Begini Cara Mengetahui Laptop Bisa Menjalankan Windows 10 Atau Tidak

Begini Cara Mengetahui Laptop Bisa Menjalankan Windows 10 Atau Tidak - Ceritanya anda sekarang ini sudah mempunyai file iso windows 10 yang rencananya akan anda install pada laptop kesayangan.

Tetapi anda tiba-tiba merasa bingung karena setelah mencari informasi diinternet,  ada artikel yang menyatakan bahwa tidak semua laptop dapat menjalankan windows 10.

Karena untuk dapat menjalankan windows 10  komputer atau laptop setidaknya harus memiliki spesifikasi minimum seperti :
  1. Procesor yang digunakan memiliki kecepatan minimum 1 GHz, serta support NX,PAE,SSE,SSE2
  2. Memory ram yang terinstall minimal 1 GB untuk windows 10 versi 32 bit dan 2 GB untuk versi 64 bit
  3. Ruang kosong dalam harddisk [Local Disk c] setidaknya tersedia 15 gb untuk windows 10 versi 32 bit dan 20 GB untuk versi 64 bit
  4. Kartu grafis atau VGA yang digunakan sekurang-kurangnya mendukung Directx Versi  9 dari Microsoft
  5. Resolusi layar minimum 800x600
laptop windows 10
Laptop Windows 10
Untuk itu, Sebelum menyesal karena setelah windows 10 terpasang, laptop malah menjadi lambat karena spesifikasi laptop tidak mencukupi. Maka saya menyarankan mengetahui spesifikasi laptop kita lebih dulu, kemudian dicocokkan dengan kebutuhan hardware untuk windows 10.

Agar anda yakin Laptop anda benar-benar support atau tidak dengan Windws 10 , berikut akan saya jelaskan bagaimana mengetahui spesifikasi laptop dengan lengkap, jadi pastikan anda membaca tutorial berikut hingga selesai.

Mengecek Spesifikasi Procesor
Dari kelima hardware yang akan kita cek spesifikasinya, hanya procesor yang membutuhkan bantuan software khusus.

Karena dari keterangan diatas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah procesor agar dapat menjalankan windows 10 seperti : Kecepatan minimal 1 GHz dan telah mendukung NX,PAE,SSE,SSE2.

Untuk mengetahui spesifikasi yang sedemikian detail, kita butuh software CPU Z yang merupakan program khusus untuk memberikan data komplit tentang procesor yang laptop kita gunakan.

Download terlebih dahulu CPU Z di http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html kemudian jalankan. Kurang lebih tampilan awalnya akan tampak seperti gambar berikut ini :
Gambar CPU Z
Gambar CPU Z

Dari gambar diatas kita ketahui jika procesor tersebut sudah mencukupi syarat untuk menjalankan sistem operasi windows 10, karena kecepatan yang dimiliki 2,80 GHz dan support dengan NX,PAE,SSE,SSE2.

Tambahan Informasi bagi yang masih bingung maksud dari NX,PAE,SSE,SSE2.
  • PAE  adalah fitur yang memberikan kemampuan pada Procesor dengan arstitektur 32 bit untuk menggunakan memory RAM lebih dari 4 GB dan fitur ini membutuhkan fitur NX.
  • NX adalah fitur kemanan yang berfungsi mencegah serangan Malware terhadap sistem.
  • SSE2 adalah instruksi standard yang sekarang ini banyak digunakan oleh aplikasi dan driver pihak ketiga yang mensupport sistem operasi windows.
Untuk informasi lebih lanjut tentang PAE, NX, SSE2 bisa anda baca selengkapnya di http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/what-is-pae-nx-sse2

Mengecek Spesifikasi RAM
Setelah mengetahui spesifikasi procesor yang support windows 10, langkah selanjutnya adalah mengetahui spesifikasi dari memory RAM yang laptop kita gunakan.

Caranya gampang, cukup menjalankan About system Windows dengan membuka Control Panel / System and Security / system atau menggunakan kombinasi tombol “ Windows + Pause Break” pada keyboard.

Bentuk tampilan About System Windows kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut :

Gambar About System Windows
Gambar About System Windows

Dari gambar diatas dapat kita ketahui jika laptop tersebut memiliki spesifikasi RAM 2 GB yang terbilang cukup untuk menjalankan sistem operasi windows 10 versi 32 bit.

Mengapa hanya 32 bit ?, padahal dari keterangan sebelumnya windows 10 64 bit hanya membutuhkan memory RAM 2 GB ?

