3 Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya

Harus Tau 3 Ciri Driver Komputer Belum Terinstall.  Sebelum kita membahas topik utama dalam artikel kali ini tentang ciri driver komputer yang belum terinstall, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu driver komputer. 

Driver komputer adalah perangkat lunak yang akan menjembatani antara sistem operasi dengan hardware sehingga semua hardware yang menyusun sebuah perangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan yang User perintahkan melalui sistem operasi.

Jika sudah tahu pengertian dari driver komputer, tentunya bukanlah perkara ringan jika ada satu atau lebih driver dalam komputer yang belum terinstall. 


Berikut ini adalah 3 ciri umum yang dapat yang mengindikasikan jika driver didalam komputer belum terinstall berikut solusinya.

1. Adanya Tanda Seru Kuning Pada Device Manager

Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan, karena ketika tanda seru kuning pada Device Manager muncul menandakan driver untuk hardware belum terpasang. Biasanya setelah melakukan install ulang, tanda seru yang berwarna kuning ini pasti banyak ditemukan. 

2. Hardware tidak berfungsi

Seperti yang dijelaskan diawal tadi, ketika driver yang akan mengarahkan hardware untuk bekerja sesuai dengan yang diperintahkan oleh user tidak ada, maka hardware tidak akan berfungsi dengan semestinya. 

3. Performa komputer lambat

Ketika driver komputer belum terinstall dan masih menggunakan driver bawaan Windows yang memiliki performa yang jauh dari driver asli, maka performa komputer akan menjadi lambat. Khususnya ketika driver untuk gambar (VGA) belum terintall. 

Setting resolusi layar menjadi tidak maksimal, menjalankan aplikasi tertentu seperti game tidak akan bisa (khususnya game dengan spesifikasi yang agak tinggi, jika sekedar game Chest Titan bawaan windows saya yakin bisa saja meski tanpa driver).
 

Solusi Driver Yang Belum Terinstall

Solusi yang dapat saya sampaikan tentu saja dengan menginstall driver yang masih memiliki tanda seru kuning pada device manager, atau masih belum berfungsi seperti Internet, Audio dan Wirelsess Lan. Mendapatkan driver untuk komputer bukanlah perkara yang sulit-sulit amat jika sudah tahu caranya.


Untuk mendapatkan driver, kita bisa menggunakan driver yang berasal dari CD bawaan komputer atau Motherboard (laptop) yang biasanya berada dalam satu paket dengan pembelian perangkat hardware. 

Cara ini adalah cara yang paling direkomendasikan karena sudah dijamin akan kecocokan dan keamanannya. 

Namun seiring dengan penggunaan, kadang CD Driver bawaan hilang atau rusak karena terlalu sering digunakan atau penyebab yang lainnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mendownloadnya dari situs resmi pembuat (Produsen) Hardware yang digunakan.

Jika anda menggunakan Komputer Built Up atau laptop, silahkan kunjungi situs resmi produsen dengan pengetahuan berupa nama dan Seri Produk yang dapat dilihat pada casing produk komputer atau laptop, atau dengan melihat kode produk dan serinya yang pada produk laptop dapat dilihat pada bagian bawah laptop.

Selain dengan mengetahui nama dan type produk yang akan dicari drivernya, kita juga harus mengetahu sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Misalnya windows 7 ultimate 32 bit atau 64 bit.


Cara Terahir yang dapat saya sarankan kepada anda untuk mendapatkan driver untuk perangkat komputer adalah dengan menggunakan sebuah program yang bernama Driver Pack Solution. 

Program ini memiliki database hardware yang sangat lengkap. Program ini dapat digunakan untuk menginstall dan update driver untuk komputer, laptop, printer, vga card dll.

Selain itu dalam paket program ini juga telah tersedia aplikasi windows populer seperti Browser, tool, antvirus dll. 


Namun sayangnya dengan begitu lengkapnya database driver yang dimilki membuat program ini memiliki ukuran yang besar hingga bergiga-giga. 

Jadi bagi yang memiliki jaringan internet yang pas-pasan sebaiknya tambah dulu paketnya.Silahkan download dan baca review Driver Pack Solution disini.

Itulah ahir dari artikel 3 ciri driver komputer yang belum terinstall beserta solusinya, semoga artikel kali ini dapat memberi manfaat kepada pembaca semua.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "3 Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya"

Post a Comment