis untuk gambar 3D pada level Optimal, begitu juga dengan pengaturan untuk Minimapping, gunakan level yang sama yakni Optimal.
  2. Begitu juga pada Sub Menu Image Quality, semua pengaturan gunakan level Optimal dan untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.














Saya menggunakan Level optimal karena laptop dengan spesifikasi yang saya miliki tentunya harus mengerahkan tenaga yang lebih banyak untuk menjalankan game dengan judul-judul diatas, sehingga perlu pengaturan VGA yang optimal untuk mendapatkan kualitas gambar yang cukup untuk memainkanya. Jika kedua pengaturan tersebut sudah disesuaikan kemudian simpan.

Sebagai tambahan, gunakan pula software Booster seperti Game Booster untuk meningkatkan performa laptop dalam memainkan game favorite. Karena dengan aplikasi ini, segala aktifitas sistem yang kurang perlu dan tetap berjalan dihentikan sementara agar tenaga laptop sepenuhnya dikerahkan untuk memainkan Game.

Kekurangan

Menggunakan pengaturan VGA dengan level Optimal seperti cara diatas akan menguras daya dalam baterai. Jika nromalnya baterai habis dalam kurun waktu 4-5 jam, dengan settingan diatas 2 jam saja harus sedia charger untuk mengisi ulang daya.

Selain daya yang cepat habis, procesor akan mengeluarkan panas yang ekstra sehingga perlu bantuan pendingin eksternal yang dapat dengan mudah kita beli ditoko-toko komputer terdekat. Saran saya, lebih bijaklah dalam bermain game dengan membatasi waktu agar laptop anda tetap awet.

Sekian informasi tentang cara setting VGA laptop Acer AMD, semoga bermanfaat.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Setting VGA Laptop Acer AMD Untuk Game"

Post a Comment