Cara Update Driver VGA Untuk Meningkatkan Performa Grafis Yang Lebih Baik

Menjalankan update driver khususnya driver VGA seperti yang telah dijelaskan para ahli komputer, penting untuk dijalankan guna memperbaiki bug yang terdapat pada driver versi sebelumnya sehingga hardware dapat memberikan kinerja yang optimal saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis yang prima seperti game. 

Sebagaimana kita ketahui juga jika hardware untuk mengolah grafis saat ini didominasi pemain-pemain besar seperti nvidia dan amd. 

Sedangkan intel yang sebelumnya dikenal sebagai produsen procesor juga mulai memperbaiki kualitas VGA bawaan yang kita kenal dengan Intel HD Graphics, dengan tujuan pengguna komputer tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli VGA addon demi mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

Masing-masing brand VGA tentunya memiliki cara yang berbeda jika kita ingin melakukan update driver. Dan artikel berikut ini akan merangkum cara untuk melakukan update driver VGA untuk ketiga brand yang telah disebutkan tadi secara lengkap. 


Sebelum masuk ketahap selanjutnya dari artikel kita kali ini ada baiknya kita juga mengetahui manfaat update driver VGA itu sendiri.

Manfaat Yang Didapat Dengan Update Driver VGA

Selain untuk memperbaiki bug yang ada pada driver versi terdahulu, driver terbaru juga akan memunculkan bug baru yang nantinya akan diperbaiki oleh driver versi selanjutnya (maklum saja, buatan manusia itu tidak ada yang sempurna) dan begitu seterusnya. 

Selain memperbaiki bug, dalam paket driver terbaru juga berisi penambahan aplikasi dengan penerapan teknologi terbaru dari masing-masing vendor seperti yang saya dapatkan dalam rilis driver terbaru amd seperti AMD Quick Stream dan AMD Start Now Technology. 

AMD Quick Stream saya ketahui setelah melakukan update driver VGA amd versi 14.Aplikasi ini adalah aplikasi yang akan memaksimalkan performa jaringan saat melakukan streaming video dari internet seperti Youtube, Daily Motion, dan Vimeo. 


Namun saya belum bisa menikmati teknologi terbaru dari amd ini karena jaringan internet yang saya gunakan sangat terbatas.

AMD Start Now Technology
AMD Start Now Technology

AMD Start Now Technology merupakan pembenahan yang dilakukan oleh AMD untuk menyiasati masalah yang dihadapi oleh pengguna komputer terkait dengan lamanya waktu untuk boot dan login. 


Seperti info yang saya kutip dari  infokomputer.com, dengan penerapan AMD Start Now Technology dalam produk komputer PC maupun laptop, maka waktu untuk boot dan login diklaim akan semakin cepat dan membutuhkan waktu hanya beberapa detik saja.

Cara mengidentifikasi VGA Yang anda Gunakan

Sebelum melakukan download file driver yang komputer anda butuhkan, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari VGA yang komputer PC atau laptop yang anda gunakan, hal ini dimaksudkan agar driver yang sudah didwonload sesuai dengan spesifikasi yang komputer kita butuhkan. 

Biasanya saya memanfaatkan Device Manager untuk mengetahui spesifikasi dari keseluruhan hardware yang saya gunakan termasuk VGA.

Jika anda pengguna windows 8.1, maka untuk mengakses device manager akan lebih cepat dan mudah, kemudahan ini adalah berkat perbaikan yang dilakukan oleh microsoft pada tombol start yang sebelumnya mereka hilangkan dalam versi Windows 8. 


Untuk mengakses Device manager tidak perlu lagi dengan membuka Control Panel terlebih dahulu, tetapi cukup dengan melakukan klik kanan pada tombol start dan Device Manager sudah bisa kita akses.

Devcie Manager Windows 8.1
Device Manager Windows 8.1
Devcie Manager Windows 8.1


Selain memanfaatkan Device manager untuk mengetahui tipe pengolah grafis yang komputer atau laptop anda gunakan, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi umum seperti Ccleaner yang fungsi utamanya adalah pembersih sistem dari file sampah. 


Namun saat aplikasi ini dijalankan akan ditampilkan pula tipe pengolah grafis yang digunakan oleh sistem yang dinaunginya.

