Start Menu And Cortana Aren’t Working Pada Windows 10 : Inilah Penyebab Dan 3 Cara Mudah Mengatasinya

Salah satu alasan mengapa windows 10 dapat dikatakan sebagai sistem operasi terbaik saat ini tidak lepas dari dukungan seabrek fitur yang akan memanjakan penggunanya.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi yang tidak terlalu lawas seperti windows 8.1 saja fitur yang dimiliki windows 10 jauh lebih banyak, jangan bandingkan lagi dengan windows 7 dan windows xp yang masanya sudah lama berlalu.

“Belum Menggunakan Windows 10 Karena Bingung Cara Installnya, Baca Panduan Install Windows 10

Tetapi yang namanya buatan manusia, tentunya tidak akan lepas dari hal yang namanya cacat alias tidak sempurna, dan yang sempurna hanya “MADE IN GOD”.

Salah satu bug yang saya temukan baru-baru ini pada sistem operasi windows 10 adalah : tidak berfungsinya start menu dan cortana yang merupakan asisten virtual layaknya Jarvis di film Iron Man.

Bug ini membuat kita tidak dapat menggunakan tombol start untuk mengakses all program dan menu lain seperti : Setting, File Explorer dan Account User.

Akan ada pesan yang bertuliskan “Start Menu And Cortana Aren’t Working”. Pesan ini tidak akan hilang dengan sendirinya meskipun melakukan restart berulang kali.

Setelah berkunjung ke berbagai situs untuk mencari solusi seperti pcadvisor.co.uk, tenforum.com, dll, setidaknya ada 3 cara yang patut untuk dicoba untuk mengembalikan start menu dan cortana berfungsi kembali seperti semula.



Saran saya, jika ingin mendapatkan pengetahuan baru tentang sistem operasi dan masalah lain tentang komputer anda, seringlah main-main ke kedua situs tersebut.!

Ketiga cara yang saya maksud adalah :

# Uninstall Antivirus
Dari informasi yang saya dapat, salah satu penyebab menculnya pesan error yang menyebabkan start menu tidak dapat berfungsi saat komputer pertamakali dihidupkan adalah keberadaan antivirus pihak ketiga yang terinstall pada sistem.

Sedangkan antivirus yang dituding oleh beberapa pengguna windows 10 yang saya temukan di situs-situs rujukan saya tadi sungguh mengejutkan

yang menjadi biang kerok munculnya pesan error ini adalah antivirus Avast yang kita ketahui bersama sebagai salah satu antivirus terbaik saat ini.

Masuk akal juga pesan Error juga muncul pada laptop yang saya gunakan, karena antivirus yang saya gunakan kebetulan Avast untuk Windows 10.

Yang harus dilakukan untuk menghilangkan pesan error tersebut adalah membuang sumber masalahnya yaitu menghapus pemasangan antivirus Avast dan setelah melakukan restart komputer normal kembali seperti semula.

Cara Unistall Program Pada Windows 10
Untuk menghapus program pada windows 10 pada saat kondisi start menu tidak berfungsi dapat menggunakan cara alternative dengan menggunakan kombinasi tombol “ Windows + E” untuk masuk kedalam Windows Explorer.

Klik kanan pada “This PC” lalu klik menu “Uninstall or Change Program “, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Cara Unistall Program Pada Windows 10

Setelah anda menghapus antivirus, lakukan restart sistem dan lihat perubahan yang terjadi pada sistem.

Pertanyaannya ?

Bagaimana kita melindungi komputer dari serangan virus jika kita tidak menggunakan antivirus ?, apakah kita cukup hanya menggunakan antivirus bawaan seperti Windows Defender.

Windows 10 diluncurkan dengan beragam peningkatan, baik dalam hal performa dan peningkatan keamanan sistem. Windows Defender yang telah terinstall secara default punya kemampuan yang cukup baik dalam membaca tingkah laku program berbahaya yang mencoba menyusup kedalam sistem.

Agar kemampuannya dalam melindungi sistem semakin bertambah baik, lakukan update antivirus secara berkala pada saat komputer terhubung ke internet.

Sebagai pendamping Windows Defender, saya rekomendasikan juga untuk menginstall antivirus SMADAV yang tergolong ringan dan tidak akan memberatkan sistem.

Apabila setelah menghapus antivirus pesan error muncul kembali, jangan takut gunakan cara yang kedua.

# Membuat User Account Baru
Cara selanjutnya untuk mengatasi pesan error “Start Menu and Cortana Aren’t Working” adalah dengan membuat acount baru.

Opsi ini kita gunakan pada saat pesan error muncul ketika menggunakan komputer dengan hak akses sebagai administrator sistem.

Karena akun adminstrator tidak dapat kita gunakan, buat saja akun baru yang tidak dihinggapi bug sembari menunggu akun administrator pulih kembali.

Cara Mebuat Account Local Baru

Cara Mebuat Account Local Baru


Gunakan kombinasi tombol “Windows + E” untuk masuk ke Windows Explorer lalu klik “This PC” dan klik menu “Open Setting” dengan tanda roda gigi warna biru.

Klik pada menu Account, dan pada menu Family and Other User, klik tanda + pada “Add Someone Else to This PC”

Isikan nama pengguna yang anda inginkan misalnya nama adik atau teman, sedangkan untuk password dan password hint biarkan kosong saja, lalu klik NEXT.

Pada tahap ini pekerjaan anda beres, silahkan matikan komputer dan login menggunakan akun tersebut dan tidak akan pesan error lagi yang anda temukan pada saat masuk kedalam windows dengan akun baru tersebut.

