Panduan Super Komplit Install Windows 10 Pada Laptop Lenovo G405 Dari A-Z

Setelah bosan selama setahun lebih menggunakan windows 8.1 saya akhirnya saya bisa juga bermigrasi ke sistem operasi terbaru dari Microsoft yang katanya bakalan menjadi sistem operasi terahir dari Microsoft.

Meski terbilang telat karena peluncuruan produknya sudah berbulan-bulan yang lalu. Tetapi tidak masalah, karena saya jamin panduan yang akan saya berikan bakalan menjadi panduan yang super komplit sebab akan membahasnya dari awal sampai akhir sampai mungkin tidak ada yang tersisa untuk anda tanyakan…wkwkwkwkwkwk.

windows 10
Windows 10

Saya membuat batasan dalam panduan instalasi windows 10 kali ini [ seperti skripsi saja yang selalu punya batasan masalah ], dimana panduan ini diperuntukkan hanya untuk pengguna laptop lenovo G405.

Mengapa ???

Karena setelah melakukan pengecekan akan kebutuhan spek yang dibutuhkan untuk menjalankan windows 10, laptop ini lulus sensor. Alasan lain adalah laptop ini adalah kelinci percobaan yang saya gunakan untuk mencoba windows 10 wkwkwkwkwk.

Yang menggunakan laptop dengan merk dan tipe lain saya tidak melarang untuk membaca artikel ini [ apalagi meminta anda untuk bayar wkwkwkwkwkwk ], tetapi jika ada pertanyaan terkait proses instalasi saya tidak menjamin mau bisa menjawabnya.

Bagi anda yang belum yakin apakah laptop yang anda gunakan dapat menjalankan windows 10 atau tidak, temukan spesifikasi yang diperlukan windows 10 dan cara mengeceknya pada artikel panduan ini.

Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 8.1
Agar anda lebih tertarik lagi menjalankan windows 10 seperti saya, maka berikut akan saya berikan sedikit informasi tentang kelebihan yang saya temukan setelah menggunakan windows 10 dibanding pada saat masih menggunakan windows windows 8.1.
  1. Yang jelas nuansa windows lawas kembali terasa dengan hadirnya tombol start. Bukan hanya sekedar dikembalikan, tetapi fungsinya lebih ditingkatkan lagi, sebagai contoh : aplikasi yang telah didownload dan diinstall dari Windows Store, cukup di Uinstall dengan melakukan klik kanan pada program didalam All Apps lalu pilih Uninstall.
  2. Aplikasi bawaan yang lebih baru dan keren. Pada saat masih menggunakan Windows 8.1 kita harus pasrah hanya dibekali dengan pemutar media berupa Windows Media Player. Tetapi di Windows 10 ada Groove Music untuk muter MP3 dan Movies & TV untuk memutar Video.
  3. Browser Microsoft Edge yang menggantikan Internet Explorer lebih cepat dan ringan serta dapat langsung membaca file PDF [ file PDF secara default akan dibuka dengan browser ini jika tidak melakukan perubahan pada pengaturan aplikasi default ].

Saya rasa sudah cukup tentang kelebihan windows 10, untuk lebih lengkapnya insya alloh akan saya buatkan artikel khusus tentang topik ini, jadi tunggu saja.

Langkah Install Windows 10
Sekarang kita masuk ketahap inti dari artikel ini yaitu langkah instalasi sistem. Bagian ini akan menjelaskan tentang : cara mendapatkan file iso windows 10, yang kemudian ditutup dengan instalasi driver yang dibutuhkan agar laptop dapat digunakan secara maksimal.

Tambahan Informasi
Karena file instalasi windows 10 yang anda dapat dari link yang saya berikan nanti masih berbentuk ISO, jadi saya merekomendasikan untuk menggunakan flashdisk sebagai installer dan tidak menggunakan DVD.

Alasannya ?

Menggunakan flashdisk saat instalasi windows lebih simple, tidak perlu beli dvd kosongan [ hemat biaya meski Rp.4000 ] dan prosesnya berjalan lebih cepat.

Sedangkan untuk menjadikan flashdisk sebagai installer pengganti dvd, anda dapat menggunakan program-program seperti : Rufus, Universal USB Installer, dan Windows 7 DVD Tool.
Untuk cara pembuatan Installernya sudah saya rangkum dalam artikel berikut

Mendowload File ISO Windows 10
Untuk mendapatkan file iso windows 10, saya merekomendasikan mendownloadnya dari Jalan Tikus dengan mengklik tautan berikut untuk 32 bit https://jalantikus.com/apps/windows-10-technical-preview-32bit/?download/ dan https://jalantikus.com/apps/windows-10-technical-preview-64bit/?download untuk versi 64 bit.

Cara Menginstall Windows 10
Setelah flashdisk sudah siap untuk dijadikan sebagai installer pengganti dvd windows, selanjutnya kita akan melakukan install sistem operasi windows pada laptop lenovo.

Gambar 1

Gambar 1. Colokkan flashdisk pada port usb dan pastikan laptop dalam keadaan mati. Gunakan tombol novo untuk memilih boot option dan pastikan untuk memilih media yang kita gunakan sebagai installer yaitu flashdisk.

