Lakukan 6 Langkah Ini Jika Kecepatan Internet Modem Huawei Anda Mulai Lemot

Lakukan 6 Langkah Ini Jika Kecepatan Internet Mulai Lemot.  Saat ini jaringan internet telah menyebar dan menjangkau semua wilayah hingga kepelosok desa, setidaknya itulah yang saya rasakan di Daerah saya. 

Sehingga istilah internetan yang dulu biasanya hanya dapat dilakukan di Warnet yang jauh dari pedesaan, sekarang ini sudah bisa dilakukan hampri dimana saja dengan memanfaatkan perangkat komputer PC, Laptop, Smartphone, Tablet bahkan Handphone Konvensional yang memiliki fitur internet.

Kita patut berbangga dengan prestasi bangsa kita yang telah berhasil menyebarkan internet kepelosok dnegeri (meskipun tidak semua wilayah).


Namun jujur harus diakui jika kecepatan internet di Negara kita masih jauh tertinggal dari Negara tetangga kita seperti Malaysia dan Vietnam. 

Harapannya semoga pemerintah terus berbenah memeratakan jaringan internet sehingga seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Berbicara mengenai kecepatan Internet yang lambat, pada posting kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan tentang bagaimana mengatasi permasalahan dimana kecepatan internet mulai lambat (lemot). 


Bukanlah hal yang menyenangkan jika aktifitas download yang hampir selesai tiba-tiba terhenti atau terjadi Error padahal anda sudah menunggunya berjam-jam karena ukuran file yang anda download besar. Semua hal tersebut pernah saya alami. 

Apa saja lima langkah tersebut...?

1. Lebih Dekat Dengan Sumber Sinyal 
Apabila anda internetan dengan memanfaatkan jaringan Wifi gratis yang ada fasilitas umum seperti dikampus, sekolah, kantor dan kecepatan internet menjadi lambat, maka dua faktor berikut bisa jadi sumber masalahnya. 

Pertama Jarak antar sumber sinyal dengan perangkat yang menerima sinyal seperti laptop, Smartphoen atau Tablet sangat mempengaruhi kekuatan sinyal yang akan mempengaruhi kecepatan akses internet anda. 

Untuk itu jika memungkinkan sebaiknya anda dekatkan perangkat anda dengan pemancar sinyal Wifi agar kualitas sinyal yang diterima juga kuat.

Selain masalah jarak, banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan Wifi juga mempengaruhi kecepatan internet. 


Seperti yang saya alami dikantor tempat saya bekerja, saat pengguna lain melakukan aktifitas download menggunakan program Download Manager seperti IDM, otomatis kecepatan akses pengguna yang lain akan menurun bahkan tidak kebagian sama sekali.

Solusinya, karena yang kita gunakan adalah fasilitas umum maka tidak mungkin kita melarang orang untuk melakukan download atau streaming yang begitu menguras bandwith. 


Sebaiknya internetanlah pada waktu yang tidak banyak orang menggunakan jaringan Wifi sehingga kecepatan internet tidak terbagi kepada terlalu banyak pengguna. 

Atau berhenti menjadi pecinta gretonger dengan membeli paket internet sendiri yang bisa kita gunakan sepuasnya tanpa harus menunggu kantor, kampus dan tempat umum yang menyediakan fasilitas internet gratis sepi.

2. Cek Kualitas Sinyal Internet

Apabila anda internetan menggunakan Modem, cek kualitas sinyal yang didapat oleh perangkat modem anda,  apakah sudah mendapatkan sinyal UMTS, HSPA atau belum. 

Meskipun saat ini jaringan UMTS dan HSPA sudah luas penyebarannya, namun dibeberapa daerah pelosok dan daerah yang sulit dijangkau,  jaringan yang tersedia hanya sebatas sinyal EDGE saja yang memiliki maksimum data rate 236 kbps, jauh tertinggal dari UMTS yang memiliki data rate 3,6 mbps.

Jika wilayah anda sudah mendapatkan jaringan UMTS atau HSPA . Cek modem anda apakah sudah support dengan jaringan UMTS. Karena banyak modem khususnya modem GSM versi lama yang tidak atau belum support dengan UMTS tersebut dan masih berkutat dengan jaringan EDGE, seperti salah satu Modem jadul yang dulu pernah saya gunakan.