Tetapi menggunakan cara ini tidak terlalu efektive karena tidak menyelesaikan masalah, karena kita hanya pindah akun dan kita juga tidak tahu kapan Error yang terjadi pada akun Administrator
Untuk itu, saya rekomendasikan kembali untuk menggunakan cara yang ketiga jika cara kedua anda anggap tidak efektive.

# Booting Menggunakan Safe Mode
Cara berikut ini merupakan cara terakhir yang bisa saya sarankan untuk mengatasi pesan error yang membuat start menu dan cortana berfungsi kembali.

Dan setelah saya coba, memang terbukti menyelesaikan pesan error yang dimaksud sehingga laptop dapat digunakan seperti sedia kala.

Yang harus anda lakukan adalah merubah boot option yang akan membuat sistem otomatis masuk kedalam Safe Mode.

Safe Mode adalah mode sistem yang hanya akan meload pengaturan standard sistem, sehingga kondisinya persis seperti laptop yang baru selesai diinstall ulang.

Driver yang terbaca hanya driver standard sehingga jangan heran jika tampilan gambar kualitasnya rendah, tidak dapat terkoneksi internet dll.

Cara Masuk Safe Mode
Karena Error yang terjadi pada sistem membuat kita tidak bisa mengakses semua fitur dengan mudah, maka kita harus pintar-pintar mencari celah untuk masuk kedalam pengaturan sistem yakni Control Panel atau lebih tepatnya di Windows Configuration.

Untuk masuk kedalam Control Panel [Windows Configuration ] pada saat start menu dalam kondisi tidak dapat digunakan dapat menggunakan 3 cara berikut :

# 1. gunakan kombinasi tombol “ Windows + Pause Break”, sehingga anda masuk kedalam system Properties, lalu pada pojok kiri atas klik Control Panel / System and Security /Administrative Tool / Windows Configuration

#2. Cara kedua, masuk Windows Explorer dengan kombinasi “Windows +E”, klik icon This PC dan klik sistem Properties pada bagian atas, lihat dan klik control panel pada pojok kiri atas lalu buka System and security lalu Windows Configuration

#3. Atau gunakan kombinasi tombol “CTRL+ALT+Delete” lalu masuk “Task Manajer”, klik menu “File” dan “Run New Task”, ketikkan “ msconfig”

Ketiga cara diatas akan mengantar anda menuju Windows Configuration, dan gunakan cara mana saja yang menurut anda paling mudah dan cepat untuk digunakan.

Lalu setelah masuk kedalam menu Windows Configuration, buka tab “Boot” dan centang pada pilihan ”Safe Boot”, lebih jelasnya perhatikan gambar :


Cara Masuk Safe Mode


Klik “Apply” dan sistem akan meminta untuk restart, lalu pada saat booting selanjutnya anda akan masuk kedalam Safe Mode yang berciri khas wallpaer hitam.

Selanjutnya, lakukan cara yang sama dengan cara pertama untuk masuk kedalam mode normal dengan mengakses Windows Configuration kembali, lalu hilangkan centang pada “Safe Boot”, restart kembali komputer dan pada saat masuk kedalam windows saya pastikan sistem akan normal seperti sedia kala.

Kesimpulan :
# 1. Pesan error berupa Start Menu and Cortana Aren’t working merupakan bug pada sistem operasi windows 10.

#2. Cara mengatasinya bisa menggunakan tiga cara diatas yakni menghapus antivirus pihak ketiga yang terinstall didalam sistem, membuat acunt local baru, dan menggunakan safe boot.

#3. Menjalankan Update Windows
Pastinya Microsoft sang empunya sistem operasi pastinya tidak ingin membiarkan penggunanya terganggu dengan bug-bug yang ada pada sistem operasi mereka yang dapat mendorong penggunanya untuk pindah ke sistem operasi lain.

Yang pasti, pihak microsoft pastinya tahu akan keberadaan bug yang menyebabkan start menu dan cortana tidak dapat berfungsi secara normal dan melakukan kajian ulang dan memberikan perbaikan pada saat pengguna melakukan update.

Nah dari informasi yang saya dapatkan, update terbaru windows 10 sudah dapat mengatasi bug yang sedang kita bahas ini, untuk itu segera aktifkan update windows secara otomatis sehingga pembaruan penting untuk menambal bug-bug yang ada pada sistem operasi windows yang ada gunakan dapat segera diatasi.

Cara Mengaktifkan Windows Update
Klik pada menu Start – Setting – Update & Security. Akan ada 6 menu tersedia, dan Windows Update berada pada pilihan menu pertama.

Klik menu Windows Update dan setting agar sistem melakukan update otomatis pada saat komputer terkoneksi dengan jaringan internet, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Cara Mengaktifkan Windows Update


Nah itulah beberapa 3 cara yang dapat anda coba untuk menghilangkan pesan error Start Menu and Cortana Aren’ Working yang menjengkelkan itu.

Pastikan anda Menyukai Fans Page Facebook Mykios Driver Untuk Menjadi Yang Pertama Mendapatkan Aneka Panduan Yang Akan Menambah Pengetahuan Anda Seputar Komputer dan Sistem Operasi Windows

Yang Rada Mirip:

1 Tanggapan untuk "Start Menu And Cortana Aren’t Working Pada Windows 10 : Inilah Penyebab Dan 3 Cara Mudah Mengatasinya"

  1. Coba update windows nya sekarang, sepertinya isu cortana ini sudah di fix


    ---
    ala

    ReplyDelete