Penjelasan
Pengertian dari spesifikasi minimal itu sendiri adalah spesifikasi hardware untuk menjalankan aplikasi bawaan windows semata. Padahal pada kenyataannya kita juga perlu memasang Antivirus, Aplikasi Office, Browser dll yang juga membutuhkan memory yang tidak sedikit dalam penggunaannya.

Sehingga Keputusan untuk menggunakan sistem operasi 32 bit pada laptop yang hanya memiliki 2 GB RAM adalah lebih baik demi kenyamanan dalam penggunaan semata.

Selain itu, Memory RAM sejumlah 2 GB yang terpasang pada laptop yang saya ambil Screenshotnya diatas tidak sepenuhnya digunakan oleh sistem tetapi digunakan juga oleh VGA, karena menggunakan procesor AMD APU yang mengambil memory RAM 256 MB.

Sehingga hanya 1,7 GB RAM yang digunakan untuk menjalankan segala layanan program Windows baik yang dijalankan oleh User maupun berjalan otomatis dibelakang layar.

Cara mengecek spesifikasi RAM diatas juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi dari procesor, karena disana tertera Merk dan Speed Clock dari Procesor, tetapi cara tersebut tidak memberikan informasi lengkap tentang adanya fitur PAE, NX dan SSE2 seperti saat menggunakan CPU Z.

Mengecek Kapasitas Harddisk
Windows 10 akan berjalan dengan baik jika memiliki ruang penyimpanan sejumlah 16 GB jika menggunakan versi 32 bit dan 20 GB untuk versi 64 bit.

Ukuran tersebut adalah ukuran minimal sehingga lebih dari itu akan lebih baik demi kenyamanan penggunaan dan keperluan untuk aplikasi lain yang juga butuh ruang penyimpanan yang tidak sedikit seperti game.

Mengecek kapasitas ruang penyimpanan [local disk c] pada laptop cukup mudah, cukup dengan melakukan klik kanan pada “local disk c” kemudian pilih properties.

Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Gambar kapasitas Local Disk c
Gambar kapasitas Local Disk c

Dari gambar diatas diketahui laptop tersebut memiliki ruang penyimpanan total sejumlah 68 GB dan lebih dari cukup jika digunakan sebagai media instalasi Windows 10 32 maupun 64 bit.

Mengecek Spesifikasi VGA
Karena windows 10 diketahui memiliki tampilan gambar yang lebih halus dan cantik, membuatnya memerlukan spesifikasi VGA yang agak tinggi yaitu support DirectX 9.

Cara mengetahuinya adalah dengan mengakses DXDIAG dengan mengetikkan “dxdiag” pada “Run”, kemudian tekan enter.

Gambar run
Gambar run


Jika sudah maka akan tampil DirectX Diagnosis yang akan tampak seperti gambar berikut :

Gambar dxdiag
Gambar dxdiag

Dari informasi gambar diatas, laptop yang saya cek telah support dengan DirectX 11 yang artinya lebih dari spesifikasi minimum windows 10 yang hanya butuh DirectX 9.

Mengecek Resolusi Layar
Langkah terahir dalam mengetahui spesifikasi laptop yang dapat menjalankan Windows 10 adalah mengecek Resolusi Layar yang minimalnya memiliki resolusi 800x600 pixel.

Cara mengetahui apakah laptop memiliki resolusi yang cukup untuk menajalankan windows 10 adalah dengan melakukan klik kanan pada Desktop kemudian pilih Screen Resolution.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar screen resolution

Gambar screen resolution

Dari gambar diatas, diketahui laptop yang saya cek spesfikasi layarnya memiliki resolusi maksimal 1366x768 pixel dan cukup untuk windows 10.

Sebagian besar laptop yang beredar saat ini memang memiliki resolusi 1366x768, jika resolusi tersebut tidak tertera pada pengaturan resolusi layar, kemungkinan penyebabnya adalah driver VGA belum terinstall.

Unuk mengatasi driver VGA yang belum terinstall, artikel berikut dapat menjadi solusi untuk anda :

Setelah mengikuti panduan diatas yang lumayan panjang, anda pastinya sudah memiliki kesimpulan apakah laptop anda bisa menjalankan windows 10 atau tidak.

Untuk permasalahan lain yang mungkin terlewatkan dalam artikel kali ini, anda bisa menanyakannya langsung dengan mengisi kolom komentar.

Bila anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong dishare yaah...!!!

Terima Kasih

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Begini Cara Mengetahui Laptop Bisa Menjalankan Windows 10 Atau Tidak"

Post a Comment