Ccleaner
Ccleaner

Cara Mendapatkan File Update Driver VGA

Pengguna VGA AMD. AMD memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam urusan menjalankan update driver VGA dengan merilis sebuah tool yang bernama AMD Auto Detect Tool. 

Tool ini akan mendeteksi dengan cepat dan tepat spesifikasi dari VGA yang anda gunakan, kemudian mendownload driver yang sesuai dengan spesifikasi VGA yang digunakan.

Setelah file update yang diperlukan didapat, maka proses instalasi akan berlangsung seperti saat menjalankan proses install driver VGA amd seperti biasa. 


Namun yang perlu untuk diingat, aplikasi ini membutuhkan jaringan internet yang lancar serta memiliki kecapatan yang cukup cepat karena ukuran dari file update yang kita download diatas 200 MB. 

Lebih jelasnya tentang Tool pintar dari AMD ini selengkapnya bisa anda baca artikelnya disini.

Pengguna VGA Nvidia . Jika amd yang merupakan saingan dari nvidia memanjakan penggunanya dengan proses update driver VGA yang cepat dan mudah dengan memanfaatkan AMD Auto Detect Tool, maka nvidia memberikan fitur serupa yaitu situs resmi nvidia menyediakan sebuah halaman yang akan melakukan scaning terhadap sistem dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang VGA anda serta memberikan link yang akan mengarahkan kita untuk mendownload file yang sesuai dengan informasi yang didapat dari hasil scaning tadi. Selengkapnya tentang fitur dari situs nvidia ini bisa selengkapnya anda baca disini.

Saya pribadi memiliki pengalaman menarik tentang melakukan update driver VGA untuk VGA nvidia.


Saat membutuhkan driver untuk laptop acer aspire e1-470g dengan sistem operasi windows 7 32 bit setelah sebelumnya menggunakan Windows 8.1 (Downgrade), ternyata sistem operasi tersebut tidak mendapatkan dukungan dari produsen laptop tersebut yakni Acer. 

Hal ini menyebabkan saya harus mendownloadnya secara langsung disitus nvidia sesuai dengan spesifikasi yang saya butuhkan dan pastinya ada. 

Pengguna VGA Intel HD Graphics. Intel seperti halnya nvidia juga memberikan pelayanan yang serupa untuk memudahkan penggunanya dalam mendapatkan file update driver VGA. 

Namun saya sangat kecewa dengan proses scaning yang dilakukan untuk membaca informasi dari hardware yang saya gunakan karena membutuhkan proses yang cukup lama dan ahirnya gagal.

Fitur ini dinamakan Intel Update Utility  yang pada awalnya sangat diharapkan membantu pengguna yang kurang mengerti akan spesifikasi VGA yang digunakan. 


Namun saat saya mencoba aplkikasi tersebut proses scaning berjalan 45 menit tanpa hasil dan memaksa saya menggunakan cara manual yaitu dengan mengisi beberapa form yang selengkapnya bisa anda baca di Cara Update VGA Intel.

Pengguna Nvidia dan Intel HD Graphics. Pengguna laptop acer aspire e1-471g dan e1-470g pasti sudah tahu jika VGA yang laptop mereka gunakan double yakni nvidia dan tentunya Intel HD Graphics bawaan procesor. 

Teknologi ini dinamakan dengan teknologi optimus. Teknologi optimus adalah teknologi pintar yang akan melakukan pembagian tugas dimana saat komputer membutuhkan performa grafis yang tinggi maka gpu nvidia akan bekerja menjalankan tugas tersebut, sebaliknya jika aplikasi yang dijalankan ringan maka Intel HD Graphics yang akan bekerja.

Untuk mendapatkan file update driver VGA bisa menggunakan kedua cara yang telah dijelaskan diatas. 


Agar tidak terjadi Error saat menginstall driver jika laptop yang digunakan menggunakan dual VGA pastikanlah untuk menginstall Intel HD Graphics terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan menginstall driver VGA nvidia.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara melakukan update driver VGA untuk semua brand VGA yang ada saat ini, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan dan tentunya bermanfaat untuk kita semua.

Yang Rada Mirip:

1 Tanggapan untuk "Cara Update Driver VGA Untuk Meningkatkan Performa Grafis Yang Lebih Baik"

  1. Mohon pencerahannya kak... waktu main pokemon muncul "nox has to reboot for some reason". Punya ku AMD Radeon (TM) HD 6480 G TRIms kak

    ReplyDelete