Wilayah anda  sudah terjangkau UMTS dan Modem Sudah Support, maka langkah selanjutnya cek pengaturan modem yang anda gunakan, apakah sudah disetting pada tipe jaringan UMTS atau belum. 


Untuk pengguna Modem Mobile Partner, cek pengaturannya dengan mengklik menu Tools / Option / Network dan pastikan pilihan jaringannya WCDMA Only.



3. Paket Internet Telah Melewati Batas Wajar Pemakaian

Anda pasti pernah mendengar iklan internet Unlimited, jika iya pastinya anda sering mendapati kecepatan internet yang tadinya kencang tiba-tiba turun drastis meskipun anda masih bisa terhubung  dengan jeringan internet selama satu bulan penuh sampai masa berlaku paket internet unlimited anda habis. 

Lalu mengapa internet anda lambat padahal baru digunakan beberapa hari ?. jawabannya adalah anda telah menggunakan paket data internet melebihi batas wajar yang biasanya dibatasi 2GB. 

Setelah data yang terpakai 2GB maka kecepatan akan dikurangi menjadi 256 kbps (setara EDGE). Biasanya operator akan mengirimkan pesan yang akan memberitahukan jika kita telah menggunakan batas pemakaian normal. 

Isi pesannya biasanya berisi 

Saat ini Anda sudah melewati batas wajar pemakaian paket Internet Unlimited. Mau lebih NGEBUT? beli paket lainnya di *xxx#”.

Apa solusinya ?, tentu saja dengan melakukan pendaftaran untuk membeli paket internet baru jika anda merasa tidak sayang dengan batas masa berahir internet Unlimited yang anda gunakan. 


Jika masih sayang, nikmatilah internetan dengan kecepatan download 10-15 KBPS kurang atau malahan Error.
 
4. Gunakan Driver Yang Tepat

Yang internetan dengan perangkat PC atau Laptop, Penggunaan Driver Ethernet dan Wireless LAN yang tidak cocok bisa menjadi penyebab mengapa kecepatan internet menjadi lambat. 

Gunakanlah selalu driver dari tempat yang direkomendasikan. Untuk mendapatkan driver yang betul-betul pas dengan perangakat anda, gunakan selalu driver yang berasal dari CD Driver bawaan yang satu paket dalam setiap pembelian Laptop, Motherboard, atau Kartu jaringan.

Jika CD Driver sudah hilang atau rusak dan belum sempat melakukan Back Up Driver, downloadlah driver dari situs resmi produk Komputer, Motherboard, Laptop, Kartu Jaringan yang anda gunakan. 


Saya telah share beberapa artikel tentang bagaimana mendapatkan driver untuk perangkat laptop seperti laptop dengan Merk Acer, Toshiba, Asus atau Motherboard dengan Merk Asus, Asrock dan Gigabyte.

5. Matikan Update Windows

Tanpa anda sadari ketika mengaktifkan fitur Automatic Update makan saat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows akan mendownload file update dari Microsoft dengan kecepatan tertentu. 

Penurunan kecepatan akibat proses download Update akan sangat terasa bagi mereka dengan yang kualitas kecepatan internetnya masih dibawah UMTS, sedangkan untuk pengguna UMTS mungkin tidak akan terpengaruh.
 
Bagi pengguna Window 8, untuk mematikan Fitur Automatic Update buka Control Panel / System and Security / Windows Update / Change Setting dan ubahlah Turn On Automatic Update menjadi Never Check For Update.
 

6. Matikan Sementara Aplikasi Seperti Antivirus

Beberapa merk Antvirus terkadang saat terhubung dengan jaringan Internet akan melakukan Update untuk meningkatkan kualitas perlindungan yang diberikan terhadap sistem operasi Windows yang kita gunakan. 

Meskipun melakukan update sangat penting, namun akan sangat mengganggu jika proses update dilakukan saat kita sedang butuh kcepatan internet yang cepat dan data internet yang kita miliki terbatas.

Sekian informasi tentang 6 langkah yang dilakukan ketika anda merasa kecepatan internet yang anda gunakan lambat, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa dishare ya.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Lakukan 6 Langkah Ini Jika Kecepatan Internet Modem Huawei Anda Mulai Lemot"

Post a Comment