Terapkan 5 Ini Tips Agar Modem USB Anda Awet Hingga 5 Tahun & Sinyal Tetap Kencang

Tips Agar Modem USB Anda Awet Hingga 5 Tahun.  Modem USB adalah alat paling mudah dan cepat yang digunakan untuk dapat terkoneksi dengan internet dibandingkan dengan jenis modem lain karena harga dari modem USB yang relative lebih terjangkau.

Tetapi mengapa menurut sebagian orang modem jenis ini mudah sekali rusak, apakah karena harganya yang terlalu murah ?.

Sedangkan  modem Huawei yang saya gunakan seharga Rp.250.000 yang dibeli lima tahun yang lalu masih awet sampai sekarang.

Menurut pendapat saya, faktor kelalaian dalam penggunaan modem adalah yang paling bertanggung jawab terhadap kerusakan (Masalah) yang terjadi pada Modem USB seperti : Modem tidak terdeteksi Windows (Matot), Modem tidak dapat terkoneksi kejaringan, dll.

Lalu apa saja yang saya lakukan sehingga modem saya dapat awet sampai sekarang, meskipun modem yang saya gunakan merupakan produk murah meriah, berikut penjelasan singkatnya.
Modem USB
Modem USB

1. Jangan Biarkan Modem Terlalu Panas

Panas pada modem adalah hal yang biasa terjadi, dan suhunya akan semakin meningkat seiring dengan lama waktu penggunaan.

Suhu yang terlalu panas pada body modem akan menyebabkan beberapa masalah seperti Modem yang tiba-tiba koneksinya terputus dan sinyal yang tidak stabil.

Hal ini seringkali saya alami saat melakukan aktifitas internet yang tergolong berat seperti download file dalam ukuran yang besar dan Streaming Youtube.

Agar suhu modem tidak terlalu panas, ada beberapa trik yang dapat anda jalankan sehingga menghindari akibat buruk dari panas yang terlalu tinggi seperti yang telah saya jelaskan diawal tadi seperti : Menggunakan Kabel Exstension dan tidak mencolokkan Modem pada Port USB Komputer atau laptop.

Laptop sama seperti halnya dengan modem akan menghasilkan panas, dan saat mencolokkan modem langsung ke Post USB yang ada, maka panas dari laptop juga akan mengalir kebody modem.

Akibatnya panas yang ditanggung modem menjadi double yakni dari aktiftas modem sendiri, dan panas dari laptop.

Untuk menghindari panas berlebih dari laptop, maka saya menggunakan kabel esktension dan modem bisa dibiarkan saja tergeletak dilantai dengan maksud sebagai penetral panas dari modem (Sebagai Pendingin).

Dipasaran dapat kita dapatkan dengan harga yang murah. Saya membeli kabel ekstension seharga Rp.20.000.

Alternatif lain jika tidak ingin keluar biaya untuk membeli kabel extension adalah menggunakan trik yang pernah saya baca di Kaskus.

Dimana dalam trik tersebut, menggunakan kantong plastik berisi air yang tentunya tidak bocor. Agak aneh memang cara tersebut, namun dari si pembuat Thread, tehnik tersebut efektif untuk meredam panas modem.

Saya tidak merekomendasikan cara tersebut karena berpotensi menyebabkan Modem rusak jika plastik bocor dan membasahi modem.

Bukannya mau hemat biaya malah tambah dana lagi untuk beli modem baru jika kejadian tersebut anda alami.

Saya juga pernah membaca artikel yang menganjurkan untuk membuka tutp modem agar suhu modem tidak terlalu panas.

Namun menurut pendapat saya, melepas penutup modem sama saja menghilangkan pelindung terahir modem dari hal-hal yang dapat merusak modem itu sendiri. Contohnya : air yang mungkin secara tidak sengaja menempel ditangan kita.

2. Hindari Modem Dari Segala Benturan

Karena sebagain besar body modem terbuat dari plastik yang mudah sekali pecah (Retak), maka menghindarkan modem dari benturan mutlak untuk dilakukan jika anda menginginkan modem USB kesayangan anda dapat awet bertahun-tahun.

Untuk menghindari benturan dari hal yang tidak disengaja, maka saat menaruh modem dalam keadaan tidak terpakai sebaiknya taruhlah modem ditempat yang aman seperti didalam kotak kemasan modem atau wadah lain yang dapat melindungi modem dari benturan jika terjatuh.

3. Operasikan Modem Sesuai Prosedur

Yang saya maksud dengan pengoperasian yang sesuai dengan prosedur adalah saat menjalankan dan mematikan modem dilakukan dengan menjalankan proses umum saat mengeluarkan perangkat USB.

Lebih gampangnya, ketika akan menghentikan penggunaan modem, sebaiknya koneksi dimatikan terlebih dahulu, kemudian tutup aplikasi modem dan eject Drive Modem pada Windows Explorer seperti saat akan mencabut flashdisk.

Hindari untuk mencabut modem secara langsung disaat modem dalam keadaan terhubung kejaringan, karena menurut beberapa artikel yang pernah saya baca hal-hal semacam itu menjadi penyebab tidak berfungsinya kembali (mati) perangkat USB seperti flashdisk.

Walaupun sampai saat ini modem saya masih tetap awet meskipun beberapa kali saya pernah lupa untuk (Unmount) drive modem dari Windows Explorer, namun yang namanya prosedure kan tujuannya demi kebaikan kita, dan tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Lagipula tidak akan memakan waktu lama dan kurang dari satu menit.

4. Tetap Isi Pulsanya

Hal terahir ini (Point Ke 4)  mungkin bisa menjadi penyebab kita untuk mengabaikan 3 hal penyebab awal modem USB cepat sekali rusak.

Mengapa ?

Karena jika modem yang kita gunakan kartu SIM nya tidak kita isikan pulsa (baik itu GSM atau CDMA), kita akan ogah untuk melakukan perawatan seperti yang telah saya jelaskan diawal tadi.

Toh modemnya tidak dipakai, jadi taruhnya disembarangan tempat dan tanpa pelindung, jatuh tidak apa-apa dan hanya berfungsi sebagai Card Reader untuk copy file dari komputer ke SD Card.

Lain halnya dengan modem yang ada pulsanya, jangankan jatuh dipinjam teman atau keluarga kita tidak akan kasih karena sayang sama pulsanya.

Kesimpulan

Agar modem USB anda bisa berumur panjang dan tidak mudah rusak, hendakanya untuk :
  1. Menghidarkan Modem dari panas berlebih, caranya gunakan kabel extension saat dihubungkan dengan komputer.
  2. Menhindarkan modem dari benturan dengan meletkkanya pada tempat yang aman seperti kotak kemasan modem
  3. Hindari untuk mencabut modem langsung tanpa proses Stop koneksi dan Unmount Drive pada Windows Explorer
  4. Tetap isi pulsanya
Sekian informasi singkat yang dapat saya sampaikan tentang tips yang selama ini saya lakukan sehingga modem Huawei Murah meriah yang saya beli 5 tahun lalu tetap awet hingga sekarang. Semoga artikel kali ini dapat menjadi tambahan pengatahuan dan bermanfaat untuk kita semua.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Terapkan 5 Ini Tips Agar Modem USB Anda Awet Hingga 5 Tahun & Sinyal Tetap Kencang"

Post a Comment