Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Drop dan Tetap Awet Selama Bertahun-tahun

Baterai menjadi komponen laptop yang paling mudah mengalami penurunan performa alias Droop, meskipun kondisi laptop masih dalam keadaan baru .

Mengapa ?

Karena pengguna seringkali mengabaikan hal hal yang dapat menyebabkan penurunan daya simpan baterai dan itu dilakukan secara terus-menerus selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

jika tidak tidak melakukan tindakan perawatan dengan segera jangan heran jika baterai laptop anda akan cepat sekali mengalami penurunan daya pada cel-cel baterainya.

Kondisi baterai yang drop tentunya akan mengurangi produktifitas penggunanya, karena harus tetap terhubung dengan sumber daya dan charger.

Misalnya, disaat kamu sedang mengerjakan tugas sekolah lalu tiba-tiba mati lampu, maka harapan satu-satunya adalah daya yang tersimpan dalam baterai.

Jika daya tahan baterai laptopmu droop, bisa dibayangkan bagaimana sesaknya dadamu menunggu listrik kembali menyala..Galauuu

Satu hal lagi masalah yang ditimbulkan jika baterai laptop Drop

Kondisi baterai laptop yang Droop juga mengurangi harga dari laptop bekas apabila ingin dijual kelak.

Coba bayangkan, jika kamu ingin membeli laptop bekas dan tahu kalau laptop tersebut baterainya sudah Drop, pasti mikir lagi untuk membeli.

Paling tidak itu jadi alasan kamu untuk menawar harga dengan lebih rendah,, betul kan ????

Terkait dengan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar bagaimana menjaga ketahanan baterai laptop agar tidak mudah kehilangan daya simpan daya atau Droop.

Cara yang dapat dilakukan agar sel-sel baterai pada baterai yang berfungsi menyimpan daya tetap awetl adalah dengan mengkalibrasi baterai secara rutin setidaknya satu kali dalam satu bulan.

Apa itu Kalibrasi ?

Kalibrasi adalah istilah yang digunakan untuk mengaktifkan kembali sel-sel baterai yang sudah agak berkurang daya simpannya.

Memang apa sih yang menyebabkan sel-sel baterai pada laptop berkurang daya simpannya ?

Yang menyebabkan sel-sel baterai mengalami penurunan daya simpan dayanya adalah cara melakukan pengisian daya yang salah.

jadi begini..

Seringkali saya melihat teman yang sedang menggunakan laptopnya dengan charger masih terhubung, dan hal tersebut berlangsung lama dan menjadi kebiasaan.

Alasannya karena mereka malas untuk mengecharge lagi laptopnya berulang-ulang.

Tapi cara ini salah, karena dengan tidak pernah membiarkan baterai kosong, sel-sel baterai jadi tidak pernah terisi ulang dan hal itulah yang membuat daya simpannya melemah.

percaya tidak percaya, hal tersebut telah saya buktikan dan berasal dari penjelasan teknisi lo..cuman saya lupa situsnya.

baterai laptop

Lalu bagaimana cara mengkalibrasi laptop agar sel-sel baterai dapat normal kembali daya simpannya, apakah membutuhkan software tertentu atau gimana ?

untuk mengkalibrasi baterai laptop, bisa saja menggunakan software khusus seperti yang dimiliki oleh laptop dari MSI.

software kalibrasi baterai laptop
Gambar oleh howtogeek.com


Namun bagi yang menggunakan laptop merek lain, kamu bisa menggunakan cara sederhana berikut ini :

4 Langkah Kalibrasi Untuk Menjaga Ketahanan Baterai Laptop

#. 1. Tahap pertama dalam proses kalibrasi secara manual adalah mengisi daya baterai laptop dalam kondisi laptop dalam keadaan mati total, bukan hibernate.

lakukan pengisian daya paling tidak 2-4 jam sampai baterai laptop penuh yang ditandai dengan lampu inikator baterai berubah menjadi warna biru.

#. 2. setelah daya benar-benar terisi penuh, biarkan laptop selama beberapa saat dan jangan dihidupkan

Biarkan suhu laptop turun akibat proses pengisian daya dan proses ini dapat berlangsung selama 1 jam sudah cukup.

#3. Cabut charger dan hidupkan laptop kemudian jalankan aplikasi apa saja sampai daya didalam baterai laptop benar-benar habis.

kamu bisa menggunakan laptop untuk menonton video, bermain game atau aktifitas apa saja yang dapat menguras daya dengan cepat.

jika ada peringatan kondisi baterai sudah mencapai 5 % atau kurang, abaikan saja habiskan daya baterai sampai kosong 100% atau laptop mati sendiri.

#. 4. Setelah laptop mati sendiri, sambungkan charger dan isi daya kembali sampai penuh dengan memperhatikan tanda pada lampu indikator menjadi biru.

sampai saat ini proses kalibrasi telah selesai dikerjakan, tunggu sampai suhu laptop kembali dingin baru kamu bisa menggunakan laptopmu seperti biasa.

Setelah kalibrasi ini, insyaalloh daya tahan baterai laptopmu akan kembali normal seperti semula..Amiin.

Tips Mengisi Daya Agar Baterai Laptop Awet
  1. Jangan melakukan pengisian daya secara terus menerus, tetapi cabutlah charger saat indikator baterai sudah menunjukkan angka 100%.
  2. Jangan juga sampai membiarkan baterai laptop sampai kosong baru diisi dayanya. idealnya pengisian daya sebaiknya dilakukan setelah indikator baterai telah menunjukkan angka 20% - .40%.
Sekian, panduan tentanga cara melakukan perawatan baterai laptop agar tidak mudah drop, semoga bermanfaat.

Jangan lupa, Like dan Share artikel ini agar teman kamu juga tidak ketinggalan informasi penting ini..Oke.

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Drop dan Tetap Awet Selama Bertahun-tahun"

Post a Comment