Gambar 2
Gambar no.2 atur boot option dengan menggunakan tombol novo key. dari gambar diatas terbaca perangkat flashdisk yang saya jadikan sebagai installer yaitu flashdisk dengan merk Sandisk Cruzer, jangan sampai anda salah pilih ya.

Gambar 3
Gambar 3. Pada tahap ini pilih bahasa yang digunakan pada saat proses instalasi. hanya terdapat 5 bahasa yang tersedia, sedangkan bahasa indonesia belum support.

Gambar 4

Gambar 4. Kita diminta untuk melakukan settingan bahasa dan waktu yang digunakan. biasanya sih menggunakan bahasa inggris dan waktu, silahkan sesuaikan dengan waktu masing-masing




Gambar 5

Gambar 5. Masukkan serial atau skip saja dan lakukan nanti

Gambar 6

Gambar 6. Lisensi Windows 10, silahkan centang untuk menerima "Accept" lalu klik Next dan masuk ketahap selanjutnya.

Gambar 7

Gambar 7. Akan ada pilihan untuk Update sistem yang telah ada, atau melakukan Clean Install dengn memilih Custom. Karena kita melakukan Clean Install maka pilih saja Custom dan klik next

Gambar 8
Gambar 8. Atur partisi harddisk yang akan menjadi local disk c tempat sistem operasi terinstall. biasanya nih bakalan ada pesan Error " Windows Cannot Install in this Partition", kalo sudah begitu solusinya format ulang harddisk jadi satu partisi dan buat partisi baru. untuk itu sebelum terlambat sebaiknya copy semua isi file dalam harddisk dan pindahkan ketempat yang aman.

Gambar 9

Gambar 9. Proses copy file dari flashdisk ke harddisk, ini akan memakan waktu beberapa menit. setelah itu kita akan diminta untuk restart

Gambar 10

Gambar 10. Saatnya memasukkan kembali serial windows, atau skip saja dan lakukan nanti

Gambar 11

Gambar 11. Lakukan Express Setting untuk lebih mudahnya dengan mengklik tombol Use Express Setting.

Gambar 12

Gambar 12. Masukkan nama pengguna yang anda inginkan.

Gambar 13

Gambar 13. Instalasi selesai dan anda sudah melihat logo windows yang baru diwallpaper anda. selanjtunya kita akan install driver.

Instalasi Driver
Setelah selesai melakukan instalasi sistem, kita tidak sepenuhnya bisa untuk menggunakan laptop secara maksimal karena ada satu proses lagi yang kita lakukan yaitu menginstall driver yang kompatibel.

Karena dari awalnya laptop lenovo g405 defaultnya menjalankan sistem operasi windows 8, dari sana saya berasumsi jika driver yang berasal dari dvd driver bawaan laptop ini dapat kita gunakan.

Dan benar saja, hampir sebagian besar driver yang berada dalam DVD tersebut dapat digunakan, kecuali beberapa driver untuk bluetooth dan kamera yang hampir tidak pernah digunakan untuk melakukan transfer file dari perangkat smartphone ke laptop atau sebaliknya.

DVD Driver Bawaan Lenovo G405

Khusus untuk driver VGA AMD Radeon 8210 HD saya download versi terbarunya yang punya beragam fitur baru seperti Pengunci USB dan Aplikasi penghemat daya baterai.

Bagi anda yang ingin mendapatkan driver vga AMD terbaru untuk laptop anda, panduan lengkapnya bisa anda baca Tutorial Update Driver Vga Amd Secara Otomatis.

Penutup
Sebagai akhir dari artikel tentang panduan install windows 10 pada laptop lenovo g405 kali ini, ada beberapa hal yang ingin saya ingatkan sekaligus melengkapi penjelasan yang telah dijabarkan secara panjang lebar diawal tadi :
  1. Sebelum mendownload file iso windows 10 pada link yang saya berikan diawal tadi, pastikan anda memilih sistem operasi yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Misalnya laptop lenovo g405 anda saat ini hanya memiliki 2 GB RAM, maka tipe terbaik windows 10 yang sebaiknya anda pilih adalah versi 32 bit, sebaliknya jika memori ram anda 4 GB atau lebih dianjurkan menggunakan versi 64.
  2. Pada saat pengaturan boot option, gunakan tombol novo key untuk memilih installer windows yakni flashdisk dan tidak melakukan pengaturan langsung kedalam bios serta membiarkan harddisk sebagai media yang pertamakali dibaca oleh sistem.

Yups…demikian artikel untuk kali ini dan semoga dapat menjadi panduan bagi anda pemiliki lenovo G405 yang ingin mencoba asyiknya windows 10.

Saya tidak akan menolak jika anda dengan ikhlas menekan tombol like atau share [ bahkan keduanya ] jika menganggap artikel ini bermanfaat…

Lagian ngelike juga gak pake Paypal hehehe…Peace

Yang Rada Mirip:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Super Komplit Install Windows 10 Pada Laptop Lenovo G405 Dari A-Z"

Post a Comment